Algoritma Shopee Video: Begini Cara Kerja Serta 5 Tips Pentingnya!

by Viki
algoritma shopee video

Seiring perkembangan digital, Shopee mengalami perkembangan yang semakin pesat. Mengikuti perkembangan media sosial yang merambah ke tren video pendek, Shopee juga menambahkan fitur Shopee Video yang semakin membuat kita berpromosi semakin mudah. Tapi pastikan telah memahami algoritma Shopee Video. 

Ini penting agar penggunaan Shopee Video untuk jualan lebih mudah dan berpotensi laris manis. Pasalnya Shopee akan mem-boost konten yang mengikuti algoritma yang berlaku. 

Terutama jika Sobat MEA adalah Seller atau Shopee Affiliate. Shopee Video akan sangat membantumu memaksimalkan promosi asalkan Sobat MEA pun memahami bagaimana algoritma Shopee Video bekerja. Oleh karenanya, harap simak artikel ini!

Table of Contents

Mengenal Algoritma Shopee Video

Jadi Creator di MCN Shopee MEA, hasil Shopee Video lebih Cuan!
Gabung sekarang juga untuk dapatkan berbagai keuntungan, kolaborasi profesional, hingga bimbingannya!

Melansir laman Shopee, Algoritma Shopee merupakan susunan bait kode yang terlibat ketika seseorang melakukan pencarian produk di platform Shopee. Algoritma ini bekerja sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh platform itu sendiri. 

Misalnya, jika sebelumnya Shopee mengandalkan foto produk pada katalog sebagai visualnya, kini ada Shopee Video yang juga bisa diandalkan untuk promosi visual. 

Algoritma Shopee Video adalah sistem yang menampilkan video kepada pengguna berdasarkan preferensi dan perilaku mereka. Tujuannya yaitu meningkatkan keterlibatan pengguna dan mendorong penjualan dengan menampilkan video yang paling relevan dan menarik. Sehingga bisa dibilang, algoritma Shopee Video merupakan alat yang kuat untuk meningkatkan penjualan.

Dengan demikian, lantas bagaimana algoritma Shopee Video ini bekerja untuk pemasaran bisnis di Shopee?

5 Cara Kerja Algoritma Shopee Video

Yuk kuasai Algoritma Shopee untuk hasil yang menguntungkan!
Bareng strategi jitu dari seller dan mentor berpengalaman di komunitas bisnis MEA!

1. Analisis Konten

Pertama, sistem Shopee akan menganalisis konten dari video yang diunggah oleh Pengguna. Hal ini meliputi pengenalan objek, tema, hingga kata kunci dalam video tersebut. 

2. Profil Pengguna

Profil pengguna juga akan dilihat oleh Shopee Video untuk mengenali seberapa kredibel akunmu di Shopee, termasuk riwayat pencarian, preferensi pembelian sebelumnya, dan interaksi dengan konten lain di platform Shopee.

3. Relevansi

Kemudian dari kedua analisa di atas akan menentukan tingkat relevansi setiap video dengan preferensi pengguna. Video yang paling relevan akan diberikan peringkat lebih tinggi dan muncul lebih sering di feed pengguna.

4. Interaksi Pengguna

Sama seperti TikTok, Shopee Video juga mempertimbangkan interaksi pengguna dengan video, seperti jumlah tayangan, likes, komentar, dan berapa lama penonton ketika menonton video tersebut. Video yang memperoleh interaksi positif, lebih besar peluangnya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

5. Optimasi

Setiap video yang dibagikan akan dioptimalkan performanya oleh sistem Shopee, asalkan video tersebut mendapatkan interaksi dengan pengguna lain dan menampilkan kualitas yang menarik. Pastikan videonya juga relevan dengan produk yang ditawarkan. 

Dan yang paling penting adalah Pengguna mengoptimalkannya dengan hashtag yang relevan juga. Karena penggunaan hashtag yang tepat, akan membantu video mudah ditemukan.

5 Tips Memaksimalkan Algoritma Shopee Video

Tapi untuk mengoptimalkan Shopee Video hingga cuan tidaklah mudah. Diperlukan strategi khusus yang membuatnya menarik perhatian. Tapi tenang, MiMe punya tips n trick memaksimalkan Shopee Video yang Sobat MEA bagikan, antara lain:

1. Buatlah Konten yang Berkualitas

2. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Penggunaan kata kunci juga diperlukan dalam video. Oleh karena itu, pilihlah keyword yang relevan untuk  judul, deskripsi, dan tag video. Ini akan membantu algoritma Shopee memahami dan mengoptimasi Shopee video dengan lebih baik. 

3. Berinteraksi dengan Audiens

Dorong Penonton untuk berinteraksi dalam videomu. Buatlah mereka memberikan like, meninggalkan komentar, dan membagikan video. Semakin banyak interaksi yang didapatkan, semakin bagus peluang peringkat videomu di Shopee.

4. Unggah Konten Secara Konsisten

Ingat, konsistensi adalah kunci. Pastikan Sobat MEA membuat dan membagikan video Shopee secara teratur. Hal ini penting untuk mempertahankan eksistensi di Shopee hingga membangun basis audiens yang kuat dan setia. 

5. Pantau Kinerja Video

Pantau kinerja video Anda secara teratur. Tinjau metrik seperti jumlah tayangan, interaksi, dan konversi penjualan. Dengan memahami kinerja video Anda, Anda dapat melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan hasil.

Sekian informasi tentang Algoritma Shopee Video hingga cara kerja dan tips pentingnya. Pastikan Sobat MEA dapat memanfaatkannya dengan bijak untuk menciptakan pemasaran yang menguntungkan. Semoga artikel ini dapat membantu, selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment