Di era digital yang semakin berkembang pesat, belanja online semakin digemari karena berbagai kemudahannya. Selain itu, belanja online juga memberikan fleksibilitas dan keuntungan lainnya, termasuk platform Shopee. Bahkan Shopee memberikan garansi tepat waktu. Apa itu Garansi Tepat Waktu Shopee?
Sederhananya, Garansi Tepat Waktu Shopee adalah sebuah layanan dari Shopee yang memberikan jaminan pesanan sampai sesuai dengan estimasinya. Bahkan ada jaminan uang kembali untuk paket yang sampai tidak pada waktunya.
Hal ini tentu dapat memberikan kenyamanan bagi pembeli. Bukan hanya itu, penjual pun turut dibantu dalam kepuasan pelanggan yang pada akhirnya meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu Garansi Tepat Waktu Shopee dan menggunakannya pada saat berbelanja di platform Shopee.
Table of Contents
Apa Itu Garansi Tepat Waktu Shopee?
Melansir laman Bantuan Shopee, Garansi Tepat Waktu Shopee adalah suatu program yang memberikan jaminan waktu pengiriman pesanan bagi pembeli dimana pembeli bisa mendapatkan voucher kompensasi jika pesanan tidak sampai pada waktunya. Voucher kompensasi ini dapat diklaim maks. 3 hari setelah status pesanan berubah menjadi “Pesanan Selesai”.
Adapun tujuan dari program Garansi Tepat Waktu ini untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan dengan memberikan kepastian waktu pengiriman. Sobat MEA tentu akan kesal dengan waktu yang “ngaret” atau terlalu lama, bukan?
Ketentuan Garansi Tepat Waktu di Shopee
Jika Sobat MEA ingin menggunakan Garansi Tepat Waktu di Shopee, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk menggunakan voucher kompensasinya. Melansir laman Shopee, berikut ketentuan Garansi Tepat Waktu di Shopee tersebut:
- Voucher hanya dapat diklaim oleh pembeli ketika pesanan melewati batas Garansi Tiba yang tertera di halaman Rincian Pesanan. Shopee tidak bertanggung jawab atas tanggal lainnya di luar halaman tersebut baik dari penjual maupun sistem.
- Melakukan klaim voucher sesuai alur yang telah ditentukan.
- Voucher Garansi Tepat Waktu hanya berlaku untuk pesanan yang berlangsung. Pastikan pembeli tidak membatalkan pesanan sebelum tanggal Garansi Tiba karena alasan apapun, pembeli tidak akan memenuhi syarat untuk mengklaimnya.
- Untuk pesanan dengan metode pengiriman Ambil di Tempat, Voucher hanya bisa diklaim ketika pesanan sudah sampai di Agen SPX Express atau SPX Express Point setelah melewati batas Garansi Tiba yang tertera di halaman Rincian Pesanan.
Cara Mengetahui Garansi Tiba di Shopee
Sobat MEA mungkin bingung kapan Garansi Tepat Waktu Shopee tiba untuk pesananmu. Tapi tenang saja, melansir laman Bantuan Shopee, ada 3 cara mengetahui Garansi Tiba di Shopee, antara lain:
1. Halaman Produk
- Buka aplikasi Shopee di HP.
- Cari produk yang ingin dibeli, klik produk tersebut.
- Di halaman produk, Sobat MEA sudah bisa melihat Garansi Tiba.
- Untuk lebih lengkapnya, klik Garansi Tiba.
- Sobat MEA dapat melihat tanggal Garansi Tiba untuk setiap layanan pengiriman yang tersedia.
- Selesai!
2. Halaman Checkout
- Buka aplikasi Shopee di HP.
- Cari produk yang ingin dibeli, klik produk tersebut.
- Klik tombol Beli Sekarang untuk checkout.
- Di halaman checkout, pilih Opsi Pengiriman.
- Sobat MEA akan melihat tanggal Garansi Tiba untuk setiap layanan pengiriman yang tersedia.
- Selesai!
3. Halaman Rincian Pesanan
- Buka aplikasi Shopee di HP.
- Pilih menu Saya yang ada di pojok kanan bawah.
- Lalu pilih Dikirim di bagian Pesanan Saya.
- Sobat MEA sudah bisa melihat tanggal Garansi Tiba di bagian bawah jenis produk yang dipesan.
- Lebih lengkapnya, klik produk yang ingin diketahui garansinya.
- Di halaman Rincian Pesanan, Sobat MEA dapat melihat estimasi waktu sampai, Garansi Tiba, hingga total voucher kompensasinya.
- Selesai!
Cara Klaim Voucher Kompensasi Untuk Pesanan yang Melewati Garansi Tiba
Bagaimana jika kita telah mendapatkan tanggal Garansi Tiba yang terlewat? Apakah kita mendapatkan voucher? Jawabannya, iya. Melansir laman Bantuan Shopee, berikut langkah-langkah untuk mengklaim Voucher Garansi Tiba yang Terlewatkan, antara lain:
- Buka aplikasi Shopee di HP.
- Pilih menu Saya yang ada di pojok kanan bawah.
- Lalu pilih Pesanan Saya di halaman Profil.
- Klik Selesai, dan pilih produk yang telah melewati tanggal Garansi Tiba di Shopee.
- Di halaman Rincian Pesanan, Sobat MEA akan melihat jenis voucher yang bisa diklaim.
- Selanjutnya, klik Klaim.
- Selamat, Sobat MEA bisa menggunakan voucher kompensasi atas keterlambatan pengiriman untuk pemesanan selanjutnya.
- Selesai!
Jadi begitulah penjelasan tentang apa itu Garansi Tepat Waktu Shopee yang perlu dipahami oleh pembeli. Dengan begitu, Sobat MEA dapat memahami bahwa pembeli berhak mendapatkan keuntungan dari keterlambatan pesanan serta cara menggunakan keuntungan tersebut pada pembelanjaanmu. Semoga bermanfaat!