Apa itu WhatsApp Ads? Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya!

by Viki
apa itu whatsapp ads

Sobat MEA tentu sudah tidak asing lagi dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, bukan? Tapi bagaimana dengan WhatsApp Ads? Eits, jangan salah, jenis iklan dari WhatsApp ini memudahkan penggunanya dalam mendapatkan prospek pelanggan dan terhubung langsung. Tapi apa itu WhatsApp Ads?

WhatsApp Ads sendiri bekerja dengan mengarahkan pengunjung iklan ke halaman katalog produk. Ini tentu memudahkan mereka untuk melakukan pembelian dan memudahkanmu dalam menghasilkan konversi penjualan yang signifikan

Ada dua jenis iklan di WhatsApp yang bisa dimanfaatkan yaitu Click to WhatsApp dan Lead Generation. Dengan memahami apa itu WhatsApp Ads, pengguna bisa lebih mudah untuk membuka pembicaraan dengan tingkat respon yang tinggi. 

Table of Contents

Apa itu WhatsApp Ads?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Mengutip laman Brand Mentions, WhatsApp Ads atau iklan WhatsApp adalah sebuah iklan digital dengan tombol CTA (Call to Action) yang mengarahkan pengguna ke obrolan WhatsApp. Iklan WhatsApp ini hanya bisa dijalankan melalui Facebook Ads atau Instagram Ads. Ini memungkinkan pengguna mengeklik iklan dan langsung terhubung dengan bisnis melalui aplikasi WhatsApp

Konten WhatsApp Ads akan didistribukan ke berbagai sumber di platform ini seperti feed, status, dan pasar untuk membantu menghasilkan penjualan dan memaksimalkan pemasaran. Menariknya, Sobat MEA pun bisa menyertakan berbagai CTA (Call to Action) yang dapat mendorong mereka melakukan pembelian.

Syarat-Syarat Menggunakan WhatsApp Ads

Ingin Membuat Halaman Iklan Lebih Profesional?
Manfaatkan website bisnis dari GoWebin aja! Iklan akan ngeboost lebih luas jangkauannya~

Setelah memahami apa itu WhatsApp Ads, pastikan Sobat MEA telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk membuatnya. Berikut hal-hal yang perlu dicentang sebelum memulai iklan:

  • Pertama, tentunya wajib memiliki akun WhatsApp Business. Karena nantinya akan dihubungkan ke akun Facebook atau Instagram bisnis dan membuatmu lebih bisa dipercaya. 
  • Telah menyusun katalog setidaknya berisi satu produk yang dijual.
  • Sobat MEA menautkan akun WhatsApp ke Facebook atau Instagram. Dan menjadikanmu administrator. Sobat MEA juga bisa menghubungkan nomor WhatsApp ke Business Manager. 
  • Memasukkan metode pembayaran default untuk biaya iklan. 

Cara Membuat WhatsApp Ads

Untuk memulai promosi dengan WhatsApp Ads, Sobat MEA perlu beberapa langkah untuk membuat iklan klik untuk WhatsApp. Ada dua tujuan yang bisa dituju yaitu keterlibatan dan traffic penjualan. Sobat MEA bisa memulai pembuatan iklan dengan mengakses Facebook Ads Manager terlebih dahulu. Bagaimana tutorialnya?

1. Untuk Tujuan Keterlibatan

  • Pilih anggaran untuk kampanye iklan.
  • Pada bagian Lokasi Konversi, pilih Aplikasi Perpesanan
  • Kemudian pilih WhatsApp dan pilih Jenis Iklan
  • Setelah itu, tekan tombol Klik Untuk mengirim Pesan di halaman jenis iklan yang sudah dipilih. 
  • Selanjutnya pilih WhatsApp lagi dan pilih nomor yang ingin dihubungi oleh pelanggan dari daftar drop-down
  • Setelah memilih jenis iklan, klik ikon +Buat untuk membuat alur.
  • Terakhir, klik tombol Terbitkan untuk menayangkan iklan.

2. Untuk Tujuan Traffic Penjualan

  • Pilih anggaran untuk kampanye iklan.
  • Pada bagian Lokasi Konversi, pilih Aplikasi Perpesanan
  • Kemudian pilih halaman Facebook. Pastikan Sobat MEA sudah menautkan nomor WhatsApp ke halaman FB tersebut. 
  • Setelah itu, pilih audiens yang ingin dituju, tentukan tempat, anggaran, dan jadwal. Lalu klik Berikutnya.
  • Setelah memilih jenis iklan, klik ikon +Buat untuk membuat alur.
  • Terakhir, klik tombol Terbitkan untuk menayangkan iklan.
BACA JUGA  YouTuber Wajib Tahu, 7 Contoh Disclaimer YouTube Agar Konten Tetap Aman!

6 Manfaat WhatsApp Ads Bagi Bisnis

Ada beberapa alasan mengapa Sobat MEA perlu menggunakan WhatsApp Ads untuk mengarahkan audiens terhubung langsung dengan bisnismu. Berikut uraian lengkapnya:

1. Keterlibatan yang Lebih Baik

Sama seperti Instagram, WhatsApp memiliki pengguna yang sangat banyak. Maka ini dapat menjadi kesempatan Sobat MEA mendapatkan keterlibatan yang tinggi melalui interaksi dan pembelian, mengingat pengguna cenderung akan berinteraksi dengan platform yang familiar dibandingkan halaman landasan yang asing.

2. Personalisasi

Jika Sobat MEA menerapkan WhatsApp API, Sobat MEA bahkan bisa mempersonalisasi setiap pesan yang mereka kirim. Ini dapat membantumu menawarkan diskon tepat waktu ataupun memberikan peringatan. Selain itu, hal ini tentu membantumu dalam mengirimkan pesan berbeda ke pengguna di wilayah lain.

3. Peluang lebih Besar

Sobat MEA berpeluang mendapatkan prospek yang besar mengingat pemasaran di WhatsApp memiliki ROI yang tinggi. Pengguna juga cenderung mengambil tindakan yang lebih baik di WhatsApp daripada platform lainnya. 

4. Pesan Real-Time

Dengan WhatsApp Ads, Sobat MEA dapat mengirim dan menerima pesan secara real time. Sehingga Sobat MEA dapat menjawab pertanyaan, memberikan pembaruan, dan membantu pelanggan dalam membuat keputusan pembelian yang tepat.

5. Segmentasi Audiens

Iklan WhatsApp juga dapat memudahkanmu dalam menargetkan suatu kelompok tertentu. Karena di dalamnya, Sobat MEA dapat menargetkan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, dan lokasi. 

6. Hemat Biaya

Menariknya, iklan WhatsApp dapat mengatur budget dan durasi sesuai keinginan untuk menjalankan iklan. Dalam hal ini, biaya per hari bervariasi untuk setiap wilayah, tapi ini jauh lebih rendah daripada platform iklan lainnya. 

You may also like

Leave a Comment

kursus jualan online

Kontak

+6282117932648

Head Office

Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184

Branch Office

Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184

Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat