Selain menggunakan konten marketing, bisnis online membutuhkan iklan digital. Ada banyak sekali jenis iklan atau ads yang bisa seorang pebisnis gunakan. Mulai dari Shopee Ads, TikTok Ads, FB/.IG Ads dan Google Ads. Bicara soal Google Ads, sebenarnya berapa harga pasang iklan di Google?
Pasang iklan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen agar konsumen mengetahui produk apa yang kita jual
Nggak seperti konten marketing yang mengandalkan traffic organik dengan teknik SEO, Google Ads ini dapat menciptakan traffic yang jauh lebih tertarget. Karena itu, ada sejumlah biaya yang harus di keluarkan. Terus, apa itu Google Ads? Berapa biaya pasang iklan di Google? Apa manfaatnya dan bagaimana cara memasangnya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan lengkapnya lewat artikel ini. Simak!
Apa itu Google Ads?
Mau pasang iklan digital tapi takut boncos?
Semakin populernya digital marketing, banyak platform yang menyediakan layanan pasang iklan. Mulai dari iklan di sosial media seperti TikTok Ads, Facebook dan Instagram Ads atau iklan di marketplace seperti Shopee Ads, TopAds, Lazada Sponsored Searh sampai iklan mesin pecari yakni Google Ads.
Google Ads sendiri merupakan platform yang menyediakan layanan jasa pasang iklan berbayar dari Google. Sama seperti iklan-iklan yang sudah disebutkan di atas, Google Ads ini dapat membantu untuk mengembangkan bisnis Sobat MEA. Uniknya, saat menggunakan Google Ads, iklan yang Sobat MEA pasang akan ditampilkan melalui berbagai kanal Google. Mulai dari Google Search, Website, Blog bahkan di dalam video YouTube,
5 Keuntungan Pasang Iklan dengan Google Ads
Mau sukses pasang iklan di Google dan YouTube?
Karena masih banyak orang yang awal dengan digital marketing, muncul banyak pertanyaan, untuk apa kita memasang iklan terutama di Google. Meski mengeluarkan budget, tentu saja ada banyak sekali manfaat yang didapatkan saat kita memasang iklan di Google. Nah berikut ini manfaat-manfaat memasang iklan di Google:
- Jangkauan iklan yang luas di semua platform Google. Mulai dari Google Search, Website dan YouTube
- Target iklan yang relevan dan terukur
- Pembayaran iklan diitung per klik sesuai dengan harga setiap kata kunci yang tersedia
- Meningkatkan brand awareness yang kemudian meningkatkan reputasi bisnis
- Mampu secara efektif meningkatkan omzet penjualan
4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Google Ads
Sebelum kita masuk pada pembahasan cara menghitung biaya iklan di Google, Sobat MEA wajib tahu lebih dulu 4 hal yang mesti diperhatikan. Sebab, hal-hal ini nantinya akan berpengaruh pada biaya iklan dan perhitungan rumusnya. Daripada berlama-lama lagi, langsung simak penjelasannya di bawah ini:
1. Pemilihan Kata Kunci
Dalam Google Ads, kata kunci memainkan peran penting terhadap harga iklan. Sebab, setiap kata kunci ini memiliki harga yang berbeda-beda. Biasanya kata kunci yang harganya mahal punya search volume yang tinggi dengan intent Navigational dan Commercial
2. Pencarian Kata Kunci
Selain volume dan intent dari kata kunci, Sobat MEA juga harus memperhatikan bagaimana pencarian kata kunci. Pasalnya, semakin kata kunci yang Sobat MEA dicari, maka semakin besar pula harga klik yang harus dibayar. Biasanya, banyak pebisnis nah rugi karena kurang memperhatikan hal ini.
3. Harga Per Klik (CPC)
Sistem perhitungan biaya di Google Ads adalah biaya per klik alias cost per click atau CPC. Lakukan riset harga kata kunci dengan tools Google Keyword Planner. Pilih kata kunci terbaik yang punya volume besar dan CPC yang rendah. Jika sudah memilih, hitung dan tentukan batas budget iklan yang akan Sobat MEA keluarkan.
4. Ekspektasi CTR
Hal terakhir yang mesti diperhatikan ada ekspektasi CTR alias Click Through Rate. CTR sendiri merupakan perhitungan biaya antara jumlah klik dan jumlah tayangan iklan. Misalnya, iklan Sobat MEA ditayangkan selama 100 kali dan hanya 10 orang yang melakukan klik, maka CTR-nya adalah (10/100) x 100 = 10%. Jika sudah menemukan angka, maka Sobat MEA harus mematok ekspektasi CTR sesuai perhitungan tersebut.
Berapa Harga Pasang Iklan di Google?
Dilansir dari Joe Balestrino, Rumus dan cara menghitung biaya Google Ads itu mudah. Sobat MEA hanya perlu menghitung perkiraan anggatan iklan dengan rumus volume pencarian bulanan x biaya per klik x ekspektasi CTR. Contohnya:
Jika Sobat MEA memasang iklan untuk kata kunci “jasa optimasi Shopee” yang CPC-nya Rp1.319,16, maka perhitungannya akan menjadi 27.100 x 1.319,16 x 10% = Rp.3.574,924. Jadi biaya Google Ads yang harus Sobat MEA siapkan Rp3,5 juta per bulan atau Rp119 ribu per hari. Tentu budget bisa kurang dam bisa lebih tergantung ekspektasi CTR, biaya per klik sampai volume pencarian kata kunci yang dipilih.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.