Berapa Sih Biaya Pemasangan Iklan di Instagram? Begini Penjelasannya!

by Viki
biaya instagram ads

Dalam melakukan promosi, Sobat MEA tentu memerlukan sebuah bentuk rancangan yang jelas, detail, dan sesuai tujuan. Apalagi ketika akan melakukan pengiklanan. Selain rancangan, Sobat MEA juga perlu mengetahui biaya instagram ads dan hal-hal lainnya yang diperlukan agar iklan dapat menghasilkan tujuan dengan optimal. 

Seperti yang kita ketahui, iklan sering pebisnis gunakan untuk meningkatkan popularitas brand, produk, atau bahkan omzet dari bisnis itu sendiri. Dan iklan sendiri kini tidak hanya bisa di pasang secara konvensional, melainkan bisa Sobat MEA pasang juga melalui online. Bahkan Facebook dan Instagram menyediakan fitur tersebut.

Yuk, Gabung Komunitas Bisnis IG ala MEA!

Dapatkan full bimbingan dan full support yang dapat membantumu menghasilkan iklan yang maksimal!

Tapi tentunya sama seperti iklan konvensional, untuk memasang iklan, Sobat MEA tidak hanya memerlukan strategi dan tampilan yang menarik, tapi juga perlu memikirkan biaya yang akan Sobat MEA keluarkan. Dalam hal ini, artinya Sobat MEA perlu mengetahui kisaran tarif yang ditawarkan, terutama ketika ingin beriklan di Instagram. 

Meski demikian, manfaat yang bisa Sobat MEA rasakan tidak perlu diragukan lagi. Dengan Instagram Ads, Sobat MEA dapat menjangkau lebih banyak konsumen secara langsung dan mengembangkan bisnis dengan lebih mudah. Adapun mengenai biaya Instagram Ads dan pembagiannya bisa Sobat MEA simak di bawah ini. 

Harga Iklan di Instagram dan Pembagiannya

Sebenarnya, pemasangan iklan di Instagram terdapat berbagai variasi harga tersendiri karena menyesuaikan tipe iklan yang Sobat MEA pilih. Dan pilihan tipe ini kemudian menjadi faktor penentu biaya yang harus di bayarkan ke pihak platform.

Nah, sejumlah biaya Sobat MEA keluarkan tersebut dapat mempengaruhi jangkauan iklan dan waktu penayangan. Umumnya, harga Instagram memiliki ketergantungan pada dua model iklan, antara lain biaya per klik atau cost per click (CPC) dan biaya per tayang atau cost per impressions (CPM).

Biasanya dalam memasang iklan di Instagram, Sobat MEA akan melakukan pembayaran sebesar 0,20 dolar AS atau Rp 2.840,00 hingga 2 dollar AS atau Rp 28.000,00 dalam sistem CPC. Sedangkan untuk iklan berjenis CPM, pihak Instagram mematok tarif berkisar mulai dari 6,70 dollar AS atau Rp 95.190,00 per 1.000 tayangan.

Tapi faktanya, harga iklan di Instagram tidak semudah itu perhitungannya. Ada beberapa faktor atau penyebab akan menjadi peninjauan pihak Instagram untuk menentukan berapa biaya yang akan  Sobat MEA keluarkan. Lantas apa saja yang bisa menjadi faktor biaya Ads Instagram? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Faktor Penentu Harga Iklan di Instagram

Saat memasang Instagram Ads, Sobat MEA akan mendapatkan harga yang berbeda pada satu iklan dengan iklan yang lainnya. Bahkan Sobat MEA juga bisa saja menemukan harga yang berbeda pada pengguna lainnya. Loh kok bisa? Tentu saja ada faktor penyebabnya. Dan perlu Sobat MEA pahami jika ingin hasil iklan yang optimal.

Berikut beberapa faktor yang bisa menentukan biaya pemasangan iklan di Instagram:

Faktor Bid Amount (Jumlah Penawaran)

Perlu diketahui, semakin besar penawaran dalam Instagram Ads, maka semakin besar biaya yang perlu di anggarkan. Tapi setelahnya penyebaran penayangan iklan yang Instagram lakukan juga akan semakin besar. 

Singkatnya, faktor biaya iklan juga ditentukan oleh seberapa jauh jangkauan iklan dan seberapa banyak iklan yang mendapatkan exposure. 

Jago Ngiklan di FB dan IG sampai Cuan, Ya Ini Strateginya!

Mau ngiklan tapi takut boncos? Eits, jangan khawatir, kamu gak perlu takut lagi kalau tahu strateginya. Yuk, bongkar semua strategi sukses ngiklan di IG dan FB di kelas ini!

Faktor Relevansi Iklan

Faktor yang mempengaruhi harga iklan di Instagram selanjutnya adalah faktor relevansi iklan. Jika banyak pengunjung menanggapi iklan milik Sobat Shipper secara positif, maka peningkatan terhadap skor relevansi otomatis akan terjadi.

Faktor relevansi yang satu ini ditentukan dari adanya jumlah pengguna yang melakukan berbagai bentuk interaksi, seperti mengklik, berkomentar, dan menyukai. Jika Sobat Shipper ingin memiliki iklan yang lebih relevan, maka Sobat Shipper akan melakukan pembayaran yang dapat dikatakan mendekati jumlah minimum.

Faktor Perkiraan Tindakan (Estimated Action Rates)

Faktor berikutnya yang mempengaruhi harga pada Instagram Ads adalah faktor Perkiraan tindakan atau estimated action rates. Estimasi yang di sini artinya apakah seseorang akan melakukan interaksi berupa tindakan mengklik atau melakukan berbagai tindakan lain setelah meninjau iklan tersebut.

Faktor Penawaran dan Permintaan

Faktor yang menentukan harga iklan di Instagram selanjutnya adalah faktor penawaran dan permintaan, di mana biasanya di sebut sebagai supply and demand.

Permintaan dan penawaran ini juga berperan dalam kompetisi. Yup, kompetisi akan selalu mempengaruhi biaya Instagram Ads. Saat Sobat MEA mulai menjangkau demografi orang tertentu, kompetitor juga mengincar audiens yang sama. Oleh karenanya, Instagram menerapkan harga yang berbeda.

Tapi jika Sobat MEA melakukan penawaran harga iklan dalam jumlah yang lebih tinggi, secara otomatis posisi iklan yang Sobat MEA dapatkan adalah posisi teratas, mengalahkan posisi pengiklan lain yang menawar harga iklan lebih rendah.

Jasa Iklan IG Profesional

Solusi terbaik untuk kamu yang ingin cuan maksimal dari Instagram Ads! Kerja bareng Tim Profesional Sosmed kami, akan kami bantu secara maksimal hingga bisa lebih cuan hanya dari iklan!

Faktor Waktu Prime Time

Jangan salah, Instagram juga menerapkan harga yang berbeda di setiap waktu. Terutama waktu prime time, iklan akan memiliki harga lebih tinggi ketimbang melakukan pengiklanan di waktu lain. Contohnya, akhir pekan akan memberikan harga iklan yang lebih tinggi ketimbang waktu-waktu lainnya seperti hari kerja.

Faktor Gender

Sobat MEA tentu sudah familiar bahwa kebanyakan pengguna Instagram adalah wanita, Oleh karenanya, harga iklan di Instagram juga berpengaruh pada faktor gender, di mana jika Sobat MEA cenderung mengarah konsumen dengan gender wanita, maka harganya akan lebih tinggi ketimbang memilih konsumen bergender pria.

Faktor Target Market

Faktor terakhir yang bisa menentukan harga iklan di Instagram adalah target market yang ingin Sobat MEA tuju. Karena platform Facebook sendiri telah memberlakukan harga Instagram Ads yang lebih tinggi untuk beberapa usaha. 

Hal ini dapat terlihat pada jenis usaha yang memiliki persaingan yang cukup tinggi, seperti fashion, kecantikan, dan kesehatan. Nah, biaya pengiklanan di Instagram Ads dapat Sobat MEA dapatkan lebih tinggi. Karena sudah jelas beberapa usaha tersebut memiliki target market yang sangat luas. 

Nah, begitulah informasi mengenai biaya Instagram Ads beserta perhitungan dan faktor-faktor yang dapat menentukan jumlahnya. Pastikan Sobat MEA sudah memahaminya dengan baik. Dan saat pemasangannya, gunakan kampanye yang sudah di optimalkan. Setelahnya, pantau operasional dan performa iklannya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment