Seperti yang kita ketahui, Instagram merupakan sosial media terpopuler setelah YouTube dan WhatsApp. Dan hingga sekarang, popularitasnya tidak kalah dari TikTok yang sedang viral-viralnya. Maka tidak heran jika banyak pebisnis yang mempromosikan produknya di Instagram karena berpotensi yang besar untuk tingkatkan penjualan. Jika Sobat MEA pun demikian, maka sudah saatnya mulai memasang bio instagram jualan.
Perlu Sobat MEA ketahui, Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif dari seluruh dunia. Rata-rata penggunanya aktif mengakses Instagram setiap hari. Nah, fenomena inilah yang membuat Instagram mampu menjangkau pasar yang sangat luas baik dalam negeri maupun luar negeri. Tentu saja memberikanmu peluang untuk memaksimalkan pemasaran melalui Instagram.
Ingin Jualan Lebih Maksimal di Instagram?
Tapi untuk dapat menarik lebih banyak konsumen, Sobat MEA perlu memiliki akun Instagram bisnis yang profesional agar para konsumen tersebut percaya dengan bisnismu. Setiap konsumen tentunya hanya ingin berbelanja di toko yang kredibel.
Dalam hal ini, salah satu hal yang penting untuk Sobat MEA perhatikan adalah memasang bio pada profil akun bisnismu tersebut. Bio dapat mendeskripsikan toko mulai dari jenis toko, informasi toko, hingga produk yang dijual. Selain itu, ada beberapa fungsi bio Instagram jualan lainnya yang tentunya berguna untuk bisnismu. Simak penjelasan mengenai fungsi beserta contohnya di bawah ini!
Fungsi Bio Instagram Jualan
Adapun pengertian dari Bio Instagram adalah olom di bagian profil yang berisi deksripsi singkat. Fungsi utamanya memberikan informasi mengenai toko secara singkat tapi mampu dipahami oleh konsumen saat mengunjungi akun bisnis tersebut.
Dengan bio yang menarik, akun Instagram bisnismu menjadi lebih kredibel sehingga lebih mudah dalam meningkatkan brand awareness. Untuk membuat isi bio di Instagram sendiri telah tersedia kolom yang mencakup 150 karakter. Di kolom ini, Sobat MEA bisa menggunakan kombinasi huruf, angka, dan emoji.
Jualan Lebih Maksimal? Ya Lakukan Branding Juga Dong!
Selain mencantumkan informasi toko, bio pada profil di Instagram juga bisa Sobat MEA cantumkan dengan lokasi, alamat email, dan nomor telepon. Sehingga konsumen akan mudah menemukan lokasi tokomu dan lebih mudah menghubungimu saat hendak membeli, menawarkan kerjasama, maupun saat ada pertanyaan seputar bisnismu.
Nah, itulah mengapa Sobat MEA pun perlu memiliki bio Instagram jualan pada akun bisnismu. Jika Sobat MEA belum memasangnya, mari ketahui contoh bio Instagram jualan yang bisa Sobat MEA jadikan inspirasi yang membuat akun bisnis lebih menarik.
Contoh Bio Instagram Jualan
Perlu diketahui, contoh yang akan MiMe bagikan ini, MiMe ambil dari beberapa brand besar. Mungkin tidak sama dengan jenis tokomu. Tapi isinya bisa Sobat MEA jadikan panduan. Lalu sesuaikan dengan informasi yang ingin Sobat MEA sampaikan. Sobat MEA juga bisa menambahkan pencapaian yang telah diraih selama bisnis berjalan.
Berikut beberapa contoh bio IG untuk jualan yang ampuh menarik pelanggan:
Janji Jiwa
Contoh bio IG pertama datang dari Instagram Kopi Janji Jiwa. Siapa sih yang tidak mengenal kopi kekinian yang satu ini? Jika Sobat MEA perhatikan, di kolom bio Instagramnya mampu menarik kepercayaan pelanggan dengan menunjukkan prestasi, seperti Top Brand Award Coffee Cafe dan rekor MURI. Nah hal ini bisa Sobat MEA ikuti. Terutama jika bisnismu telah meraih segudang prestasi membanggakan.
Wingstop
Di kolom bio IG Wingstop tertulis “Where Flavor Gets Its Wings“. Nah, ini merupakan slogan yang terlihat sederhana tapi memiliki makna yang kuat. Melalui slogan tersebut, Wingstop bermaksud menunjukan bahwa ia menjual chicken wings dengan taburan bumbu lezat dan bersertifikasi halal. Nah, dari slogan saja sudah membuat ngiler, bukan? Bisa banget Sobat MEA contek dengan slogan yang sesuai dengan produkmu.
Kebun Raya
Tidak kalah dari brand sebelumnya, Kebun Raya justru memiliki tampilan profil yang sangat rapi dan aesthetic. Tentu saja disertai dengan bio IG yang sangat informatif dengan memberikan berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan toko, mulai dari sosial media yang ia miliki hingga informasi pembelian tiket.
Baju Cowok Distro
Selanjutnya ada contoh bio IG dari akun olshop jualan pakaian laki-laki yang berisi informasi yang singkat tapi sangat informatif. Mulai dari nama akun, deskripsi singkat. kontak. hingga metode pembayaran yang digunakan serta link yang mengarah ke halaman order (chat WA).
Dengan begitu, Sobat MEA tidak hanya mengenal toko, tapi juga akan dapat langsung melakukan transaksi saat tertarik dengan produk yang dijual. Jika Sobat MEA menjual produk yang serupa baik untuk laki-laki maupun perempuan, Sobat MEA bisa membuat bio IG yang menarik dari profil IG bisnis yang satu ini.
Raswa Official
Brand sebelumnya memang memiliki bio yang singkat, tapi akun bisnis yang terakhir ini justru lebih singkat dari sebelumnya. Jangan salah, meski sangat singat, bio IG milik toko ini ampuh menarik konsumen. Lagipula, masyarakat saat ini tidak suka tulisan yang panjang dan bertele-tele. Terkesan tidak mudah dipahami bahkan membuang waktu.
Apa yang menarik dari toko ini? Yup, bio dari akun bisnis yang bernama @raswaofficial ini memiliki tautan atau link yang mengarah ke toko online miliknya di marketplace terpercaya, yakni Shopee. Ia juga mencantumkan kontak yang bisa langsung dihubungi saat konsumen tertarik. Tidak muluk-muluk, kedua informasi tersebut justru bisa langsung menginformasikan metode pembelian serta platform terpercaya lainnya.
Demikian fungsi beserta contoh bio Instagram jualan yang bisa Sobat MEA gunakan. Dengan penjelasan di atas, Sobat MEA tentu telah memahami bagaimana pengaruh bio IG bagi bisnis yang dijalani. Maka memang sudah sepatutnya mempertimbangkan bio IG terbaik agar konsumen lebih cepat tertarik. Selamat mencoba!