Bisnis ekspedisi menjadi salah satu bisnis yang terlihat semakin menggiurkan mengingat semakin meningkatnya jual beli online. Usaha ekspedisi ini juga menjanjikan karena untuk saat ini, tidak ada metode lain yang lebih mutakhir untuk melakukan pengiriman barang. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis ekspedisi?
Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rincian modal awal untuk memulai jasa ekspedisi serta tips memulai bisnis ini untuk pemula. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya di sini, ya!
Table of Contents
Apa itu Bisnis Ekspedisi?
Sebelum membagikan tipsnya, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu usaha ekspedisi terlebih dahulu. Jadi, bisnis ekspedisi adalah jenis usaha yang memberikan layanan jasa pengiriman barang.
Jasa ekspedisi ini selain banyak bekerja sama dengan marketplace, juga bisa Sobat MEA manfaatkan sebagai perantara untuk mengantarkan barang ke suatu tempat.
Dalam bisnis ekspedisi ini, tidak hanya melakukan pengiriman barang saja. Namun Sobat MEA juga bertanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan mengendalikan proses pengiriman barang dari diterima dari customer hingga sampai ke lokasi tujuan.
5 Tips Memulai Bisnis Ekspedisi Untuk Pemula
Membuka bisnis ekspedisi membutuhkan banyak persiapan. Seperti contohnya adalah Sobat MEA perlu memiliki ruangan yang luas karena harus menyimpan banyak barang sebelum dilakukan pengiriman sekaligus.
Selain itu, tempat untuk jasa pengiriman ini juga harus memiliki area parkir yang luas agar bisa meletakkan kendaraan dan membuat proses distribusi menjadi lebih mudah. Jangan lupa pula untuk memilih lokasi yang mudah diakses oleh customer agar bisa menggunakan jasa ekspedisi Sobat MEA dengan lebih mudah.
Jika lokasi dan kendaraan sudah siap, maka Sobat MEA bisa lanjut dengan mengikuti tips membangun bisnis ekspedisi di bawah ini:
1. Siapkan Modal
Bisnis ekspedisi bukanlah sebuah bisnis yang bisa Sobat MEA mulai dengan modal kecil. Sobat MEA tidak akan membutuhkan banyak modal jika sudah memiliki tempat dan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor sendiri. Jadi mungkin persiapan lainnya yang perlu Sobat MEA lakukan adalah membeli timbangan, pembuatan surat izin usaha, komputer, perabotan seperti meja, kursi, dan printer.
Ada juga modal lain yang perlu Sobat MEA siapkan jika Sobat MEA membutuhkan karyawan. Sobat MEA tentu harus memberikan gaji atau upah setiap bulannya. Perhitungkan juga biaya lainnya seperti untuk listrik, air, dan internet yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis ini. Jangan lupa untuk siapkan dana darurat jika ada hal mendesak yang terjadi.
Jika Sobat MEA belum memiliki modal yang mencukupi, Sobat MEA tetap bisa membangun jasa ekspedisi sendiri dengan alternatif lain, yaitu dengan menjalin bekerja sama dengan jasa ekspedisi lain yang sudah besar dan mapan. Sobat MEA bisa membangun kemitraan dengan JNE, J&T Express, SiCepat, TIKI, atau Lion Parcel.
2. Menentukan Jangkauan Usaha
Seperti yang kita ketahui, jasa ekspedisi ini ada banyak layanannya. Mulai dari mengantarkan barang, dokumen, makanan, atau bahkan ketiganya. Nah Sobat MEA harus memutuskan ingin membangun bisnis ekspedisi yang seperti apa. Hal ini perlu dilakukan karena pengiriman untuk ketiga kategori barang di atas harus dilakukan dengan cara yang berbeda.
Selain itu, Sobat MEA juga harus menentukan jangkauan wilayah pengiriman. Sobat MEA bisa mengirimkan barang hanya di dalam kota saja, atau hingga luar kota, luar provinsi, luar pulau, atau bahkan melakukan pengiriman ke luar negeri. Sesuaikan jangkauan area pengiriman ini dengan kemampuan bisnis dan tujuan bisnis ekspedisi yang ingin dicapai, ya.
3. Tentukan Sistem dan Tarif Jasa Pengiriman
Selain cakupan area dan jangkauannya, Sobat MEA juga perlu menentukan sistem pengiriman apa saja yang ditawarkan. Mulai dari pengiriman reguler, kargo, express, hingga kilat khusus. Tentunya setiap sistem pengiriman ini memiliki tarif yang berbeda pula.
Tarifnya sendiri bisa Sobat MEA tentukan berdasarkan berat produk atau jarak pengiriman. Seperti kita tahu, harga pengiriman lokal di Indonesia pasti berbeda dengan harga pengiriman ke luar negeri.
4. Urus Izin Usaha
Langkah berikutnya adalah membuat dan mengajukan izin usaha melalui surat keterangan usaha. Ada 4 izin usaha yang perlu Sobat MEA urus untuk membuat dan membangun bisnis ekspedisi sendiri. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:
- Surat Izin Usaha Jasa Pengelolaan Transportasi (SIUJPT). Surat ini dikeluarkan oleh gubernur pada lokasi tempat bisnis Sobat MEA.
- Surat Izin Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (SIUP MSE), perizinan ini diperlukan jika bisnis ekspedisi Sobat MEA menyediakan sistem pembayaran online.
- Bukti Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat, yang bisa Sobat MEA dapatkan dengan mendaftar ke website Portal Layanan Publik Terintegrasi Kementerian Kominfo.
- Izin penyelenggaraan Pos, bisa Sobat MEA ajukan ke sistem OSS dan mengisikan berkas-berkas yang diperlukan.
5. Bekerja Sama dengan Pihak Lain
Memulai jasa pengiriman dari awal tidaklah mudah. Untuk itu, Sobat MEA bisa memulai untuk membangun kemitraan dengan pihak lain. Bisa dari toko grosir, pet shop, toko bangunan, dan usaha lainnya yang mengirimkan produk mereka ke luar kota.
Sekian pembahasan mengenai 5 tips memulai bisnis ekspedisi yang bisa Sobat MEA ikuti. Semoga ulasan ini membantu dan salam satu juta pembeli!