173
Sobat MEA ingin menjadi content creator yang sukses? Pastinya Sobat MEA perlu mengadaptasi berbagai strategi jitu untuk menghadirkan eksistensi di media sosial, termasuk TikTok yang tengah ramai digunakan. Hanya saja, creator TikTok pun semakin menjamur. Sehingga Sobat MEA perlu pandai mengambil celah dengan melakukan cara berkolaborasi dengan Creator TikTok lain.
Kerjasama dengan creator lain ini penting dilakukan mengingat pengguna TikTok yang telah mencapai 1.5 milyar orang di seluruh dunia dimana tentunya menimbulkan persaingan yang harus dihadapi dengan cerdas. Tapi dengan kerjasama yang tepat, Sobat MEA berkesempatan memperluas jangkauan pasar lebih luas.
Di sisi lain, tentunya content creator juga harus tetap menghadirkan konten-konten terbaik setiap harinya sesuai niche yang dibangun pada akun TikTok. Tapi tetap saja untuk memperkuat eksistensi terhadap konten-konten yang dibuat terkadang perlu didorong oleh kreator yang mumpuni.
Lantas bagaimana cara berkolaborasi dengan creator TikTok lain demi pertumbuhan akun yang menguntungkan tersebut? Di artikel ini, Mime akan mengupas tuntas secara lengkap. Simak ya!
Melansir laman ICE, kolaborasi berasal dari bahasa inggris yaitu collab, artinya kerja sama antara dua atau lebih individu untuk mencapai suatu hal yang baru yang lebih kreatif. Kolaborasi TikTok sendiri tentunya memiliki berbagai manfaat yang penting untuk performa akun yang lebih baik.
Berbeda dengan bekerja sendiri yang mungkin hasilnya akan lebih lama karena tidak adanya dorongan. Apalagi bagi akun baru. Dan ada 5 alasan mengapa Sobat MEA perlu melakukan kolaborasi, berikut uraiannya:
Pertama, tentu saja Sobat MEA dapat menjangkau audiens yang lebih banyak termasuk audiens yang mereka miliki. Bahkan Sobat MEA berpeluang mendapatkan followers dari akun yang bekerja sama karena eksposur yang telah muncul dari proyek kolaborasi ini.
Kolaborasi dapat memberikanmu variasi konten yang mungkin belum pernah dipikirkan sebelumnya. Dengan begitu, Sobat MEA pun dapat mencoba hal-hal baru serta menjelajahi berbagai ide konten yang unik dan lebih segar.
Dengan menggandeng creator yang memiliki reputasi baik, tentu saja reputasinya dapat menular ke akunmu. Artinya kolaborasi juga dapat membantumu menciptakan kredibilitas atau kepercayaan audiens. Mereka juga akan menganggapmu sebagai content creator yang disetujui oleh creator yang bekerja sama.
Dengan kolaborasi, Sobat MEA maupun creator dapat belajar satu sama lain. Sobat MEA juga berpeluang mendapatkan berbagai tips and trick hingga strategi yang telah dipelajari dari perjalanan akun yang dibangung oleh creator tersebut.
Bahkan bukan tidak mungkin, Sobat MEA juga akan menjalin pertemanan yang lebih erat di luar proyek kolaborasi TikTok. Apalagi jika dari awal Sobat MEA membangun hubungan yang baik dengan creator yang Sobat MEA gandeng. Tentu menyenangkan.
Sebagai creator pemula, Sobat MEA mungkin kesulitan dalam memulai kolaborasi dari awal. Bahkan Sobat MEA mungkin belum paham harus mulai dari mana, mengingat kerja sama ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk kerja sama yang berjalan dengan sukses, ada 7 cara berkolaborasi dengan creator TikTok lain yang perlu diperhatikan, di antaranya:
Pertama pastinya Sobat MEA perlu menemukan creator yang tepat terlebih dahulu. Pastikan mereka memiliki gaya yang relevan dengan bisnismu. Perhatikan juga performa akun, niche, hingga attitude yang dihadirkan di TikTok.
Ini penting dikarenakan dapat berpengaruh terhadap performa akunmu. Jangan sampai kredibilitas bisnis menurun hanya karena kinerja content creator lain yang bekerja sama denganmu.
Sebelum menggandeng seorang content creator, pastikan Sobat MEA telah memiliki ide yang tepat untuk produk atau layanan yang akan dipromosikan bareng creator tersebut, mulai dari konsep, tema, jenis konten, hingga tantangan yang akan dikerjakan.
Jika Sobat MEA sudah memiliki konsep konten yang jelas, Sobat MEA bisa mulai menghubungi creator yang ingin dibidik untuk diajak kolaborasi. Sobat MEA bisa menghubunginya melalui pesan pribadi, WhatsApp, ataupun Email. Jelaskan maksud kolaborasimu, manfaat, hingga alasan mengapa proyek kolaborasi ini bagus.
Setelah creator yang diajak sudah setuju, Sobat MEA bisa mulai merencanakan setiap detail dari proyeknya. seperti pengambilan gambar, script, jadwal shooting, hingga strategi promosi yang akan dibawakan pada proyek kolaborasi tersebut.
Hashtag TikTok adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Termasuk pada konten kolaborasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hashtag dapat membantu videomu mudah ditemukan oleh orang yang mencari konten serupa.
Setelah video collab diunggah, pastikan keduanya melakukan promosi di akun TikTok masing-masing. Jika perlu, bagikan juga video kolaborasi ini ke media sosial dan platform digital lainnya untuk memperluas jangkauan promosi yang sedang dikerahkan.
Meskipun Sobat MEA sudah mendapatkan jangkauan yang luas, viewers dan followers juga perlu dibina dengan hubungan yang baik. Oleh karena itu, penting untuk aktif berinteraksi dengan mereka. Mulailah dengan merespon komentar yang diberikan dan memberikan apresiasi terhadap dukungan untuk membangun koneksi bisnis yang kuat.
Demikian panduan terkait cara berkolaborasi dengan Creator TikTok lain yang penting untuk bisnismu. Sebelum memulainya, pastikan Sobat MEA telah meriset creator mana yang cocok untuk diajak bekerja sama, bagaimana sepak terjangnya, seperti apa pengaruhnya pada bisnismu. Dan yang terpenting, pastikan mereka sejalan dengan niche akunmu. Selamat mencoba!
+6282117932648
Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184
Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184
Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat