Cara Evaluasi Iklan di Shopee dan Memantau Performanya. Simak!

by fiqhi
cara evaluasi iklan di shopee

Cara evaluasi iklan di Shopee – Jika sobat MEA menjalankan iklan di Shopee, sobat MEA juga wajib banget mengetahui performa iklan dan evaluasi iklan. Hal ini bertujuan agar sobat MEA tahu mana iklan yang bagus dan mana performa iklan yang harus diperbaiki atau bahkan dihentikan. Dengan begitu, sobat MEA bisa mengurangi biaya iklan dan iklan jadi lebih murah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai hal-hal penting yang harus sobat MEA perhatikan sebelum, saat, hingga evaluasi iklan di Shopee. Siap-siap ya karena artikel ini akan cukup panjang. Tapi dijamin isinya bakal ngebantu sobat MEA dalam memasang iklan di Shopee.

Cara Membuat Iklan yang Efektif

Sebelum membahas tentang evaluasi iklan, sobat MEA harus bisa membuat iklan yang bagus agar efektif menghasilkan traffic dan meningkatkan penjualan. Impian tiap penjual Shopee pastinya ingin memasang iklan dengan budget minim, tapi hasil maksimal. Nah ini dia beberapa cara yang bisa sobat MEA lakukan:

Riset kata kunci

Jika sobat MEA sudah paham mengenai jenis-jenis iklan di Shopee, tentunya sobat MEA paham bahwa riset kata kunci ini diperlukan. Riset kata kunci ini penting banget karena iklan di Shopee mengandalkan pemilihan dan penggunaan kata kunci, baik yang digunakan oleh penjual maupun konsumen. Lalu, riset kata kunci ini bisa dimulai dari mana saja?

Misal sobat MEA menjual kopi kemasan, kira-kira kata kunci apa saja yang akan sobat MEA gunakan? Kopi? Oke, apa lagi? Kopi instan? Terus, terus? Kopi kemasan? Boleh juga.

Untuk menentukan kata kunci, jangan hanya menggunakan nama produk saja. Perluas kata kunci sobat MEA agar dapat membantu memilih kata kunci yang sesuai untuk produk atau toko sobat MEA yang ingin diiklankan.

Kembali lagi ke contoh produk yang dijual, ya. Jika sobat MEA menjual produk kopi kemasan, maka sobat MEA bisa menggunakan kata kunci berdasarkan kategori, tipe, hingga kata kunci kompetitor! Contohnya apa?

Untuk kata kunci berdasarkan kategori, bisa gunakan kata kunci seperti “minuman”, “minuman instan”, dan lain sebagainya. Untuk kata kunci berdasarkan tipe, bisa gunakan jenis-jenis biji kopi atau rasa kopi seperti “kopi robusta”, “kopi arabika”, “kopi susu”, “kopi dayak”, “kopi espresso”, dan lain sebagainya. 

Sobat MEA juga bisa menggunakan kata kunci kompetitor. Misalnya nih sobat MEA jualan kopi Starbucks yang pasarnya juga udah banyak, nih. Tapi sobat MEA juga bisa banget nih hajar produk kompetitor dengan pakai kata kunci mereka. Lawannya Starbucks kan Excelso nih, sobat MEA juga bisa pakai kata kunci tersebut di pengaturan kata kunci. Jadi konsumen yang ingin mencari produk kompetitor, akan melihat produk sobat MEA juga.

Emang boleh, ya? Boleh banget, dong!

Kelas Shopee Premium

Yuk Gabung Sekarang di Kelas Shopee premium yang bakal buat kamu makin jago jualan nya

Riset market

Riset kata kunci sudah, selanjutnya riset market. Ini dia beberapa hal yang bisa sobat MEA lakukan dalam melakukan riset market:

Ketahui kompetitor

Pertama, sobat MEA harus tau dulu nih siapa kompetitor sobat MEA. Masa jualan tapi nggak ada saingannya? Terus gimana jualannya? Karena kalau kita tau siapa saingan kita, nanti kita bisa cari tahu nih kata kunci apa yang mereka gunakan saat memasang iklan.

Misalnya saja sobat MEA jualan skincare lokal, dan ada saingan yang jualan produk skincare lokal juga. Nah caranya sobat MEA tau kata kunci apa yang mereka gunakan adalah dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian, dan jika produk mereka muncul dan terdapat tulisan “Iklan”, maka kata kunci tersebutlah yang digunakan oleh kompetitor sobat MEA.

Siapkan foto produk

Selanjutnya adalah menyiapkan foto produk yang menarik. Meskipun sobat MEA sudah menggunakan iklan produk atau iklan produk serupa, tapi jika foto produknya blur, tidak jelas, gelap, atau terlalu banyak ornamen, akan membuat konsumen tidak tertarik untuk mengklik produk sobat MEA. Tujuan dari iklan sendiri adalah agar produk sobat MEA mudah ditemukan oleh target market. Tapi gambar produk lah yang akan membuat konsumen mengklik produk yang sobat MEA tawarkan. Jangan sampai sobat MEA menggunakan foto produk yang asal-asalan, ya.

Promosi

Selain mendapatkan traffic dari Shopee, sobat MEA juga bisa mendapatkan traffic dari luar Shopee. Contohnya saja dengan melakukan promosi di sosial media. Jangan sampai sobat MEA hanya memposting saja di Shopee, membuat iklan, terus ditinggal begitu saja.

Harga yang bersaing

Jangan artikan ini sebagai saran agar sobat MEA memasang harga yang murah, ya. Yang dimaksud dengan harga bersaing adalah harga yang mampu bersaing dengan kompetitor. Seperti apa saja sih yang bisa didapatkan oleh konsumen jika membeli produk sobat MEA dengan harga sekian dibandingkan jika konsumen membeli produk kompetitor.

Testing iklan

Selanjutnya adalah melakukan testing iklan. Karena semuanya nggak boleh hanya diteorikan aja, kan? Tapi harus dipraktekkan juga, dong biar ilmunya berguna. Ini dia beberapa hal yang perlu sobat MEA persiapkan sebelum melakukan testing iklan:

  • Memilih produk yang akan diiklankan

Pilih produk dengan rating tinggi dan penjualan yang tinggi. Hal ini dikarenakan konsumen lebih memilih untuk membeli produk yang sudah memiliki reputasi baik. Jadi, sobat MEA juga harus memilih produk dengan rating dan penjualan yang tinggi.

Terus gimana dong dengan produk yang masih 0 banget? Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan dan rating dengan cara organik terlebih dahulu. Jadi, saran kami, jangan gunakan produk yang masih 0 penjualan untuk diiklankan. Karena akan susah lakunya. Nanti malah cuma buang-buang uang doang.

  • Menentukan keyword

Pilih keyword atau kata kunci secara manual. Saat akan membuat iklan, biasanya sobat MEA akan diminta untuk menentukan kata kunci. Nah kata kunci ini bisa direkomendasikan dari sistem Shopee, bisa juga dipilih secara manual.

Kami sarankan untuk menentukan keyword secara manual apalagi jika sobat MEA sudah melakukan riset kata kunci. Hal ini juga bertujuan agar budget kata kunci menjadi lebih murah. Kemudian sobat MEA bisa memilih 20-30 kata kunci yang relevan.

  • Harga ideal kata kunci

Untuk harga kata kunci sendiri berbeda-beda. Jadi, sobat MEA bisa memilih apakah ingin memilih kata kunci dengan harga yang tinggi atau rendah. Kalau ingin hemat, sobat MEA bisa menggunakan kata kunci dengan harga rendah. Tapi kalau ingin mendapatkan hasilnya secara cepat, menggunakan kata kunci dengan harga tinggi adalah solusinya.

  • Bid ideal dan conversion rate

Perlu diingat bahwa konsumen yang mengklik iklan sobat MEA belum tentu membeli produk sobat MEA. Sedangkan jika ada yang mengklik iklan, sobat MEA tetap membayar iklan tersebut. Jadi, untuk melihat apakah iklannya bagus atau tidak, pastikan persentase orang beli dari jumlah orang yang mengklik iklan, adalah sebesar 1%. Untuk harga bid yang ideal adalah ½%-1% dari harga produk. 

Penjelasannya akan kami bahas di bawah.

Jasa Optimasi Dan Manajeman Shopee

Optimasi dan Manajemen toko online Shopee, Kami Jago nya kalian hanya duduk manis sambil nunggu orderan banyak datang

Evaluasi Iklan di Shopee

Tidak sedikit penjual yang menjalankan iklan, tapi masih tidak tahu apa yang harus dilihat dari data iklan. Karena di Shopee sendiri memang ada banyak sekali data yang tersedia bahkan hanya untuk 1 iklan produk saja. Ini dia diantaranya:

  • Dilihat, menunjukkan berapa banyak pengguna Shopee yang melihat iklan.
  • Jumlah klik, menunjukkan berapa banyak pengguna yang mengklik produk sobat MEA yang diiklankan.
  • CTR, atau click through rate, menunjukkan jumlah berapa persen pengguna yang mengklik iklan dari jumlah iklan dilihat.
  • Biaya iklan, yang akan menunjukkan berapa biaya iklan yang sobat MEA keluarkan.
  • Konversi, jumlah penjualan yang dihasilkan dari jumlah klik.
  • Produk terjual, menampilkan jumlah produk yang berhasil dijual.
  • Omset penjualan, menunjukkan tingkatan omset penjualan dari biaya iklan sebelumnya.
  • Efektivitas iklan, menunjukkan dari iklan tersebut, menghasilkan berapa klik.
  • Biaya per konversi
  • Konversi langsung
  • Dan masih banyak lagi.

Tidak heran banyak yang bingung untuk membaca data iklan dan melakukan evaluasi iklan di Shopee jika untuk satu iklan saja, datanya sebanyak itu. Kabar baiknya, sobat MEA bisa melakukan pengaturan untuk melihat beberapa data yang paling penting saja. Ini dia beberapa data rekomendasi dari kami agar sobat MEA tidak kesulitan dalam melakukan evaluasi iklan:

  • Dilihat

Jangan lupa bahwa tujuan memasang iklan adalah dapat tampil sehingga mudah dilihat oleh konsumen. Jika iklan sobat MEA tidak tampil, berarti ada salah dan perlu diperbaiki. Sobat MEA bisa mulai memperbaiki dari kata kunci dan ubah dengan kata kunci yang relevan.

  • Jumlah Klik

Setelah iklan dilihat oleh banyak orang, cek juga apakah iklan tersebut membuat para pengguna Shopee ingin mengklik iklan sobat MEA. Jika jumlah yang melihat tinggi tapi jumlah klik masih sedikit, perlu sobat MEA evaluasi iklannya. Cek kembali apakah judul, foto, dan deskripsi produk sudah menarik atau belum.

  • CTR

CTR ini berfungsi untuk mengetahui apakah produk kita menarik di mata konsumen atau tidak. Jika CTR rendah, bisa terjadi karena foto yang tidak menarik, atau sobat MEA menggunakan produk baru yang belum memiliki ulasan, bisa juga karena kata kunci yang tidak relevan.

Terus, CTR yang bagus itu yang gimana? CTR yang bagus adalah CTR yang berkisar dari 2-5%. Jika CTR sobat MEA masih dibawah 1%, maka iklan sobat MEA masih kurang bagus. Untuk itu, sobat MEA harus rajin melakukan evaluasi iklan agar dapat mengetahui kata kunci dan iklan mana yang bagus dan yang jelek.

  • Produk Terjual

Jumlah produk yang terjual adalah bonus dari pemasangan iklan. Jika CTR tinggi dan penjualan profit, itu artinya iklan sudah bagus. Berarti sobat MEA sudah memilih produk yang tepat dengan kata kunci yang tepat. Selain itu juga foto dan deskripsi produk sobat MEA sudah maksimal.

Tapi jika evaluasi iklan menunjukkan bahwa penjualan masih rendah, artinya produk sobat MEA masih belum dipercaya. Bisa jadi karena rating yang rendah, atau produk baru yang belum ada penjualan.

  • Omset Penjualan

Semua penjual pastinya menginginkan agar omsetnya selalu naik, apalagi jika ditambah dengan iklan. Omset penjualan ini yang nantinya akan menunjukkan keberhasilan iklan, apakah mampu menghasilkan penjualan yang efektif atau tidak.

Setelah evaluasi iklan, ternyata iklannya bikin rugi!

Jika setelah melakukan evaluasi iklan dan ternyata iklannya malah bikin sobat MEA boncos, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Hentikan iklan dan perbaiki toko
  • Perbaiki desain foto produk agar jelas dan menarik
  • Perbaiki deskripsi produk
  • Tingkatkan penjualan dan ulasan yang bagus di produk yang sobat MEA jual

Sudah tau kan caranya evaluasi iklan?

Karena sudah tau caranya, sekarang saatnya sobat MEA melakukan evaluasi iklan di Shopee biar nggak boncos terus!

Gabung ke Kelas Shopee biar sobat MEA selalu dapat tambahan ilmu tentang berbagai macam cara jualan di Shopee. Atau, sobat MEA juga bisa pakai Jasa Shopee yang dikerjakan oleh tim profesional, dan tinggal nikmati hasilnya aja!

Yuk daftar di sini!

You may also like

Leave a Comment