Berbelanja online melalui Lazada adalah salah satu alternatif cepat dan aman untuk proses jual beli masa kini. Meski cepat dan simpel, hal ini nggak menutup kemungkinan terjadinya beberapa masalah yang membuat Sobat MEA mencari cara komplain di Lazada. Misalnya, masalah produk yang nggak sesuai sampai pengiriman yang terlalu memakan waktu.
Tentu saja mengetahui bagaimana cara komplain di Lazada adalah sesuatu yang bisa menguntungkan Sobat MEA. Hal ini penting untuk menghindari masalah yang berlarut-larut. Buat Sobat MEA yang mungkin belum tahu, yuk langsung aja simak beberapa permasalahan beserta cara komplain Lazada. Yuk langsung simak aja penjelasannya di bawah ini!
Table of Contents
7 Permasalahan di Lazada
Sama seperti berbelanja lewat marketplace lain, berbelanja melalui marketplace Lazada juga memeiliki permasalahannya sendiri. Kendati demikian, ada beberapa masalah yang bisa Sobat MEA selesaikan dengan menghubungi pihak Lazada. Namun ada juga beberapa masalah yang nggak bisa Sobat MEA mintakan pertanggung jawabannya ke Lazada.
Sebelum Sobat MEA menerapkan bagaimana sih cara komplain di Lazada, yuk kepoin dulu beberapa permasalahan yang sering tumbul dan bisa Sobat MEA komplain ke pihak Lazada. Nah berikut ini 7 masalah yang bisa dan wajib untuk menghubungi pihak Lazada:
- Nomor resi yang nggak bisa dilacak.
- Barang nggak dikirim oleh seller atau penjual.
- Produk yang diterima nggak sesuai dengan deskripsi produk atau pesanan di aplikasi.
- Ingin membatalkan pesanan yang telah dibayar dan diproses.
- Fee sebagai affiliate marketing atau reseller yang nggak sesuai.
- Akun Lazada dinonaktifkan tanpa adanya pemberitahuan.
- Lupa password akun Lazada dan nomor yang terdaftar sudah nggak dipakai atau nggak aktif.
6 Syarat Melakukan Komplain di Lazada
Setelah mengetahui apa saja permasalahannya, Sobat MEA juga harus mengetahui apa saja sih syarat untuk melakukan komplain di Lazada. Nah, agar komplain diterima saat menerapkan cara komplain di Lazada, Sobat MEA harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan di bawah ini agar komplain langsung diproses. Berikut 6 syarat komplain di Lazada.
- Pastikan apa yang ingin dikomplain. Sobat MEA bisa mengacu pada beberapa permasalahan yang sudah disebutkan di atas
- Lengkapi bukti komplain berupa foto paket dan video unboxing atau video produk yang jelas.
- Pastikan produk yang Sobat MEA beli belum digunakan sebelum proses komplain selesai.
- Jangan menunda waktu komplain. Lakukan komplain sesegera mungkin agar langsung diproses.
- Persiapkan data dan informasi yang dibutuhkan seperti no HP, KTP, dan alamat email aktif yang digunakan untuk login akun Lazada.
- Pastikan koneksi internet lancar agar proses komplain bisa berjalan tanpa hambatan.
4 Cara Komplain di Lazada yang Mudah dan Simpel!
Jika Sobat MEA sudah mengetahui permasalahan dan memenuhi syarat-syarat di atas, yuk langsung cobain bagaimana cara komplain ke pihak Lazada yang bisa dilakukan dengan 4 metode di bawah ini!
1. Cara Komplain di Lazada via Live Chat
Cara komplain di Lazada yang pertama bisa Sobat MEA lakukan melalui Live Chat Lazada. Fitur ini melayani 24 jam, jadi Sobat MEA bisa mengajukan komplain kapan saja. Berikut cara komplain di Lazada melalui live chat:
- Buka aplikasi Lazada kemudian klik menu profil.
- Klik menu ‘Chat dengan CS’.
- Sobat MEA akan diarahkan ke halaman chat dengan CS.
- Ada 3 permasalahan yang bisa Sobat MEA pilih, yaitu (1) Status Pesanan, (2) Pembatalan Pesanan, dan (3) Status Pengembalian Barang & Dana.
- Sobat MEA bisa pilih dan klik salah satu sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
- Tunggu beberapa saat dan CS akan menanggapi komplain Sobat MEA.
2. Cara Komplain di Lazada Melalui Email
Selain melalui chat langsung, Sobat MEA juga bisa melakukan pengaduan Lazada melalui email dengan mengirimkan ke alamat email Lazada yaitu support@lazada.co.id. Sobat MEA bisa menuliskan permasalahan yang dihadapi, nomor resi paket, dan informasi yang dibutuhkan lainnya. Sobat MEA juga bisa melampirkan foto dan video produk di body email sebagai bukti penguat komplain.
3. Cara Komplain di Lazada via Call Center
Cara komplain Lazada yang ketiga adalah melalui Call Center ke nomor (021) 80640090. nGGAK seperti Live Chat yang melayani 24 jam, Sobat MEA hanya bisa menghubungi Call Center di jam kerja saja, yaitu di hari Senin-Minggu pada pukul 09.00-17.00 WIB.
Pastikan Sobat MEA memiliki pulsa karena dengan menggunakan layanan ini, Sobat MEA akan dikenakan biaya pulsa. Meski berbayar, keunggulan dari cara ini adalah Sobat MEA akan langsung terhubung dengan CS Lazada tanpa harus menunggu. Walhasil, permasalahan dan komplain bisa langsung teratasi.
4. Cara Komplain di Lazada Lewa Sosial Media
Semakin banyak aplikasi marketplace yang aktif di sosial media untuk berinteraksi dengan pengguna secara langsung. Karena itu, Sobat MEA bisa menggunakan kesempatan ini sebagai salah satu jwaban dalam bagaimana cara komplain ke pihak Lazada. Berikut daftar sosial media dari Lazada yang bisa Sobat MEA hubungi:
- Instagram: @lazada_id
- Facebook: LazadaIndonesia
- Twitter: @LazadaID atau @lazadacare_id
Cara Komplain Barang Tidak Sesuai di Lazada
Cara komplain barang tidak sesuai di Lazada bisa Sobat MEA lakukan dengan 4 cara yang sudah kami jelaskan di atas. Saat mengajukan komplain, pastikan Sobat MEA juga menyertakan buktinya. Cantumkan screenshot atau bukti pesanan pada aplikasi. Jangan lupa juga untuk mengirimka video unboxing produk yang jelas dari awal hingga akhir. Kemudian jangan lupa juga untuk merekam atau melampirkan foto produk yang diterima.
Dengan mencantumkan semua bukti di atas, maka pihak Lazada juga akan langsung mengetahui letak masalahnya. Sehingga cara komplain ke Lazada yang Sobat MEA lakukan akan lebih mudah dan cepat untuk diproses.
Cara Komplain Barang Kurang di Lazada
Berdasarkan website resmi Lazada, cara komplain barang kurang di Lazada bisa Sobat MEA lakukan dengan meminta retur produk langsung. Namun perlu diingat bahwa cara komplain Lazada pada masalah ini hanya bisa Sobat MEA lakukan jika produknya adalah produk impor, MP lokal, atau produk asli Lazada. Garansinya sendiri selama 7-15 hari setelah produk diterima.
Setelah memenuhi syarat di atas, Sobat MEA bisa langsung melakukan cara komplain barang kurang di Lazada dengan langkah-langkah berikut ini:
- Buka aplikasi Lazada, lalu pilih menu Akun.
- Pilih barang yang ingin Sobat MEA kembalikan pada menu Pesanan Saya, lalu klik Lihat Semua Pesanan.
- Pastikan produk yang ingin dikembalikan sudah berstatus pesanan diterima.
- Klik Ajukan Pengembalian, lalu pilih Pengembalian Barang dan Jasa.
- Lanjutkan dengan mengisi Alasan Pengembalian Barang sesuai dengan masalah yang Sobat MEA hadapi.
- Pilih Metode Pengembalian Barang yang ingin digunakan.
- Isikan juga Jumlah Pengembalian Dana sesuai dengan harga produk yang Sobat MEA bayarkan.
- Jika sudah, klik Konfirmasi.
- Pada kolom komentar, Sobat MEA bisa menjelaskan lagi mengenai masalah yang dihadapi serta cantumkan foto yang valid sebagai bukti.
- Klik Kirim.
Nah itulah beberapa hal penting yang wajib Sobat MEA ketahui tentang proses komplain sampai 4 cara komplain di Lazada agar masalah dapat segera teratasi. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang mencari cara komplain di Lazada ya!