Belanja online telah menjadi hal yang sangat umum di era digital saat ini. Lazada sendiri menjadi salah satu platform marketplace terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Setelah berbelanja melalui platform ini, langkah penting selanjutnya adalah melakukan cara melacak pesanan di Lazada untuk mengetahui status pengiriman dan perkiraan waktu tiba barang yang dipesan. Tapi, bagaimana cara melacak pesanan di Lazada? Tenang, MiMe akan berikan uraiannya di bawah ini.
Cara melacak pesanan Lazada perlu dilakukan oleh Sobat MEA yang suka berbelanja di Lazada. Tujuannya adalah untuk mengetahui posisi dan status paket yang telah dikirimkan.
Table of Contents
Lazada sendiri bekerja sama dengan banyak jada ekspedisi untuk pengiriman barang yang Sobat MEA pesan, seperti JNE Express, J&T Express, TIKI, Pos Indonesia, ESL Express, NCS, NEX Logistics, RPX, First Logistics, Go-Send, Dianta, Pandu Logistics, Dakota Cargo, J-Express, dan kurir internal yaitu Lazada Express.
Cara melacak pesanan di Lazada pun sangat mudah. Bahkan apapun jasa kirim yang di gunakan, Sobat MEA bisa melakukan pengecekan status pesanan baik melalui aplikasi maupun situs web resmi Lazada sendiri. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.
Cara Melacak Pesanan di Lazada
Melakukan cara melacak pesanan di Lazada sangat mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan cara lacak paket Lazada, Sobat MEA tidak hanya mengetahui lokasi paket saat ini. Namun juga bisa memastikan kapan paket akan diantarkan ke alamat tujuan.
Mengetahui cara melacak keberadaan barang di Lazada ini akan sangat berguna terutama jika Sobat MEA adalah jenis orang yang sering bepergian atau jarang di rumah. Biasanya, paket yang tidak kita terima akan dititipkan ke tetangga atau orang sekitar. Namun hal inilah yang membuat barang Sobat MEA menjadi kurang aman karena Sobat MEA juga belum tentu mengenal tetangga dengan baik.
Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti paket tidak segera sampail tertukar, atau bahkan hilang, Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara melacak pesanan di Lazada yang akan kami bagikan caranya di bawah ini.
Cara melacak pesanan di Lazada bisa Sobat MEA lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini:
1. Login ke Akun Lazada
Langkah pertama untuk melacak pesanan di Lazada adalah dengan login ke akun Sobat MEA. Buka aplikasi Lazada atau situs web Lazada di perangkat yang digunakan, kemudian masuk ke akun dengan menggunakan email dan kata sandi yang terdaftar.
2. Masuk ke Halaman Pesanan
Setelah berhasil login, cari dan klik pada ikon akun pengguna atau nama pengguna di pojok kanan atas halaman. Dari menu dropdown, pilih Pesanan Saya atau My Orders untuk masuk ke halaman pesanan Sobat MEA.
3. Temukan Pesanan yang Ingin Dilacak
Di halaman pesanan, Sobat MEA akan melihat daftar pesanan yang telah dibuat sebelumnya. Temukan pesanan yang ingin Sobat MEA lacak dari daftar pesanan. Sobat MEA dapat menggunakan fitur pencarian atau menggulir ke bawah untuk menemukan pesanan yang tepat.
4. Klik Detail Pesanan
Cara melacak pesanan di Lazada berikutnya bisa Sobat MEA lanjutkan dengan klik pada nama atau nomor pesanan tersebut untuk melihat detail pesanan. Biasanya, nomor pesanan terletak di bagian atas detail pesanan atau di email konfirmasi pesanan yang diterima setelah melakukan pembelian.
5. Periksa Status Pesanan
Di halaman detail pesanan, Sobat MEA akan melihat informasi tentang status pesanan, seperti apakah pesanan sudah dikonfirmasi, sedang dalam proses pengemasan, dalam proses pengiriman, atau telah diterima. Status pesanan dapat berbeda-beda tergantung pada tahap pengiriman barang tersebut. Sobat MEA juga akan melihat estimasi waktu tiba barang yang tertera di halaman ini.
6. Lacak Pesanan dengan Nomor Resi
Jika pesanan sudah dikirim dan Sobat MEA ingin melacak pengiriman barang secara real-time, Sobat MEA dapat menggunakan nomor resi yang Lazada berikan. Nomor resi biasanya dapat ditemukan di halaman detail pesanan atau dalam email konfirmasi pengiriman yang dikirimkan oleh Lazada atau pihak ekspedisi yang digunakan.
Cara Cek Pesanan di Lazada
Sobat MEA juga bisa melakukan cara melacak pesanan di Lazada dengan 2 cara lain, yaitu melalui web dan Help Center Lazada yang akan kami jelaskan di bawah ini:
1. Gunakan Fitur Lacak Pesanan di Situs Web Ekspedisi
Sobat MEA juga dapat melakukan cara melacak pesanan di Lazada dengan menggunakan fitur lacak pesanan yang disediakan oleh situs web ekspedisi yang digunakan untuk mengirimkan barang. Misalnya, jika barang Sobat MEA dikirimkan melalui jasa pengiriman seperti JNE, J&T, atau POS Indonesia, Sobat MEA dapat mengunjungi situs web ekspedisi tersebut dan memasukkan nomor resi yang diberikan oleh Lazada untuk melacak pesanan.
2. Hubungi Layanan Pelanggan Lazada
Jika Sobat MEA mengalami kesulitan dalam melacak pesanan atau memiliki pertanyaan lain terkait pesanan, Sobat MEA dapat menghubungi Help Center atau Pusat Bantuan Lazada. Di sini, Sobat MEA akan diminta untuk mengisi webform yang ada di halaman tersebut. Lalu tim support Lazada akan segera menghubungi Sobat MEA pada hari kerja.
Selain itu, Sobat MEA juga bisa menghubungi Lazada melalui layanan live chat yang tersedia di halaman Pusat Bantuan pada jam operasional pada pukul 09.00-22.00 WIB.
Demikian penjelasan mengenai cara melacak pesanan di Lazada. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat MEA memantau perkembangan bisnis atau proses pesanan. Sehingga penjual maupun pembeli tidak ada yang merasa dirugikan. Semoga bermanfaat!