6 Cara Membangun Hubungan dengan Pelanggan Agar Lebih Loyal

by Viki
cara membangun hubungan dengan pelanggan

Sobat MEA tentu telah memahami bahwa seseorang yang bekerja di bidang pelayanan wajib memberikan yang terbaik agar pelanggan atau calon pelanggan merasa puas. Di sinilah peran sales diperlukan. Jika Sobat MEA seorang sales, Sobat MEA memahami cara membangun hubungan dengan pelanggan adalah hal yang wajib untuk dikuasai. 

Jika hubungan antara perusahaan dan customer terjalin dengan rapi, tentu saja akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Kembali lagi, memang apa saja hal yang harus dilakukan untuk membangun hubungan dengan pelanggan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Mengenal Hubungan dengan Pelanggan dalam Bisnis

Ingin Lebih Gampang dapat Pelanggan Loyal?

Yuk, kupas tuntas rahasia lebih dekat dengan pelanggan dan lebih cuan dengan gabung komunitas belajar jualan online MEA bersama seller berpengalaman!

Dalam bisnis, membangun serta mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan kata lain, kegiatan ini juga disebut dengan CRM atau Customer Service Management di mana menjadi upaya untuk menciptakan loyalitas agar pelanggan melakukan repeat order dan tidak berpindah ke kompetitor. 

Cara membangun hubungan dengan pelanggan ini dapat Sobat MEA mulai dengan memberikan informasi yang lebih lengkap kepada konsumen. Hal ini juga dapat membantumu membangun komunikasi yang lebih baik. Bahkan Sobat MEA juga dapat mengetahui permasalahan konsumen serta cara memperbaikinya. Hal ini bisa menjadi gerbang menuju bisnis yang lebih sukses. 

4 Manfaat Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Mau broadcast kontak pelanggan di WhatsApp secara otomatis?

Saatnya pebisnis online gunakan tools pintar untuk broadcast WhatsApp "Sebari"

Ada banyak dampak positif setelah Sobat MEA membangun hubungan baik dengan pelanggan. Bagi pebisnis, berikut beberapa manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan:

1. Menciptakan Kepuasan Pelanggan

Dengan hubungan yang baik, Sobat MEA pun dapat memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan, termasuk untuk keluhan yang sedang mereka alami. Dengan begitu, ini akan menciptakan kepuasan pelanggan dan Sobat MEA berpeluang besar untuk mendapatkan hati mereka melalui pembelian ulang dari mereka. 

2. Meningkatkan Penjualan

Jika pelanggan merasa puas, pelanggan akan loyal kepada bisnismu. Bahkan mereka juga akan bersedia untuk merekomendasikan bisnis kepada orang-orang terdekatnya. Hal inilah yang akan mendatangkan pelanggan baru. Semakin banyak pelanggan yang datang dan loyal, semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan penjualan bisnis

3. Mengefisiensi Biaya

Dilansir dari Invesp, mencari pelanggan baru dapat menghabiskan biaya lima kali lipat lebih besar daripada mempertahankan pelanggan lama. Itulah mengapa Sobat MEA perlu loyalitas pelanggan yang merekomendasikan bisnis kepada orang lain dan mendatangkan pelanggan baru yang lebih mudah. 

Ini tentu menjadi cara promosi yang efektif dan efisien bagi bisnis. Di sisi lain, Sobat MEA juga dapat menekan biaya yang lebih minim. 

4. Mendapatkan Lebih Banyak Peluang

Melalui hubungan yang baik, Sobat MEA akan lebih mudah mengumpulkan data pelanggan yang akan membantumu dalam melakukan riset tren, demografi pelanggan, dan lainnya. Tentunya ini dapat dioptimalkan menjadi peluang baru dalam bisnis. Selain itu, Sobat MEA juga bisa mendapatkan masukan dari pelanggan untuk dijadikan ide baru atau strategi pemasaran lain. 

Cara Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Dalam hal ini, tentunya tidak bisa sembarangan dilakukan. Ada 6 cara membangun hubungan dengan pelanggan yang dianggap paling efektif. Nah berikut ini langkah-langkah dasar yang mesti Sobat MEA kuasai dan lakukan saat berkomunikasi dengan pelanggan:

1. Bersikap Sopan dan Ramah

Salah satu kunci hubungan yang baik adalah bersikap ramah. Maka Sobat MEA perlu menyapa pelanggan dan selalu bersikap sopan. Tunjukkan empati kepada pelanggan meskipun mereka sedang komplain. Sobat MEA perlu menjadi proaktif selama berkomunikasi dengan pelanggan. Ketahui kebutuhan dan tawarkan solusi bahkan sebelum mereka bertanya.

2. Berikan Respon yang Cepat Tanggap

Perlu diingat, tidak semua pelanggan memiliki banyak waktu untuk menunggu respons darimu. Maka penting untuk menjadi penjual yang cepat dalam merespons pertanyaan. Usahakan untuk membalas panggilan telepon dan pesan mereka maksimal 1 x 24 jam. Pastikan menjawab pertanyaan dengan ramah dan sopan.

4. Buatlah Pesan yang Lebih Personal

Pelanggan tentunya akan lebih senang jika lebih dekat dengan penjualnya. Maka berikan pesan khusus yang lebih personal layaknya teman akrab. Jangan hanya menggunakan pesan template. Manfaatkan juga media sosial sebagai toko online yang dijalankan semaksimal mungkin. Bangun kedekatan dengan pelanggan dan pengikut media sosial lainnya agar terasa lebih personal.

5. Memahami Product Knowledege dengan Baik

Untuk dapat menjawab pertanyaan pelanggan, Sobat MEA tentu wajib memahami product knowledge yang baik. Jangan sampai memberikan informasi yang salah. Kenali dan pahami setiap aspek dari produk atau jasa yang dijual. Jelaskan juga kegunaan serta keunggulan yang akan mereka dapatkan semenarik mungkin. 

6. Mintalah Feedback Kepada Pelanggan

Terakhir, cara membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan yaitu meminta feedback atas pembelian yang mereka lakukan di tokomu. Hal ini efektif untuk membuat pelanggan merasa dihargai. Untuk hal ini, Sobat MEA dapat menggunakan kuesioner atau formulir untuk mengumpulkan feedback dari mereka sebagai bahan evaluasi. 

Demikian adalah 6 cara membangun hubungan dengan pelanggan yang perlu Sobat MEA lakukan sebagai pebisnis. Bacalah setiap pesan yang mereka berikan untuk memahami apa yang dibutuhkan. Pastikan Sobat MEA memperlakukan pelanggan dengan baik untuk memaksimalkan bisnismu. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment