Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Sobat MEA pasti pernah berjualan atau membeli sebuah barang secara online lewat Tokopedia. Sobat MEA pasti sudah mengerti dan paham cara checkout di Tokopedia. Namun, apakah Sobat MEA tahu cara membatalkan pesanan di Tokopedia?
Saat berbelanja, Sobat MEA pasti pernah mengalami beberapa hal dan ingin mengurungkan niat untuk berbelanja namun Sobat MEA sudah kadung memesan barang tersebut. Satu detik kemudian, Sobat MEA ingin membatalkan pesanan. Apakah kita bisa membatalkan produk yang sudah kita pesan?
Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia
Tokopedia sendiri merupakan marketplace yang mengutamakan pengalaman berbelanja para pelanggannya. Karena itu, pesanan yang salah bisa langsung Sobat MEA batalkan. Yup, Tokopedia menyediakan fitur ini. Enak banget kan?
Menurut sumber, ada beberapa cara membatalkan pesanan di Tokopedia. 2 cara tersebut pada dasarnya sama, hanya platformnya saja berbeda. Pertama Sobat MEA bisa membatalkan via browser komputer atau membatalkan lewat aplikasi Tokopedia yang terinstall di hp masing-masing. Nah untuk lebih lengkapnya, Sobat MEA bisa simak di bawah ini!
Membatalkan Pesanan Lewat Browser
Pertama, kita akan membahas bagaimana cara membatalkan pesanan lewat browser desktop. Cara ini lumayan sederhana dan cepat. Sobat MEA hanya perlu koneksi internet yang stabil dan satu buah komputer atau laptop. Berikut ini langkah-langkahnya;
- Pertama, buka website Tokopedia dan login menggunakan akun kamu
- Setelah masuk, klim simbol pesan pada bagian atas halaman utama Tokopedia
- Jika sudah klik bagian Status Pemesanan
- Selanjutnya, ketuk Ajukan Pembatalan pada invoice yang ingin Sobat MEA batalkan
- Setelah itu akan muncul sebuah pop-up Pengajuan Pembatalan Pesanan. Silahkan isi alasan Sobat MEA membatalkan pesanan
- Setelah selesai mengisi, klik Ajukan
- Selesai. Pengajuan pesanan akan penjual kirimkan dan merespon maksimal 2×24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi.
Membatalkan Pesanan via Aplikasi HP
Selain lewat komputer atau laptop, Sobat MEA bisa membatalkan pesanan lewat aplikasi yang terinstall lewat smartphone Sobat MEA. Berikut ini adalah langkah selengkapnya;
- Buka aplikasi Tokopedia dan login menggunakan akunmu
- Jika sudah login,klik tombol menu garis tiga pada bagian kiri atas
- Klik bagian Pembelian lalu pilih Status Pemesanan
- Selanjutnya klik Ajukan Pembatalan pada invoice yang Sobat MEA ingin batalkan
- Setelah itu, akan muncul sebuah pop-up Pengajuan Pembatalan Pesanan.
- Sobat MEA isi alasan kenapa ingin membatalkan pesanan
- Setelah selesai, klik Ajukan
- Selesai. Pengajuan pembatalan akan penjual kirimkan dan memberikan respon maksimal 2×24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi.
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membatalkan Pesanan
Sekarang, Sobat MEA sudah tahu cara untuk membatalkan pesanan Tokopedia. Namun, perlu Sobat MEA catat beberapa hal sebelum membatalkan pesanan. Berikut ini selengkapnya;
- Tombol Ajukan Pembatalan baru akan muncul 6 jam setelah pembayaran Sobat MEA terverifikasi dan pesanan diajukan pada penjual
- Tombol Ajukan Pembatalan akan hilang kalau Sobat MEA pernah mengajukan atau pesanan sudah penjual proses
- Penjual berhak menolak pembatalan pesanan karena alasan tertentu. Misalnya, produk sudah terlanjur supplier pesan dan lain sebagainya.
Nah itu 2 cara membatalkan pesanan di Tokopedia. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang mungkin sedang bermasalah dan ingin membatalkan pesanan.
2 comments
[…] bisa mengubah ulasan pesanan sebanyak 2 kali dalam waktu 30 hari. Sobat MEA juga bisa mengubah ulasan lewat aplikasi Tokopedia. […]
[…] Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia. Emang Bisa ya? […]