Cara Mengajukan Pengembalian Dana di TikTok Shop. Mudah!

by Fanny
Cara Mengajukan Pengembalian Dana di TikTok Shop

TikTok Shop menjadi salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena menawarkan berbagai macam promo menarik seperti gratis ongkir, diskon, cashback, dan penawaran menarik lainnya. Metode pembayarannya pun mudah dan cepat karena terhubung dengan berbagai dompet digital. Namun, tidak sedikit juga konsumen yang mencari cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop karena berbagai macam alasan. Lalu, apakah proses pengembalian dana ini bisa dilakukan seperti ketika kita berbelanja di marketplace lain?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan syarat hingga cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah, sehingga hal ini tidak akan merugikan baik penjual maupun pembeli. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Syarat Pengembalian Dana di TikTok Shop

Mau jualan di TikTok Shop makin cuan?
Gabung ke komunitas yang dipandu oleh pebisnis online berpengalaman di sini sekarang. GRATIS!

Cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop dilakukan oleh konsumen karena beberapa alasan, diantaranya adalah:

  • Produk yang dikirimkan tidak sesuai dengan yang dipesan.
  • Adanya kerusakan atau kecacatan produk.
  • Salah memesan produk.
  • Salah memilih ukuran atau variasi produk.
  • Menemukan produk di toko lain yang harganya lebih mudah.
  • Sudah tidak membutuhkan produk yang ingin dibeli.
  • Ingin menggunakan uangnya untuk membeli barang lain.
  • Berubah pikiran.

Meskipun cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop bisa dilakukan dengan sangat mudah, namun perlu diingat bahwa Sobat MEA harus memenuhi beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Sobat MEA bisa mengajukan pengembalian dana baik setelah produk diterima maupun sebelum produk dikirimkan.

1. Syarat Pengembalian Dana Sebelum Produk Dikirimkan

Cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop bisa Sobat MEA lakukan sebelum produk dikirimkan. Berikut adalah syarat-syaratnya:

Kesulitan urus konten TikTok sendiri?
Tenang aja, ada Tim MEA yang siap membantu kelola konten hingga TikTok Shop kamu!
  • Pesanan akan dibatalkan secara otomatis jika pembeli tidak melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang sudah ditentukan oleh penjual maupun platform.
  • Penjual juga bisa melakukan pembatalan pesanan jika status pesanan belum berubah menjadi “Dikirim”. Hal ini biasanya terjadi jika stok barangnya sudah habis atau ada kerusakan pada produk, sehingga penjual terpaksa membatalkan pesanan.
  • Setelah melakukan pembayaran, pembeli bisa membatalkan pesanan jika status pesanan belum berubah menjadi “Sedang Dipersiapkan – Menunggu Pengambilan.”
  • Penjual harus menyetujui permintaan pembatalan dari pembeli maksimal 48 jam setelah pembeli mengajukan pembatalan.
  • Pembeli bisa membatalkan pesanan tanpa persetujuan penjual jika pengirimannya dilakukan oleh penjual dan melakukan pembatalan setidaknya 1 jam setelah melakukan pemesanan produk.
  • Pembatalan juga bisa dilakukan tanpa persetujuan penjual jika pengirimannya dilakukan oleh TikTok.
  • Jika pembeli sudah melakukan pembayaran dan pesanan masih berstatus “Menunggu” lebih dari 5 hari, maka pembeli bisa mengajukan pembatalan dengan alasan “Pengiriman Terlambat”.

2. Syarat Pengembalian Dana Setelah Produk Diterima

Ada kalanya, kita menerima produk yang tidak sesuai dengan deskripsi, pesanan kurang, kerusakan produk, atau masalah lainnya yang baru terlihat kita menerima produk. Sobat MEA juga bisa mengajukan pengembalian barang dan dana sekaligus dengan memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

  • Produk yang dikirim tidak sesuai dengan yang ada di etalase toko.
  • Produk yang dikirimkan salah/bukan produk yang diinginkan.
  • Kondisi produk yang diterima tidak lengkap, ada kerusakan, kecacatan, atau masalah lainnya yang tidak dapat diterima oleh pembeli.
  • Penjual menyerahkan barang ke jasa ekspedisi melebihi tenggat waktu.
  • Jika produk sudah diterima selama 6 hari sejak paket sampai namun pembeli ingin melakukan cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop, maka pembeli bisa menghubungi penjual maupun pihak TikTok secara langsung.
  • Penjual harus menangani semua pengajuan pengembalian dana dan produk dari pembeli dalam waktu kurang dari 48 jam. Jika tidak ada konfirmasi, maka pengajukan pengembalian akan disetujui secara otomatis.
  • Penjual tidak bisa menolak pengajuan pembelian tanpa ada alasan yang jelas dan kuat.
  • Jika penjual menolak pengembalian dana dan produk, maka pembeli bisa melakukan cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop lagi dalam jangka waktu 48 jam sejak ajuan ditolak. Melebihi waktu itu, permintaan pengembalian dana dan produk akan ditutup oleh pihak TikTok.
  • Pada proses pengajuan pengembalian, pembeli harus mengunggah detail informasi produk yang diterima. Jika dalam 8 hari penjual tidak melakukan apapun, maka permintaan pengembalian akan disetujui secara otomatis. Namun jika penjual melakukan “Perpanjang Penerimaan”, maka permintaan pengembalian akan diperpanjang selama 4 hari secara otomatis.

Perlu diingat bahwa ketika konsumen sudah menerima produk dan mengajukan pengembalian dana, penjual juga bisa memutuskan untuk tidak menerima pengembalian produk. Dalam artian produk tetap disimpan oleh konsumen, namun penjual bertanggung jawab dalam mengembalikan dana. Tentunya hal ini akan menimbulkan resiko kerugian untuk penjual, namun semua kembali lagi terhadap keputusan yang diambil oleh penjual.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di TikTok Shop

cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop

Cukup mudah bukan syarat pengajuan pengembalian dana baik sebelum maupun sesudah barang diterima? Selanjutnya, kami akan membagikan bagaimana cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke Profil akun dengan klik ikon di sebelah kanan bawah.
  • Lanjutkan cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop dengan klik tiga garis di sebelah kanan atas. Pilih menu Settings and Privacy.
  • Klik Orders, lalu klik View All untuk menampilkan semua pesanan Sobat MEA di halaman Your Orders.
  • Pilih barang yang ingin Sobat MEA ajukan pengembalian dana.
  • Klik Request Refund.
  • Lanjutkan dengan mengisikan data rekening atau dompet digital secara lengkap yang ingin Sobat MEA gunakan untuk proses pengembalian dana.
  • Klik Confirm untuk melanjutkan cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop.
  • Tunggu hingga pengajuan disetujui oleh penjual dan Sobat MEA akan mendapatkan notifikasi jika dana sudah berhasil masuk ke rekening bank atau dompet digital.

Jika produk sudah diterima, Sobat MEA juga bisa melakukan langkah-langkah di atas namun Sobat MEA juga perlu mengembalikan barang ke penjual. Untuk itu pastikan Sobat MEA sudah mengemas produk dengan baik dan aman, jangan sampai ada komponen atau barang yang tertinggal, kemudian lakukan cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok kemudian masuk ke Profil akun dengan klik ikon di sebelah kanan bawah.
  • Klik tiga garis di sebelah kanan atas. Pilih menu Settings and Privacy.
  • Klik Orders, lalu klik View All .
  • Pilih barang yang ingin Sobat MEA ajukan refund.
  • Klik Request Refund.
  • Kirimkan barang ke penjual lengkap dengan resinya.
  • Pilih cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop dengan metode Refund.
  • Isikan data lengkap mengenai rekening bank dan alamat email yang digunakan. Lanjutkan dengan klik Confirm.
  • Selesaikan tahapan dengan klik Confirm for Withdraw.
  • Tunggu hingga barang sudah diterima oleh penjual, kemudian pembeli akan mendapatkan konfirmasi mengenai pengembalian dana.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai syarat hingga 2 cara mengajukan pengembalian dana di TikTok Shop yang belum dikirim dan sudah diterima. Semoga ulasan ini membantu dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment