141
Dalam bisnis, perjalanan tidak selalu mulus. Selalu ada kegagalan dan penolakan yang terjadi. Dan ini merupakan hal yang lumrah dalam berbisnis. Tidak penting seberapa banyak Sobat MEA mendapatkan penolakan dalam berjualan, bisnis wajib untuk terus berjalan ke depan. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menemukan bagaimana cara mengatasi penolakan dalam penjualan.
Cara Sobat MEA menghadapi penolakan dapat menentukan masa depan bisnis. Ingat, apa yang kita lakukan sangat berpengaruh pada kesan dan pengalaman pelanggan. Jika Sobat MEA menghadapinya dengan baik, Sobat MEA tetap bisa menjaga hubungan dengan pelanggan dan membuka peluang besar lainnya di masa depan. Sebaliknya, jika cara kita buruk, maka nggak akan ada hubungan baik yang bakal tercipta.
Menurut laman LeadFuze, ada banyak alasan mengapa pelanggan menolak tawaran penjualan. Bisa karena harga yang terlalu tinggi, produk yang tidak sesuai kebutuhan, atau mereka sudah memiliki produk yang serupa dari kompetitor.
Jika Sobat MEA mendapatkan penolakan, jangan langsung putus asa. Sebab ada beberapa hal penting lain yang kemudian perlu dilakukan tepat setelah Sobat MEA mendapatkan penolakan. Nah berikut ini adalah hal-hal yang bisa Sobat MEA lakukan:
Hal pertama yang perlu Sobat MEA lakukan saat ditolak adalah menerima penolakan dengan positif dan lapang dada. Ingatlah bahwa penolakan merupakan bagian dari proses bisnis. Jangan marah, kesal maupun tersinggung. Cobalah untuk menerima penolakan dan tetap berbicara secara positif pada calon pembeli.
Sobat MEA juga bisa menanyakan alasan pelanggan menolak tawaran. Apapun jawabannya, ini dapat menjadi masukan untuk meningkatkan penjualan di masa depan. Hal ini sangat penting sebab ini merupakan bagian dari sebuah selling skill. Nggak ada yang lebih penting dari mendapatkan masukan langsung dari seorang pembeli. Setuju?
Ketika pelanggan menolak penawaranmu, jangan memaksa mereka untuk berubah pikiran. Mereka dapat merasa tidak nyaman dan tidak dihargai. Ada baiknya, Sobat MEA sampaikan pesan yang tetap menghargai keputusan pelanggan.
Sobat MEA bisa menawarkan produk atau jasa pada momen yang lebih tepat di lain waktu. Yang penting, Sobat MEA sudah menawarkan maupun memperkenalkan produk pada calon pembeli.
Meskipun Sobat MEA ditolak, jangan sampai memutuskan tali silaturahmi dengan pelanggan tersebut. Sobat MEA tetap harus menjaga hubungan baik dengan mereka. Ini akan membantu Sobat MEA dalam meningkatkan kepercayaan bisnis. Singkatnya, Sobat MEA harus bisa membedakan antara bisnis dan intensi personal. Jadi, Sobat MEA nggak boleh baper ya!
Jika mendapatkan penolakan dari calon pembeli atau pelanggan, Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara mengatasi penolakan dalam penjualan.Berikut langkah-langkah yang bisa langsung Sobat MEA praktekan:
Jika Sobat MEA mendapatkan penolakan, tetaplah tenang. Jangan tersulut emosi hanya karena pelanggan yang sulit dibujuk. Dengan bersikap tenang, Sobat MEA akan lebih mudah untuk berpikir secara jernih dan mengambil strategi atau teknik closing lain agar peluang penjualan semakin tinggi.
Cobalah untuk mencari tahu alasan penolakan calon pembeli dan memahaminya baik-baik. Ini dapat membantu Sobat MEA untuk mencari solusi yang tepat dan juga membuat strategi yang lebih baik di masa mendatang. Sobat MEA bisa menggalinya dengan bertanya secara langsung.
Jika Sobat MEA ditolak karena alasan harga, cobalah untuk menawarkan diskon atau penawaran menarik lainnya. Selain itu, Sobat MEA juga dapat menawarkan produk atau jasa tambahan yang dapat meningkatkan nilai penawaranmu.
Jika tawaran ditolak karena alasan lain, Sobat MEA dapat memberikan solusi alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan calon pembeli. Misalnya Sobat MEA bisa menawarkan produk atau jasa yang berbeda, atau membantu mereka untuk menemukan solusi yang sesuai. Karena itulah, penting bagi Sobat MEA memiliki lebih dari 1 jenis produk atau layanan jika ingin bisnis semakin berkembang.
Demikian beberapa cara mengatasi penolakan dalam penjualan yang bisa Sobat MEA coba. Jika penolakan sudah menjadi hal yang lumrah dalam bisnis, dengan langkah-langkah di atas, setidaknya Sobat MEA dapat meminimalisir penolakan yang didapat.
Selain itu, cara-cara di atas juga dapat membantumu untuk mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan hingga mendatangkan peluang yang menguntungkan bagi bisnis. Oleh karenanya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
+6282117932648
Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184
Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184
Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat