Cara Menghubungi Penjual di Shopee Ketika Pesanan Gak Puas

by Viki
cara menghubungi penjual di shopee

Dalam transaksi jual beli, tidak semuanya dapat berjalan mulus. Sekalipun Sobat MEA melakukannya di Shopee yang merupakan e-commerce terpercaya. Terkadang ada saja kendala pembelian produk ataupun pertanyaan yang perlu diajukan kepada penjual. Tapi bagaimana cara menghubungi penjual di Shopee?

Shopee sendiri merupakan platform belanja online yang populer sejak tahun 2015. Shopee kerap memberikan promo atau diskon kepada penggunanya. Tidak heran jika semakin banyak yang menggunakan Shopee untuk berjualan maupun berbelanja. 

Bahkan Shopee pun menyediakan kemudahan bagi penggunanya untuk saling terhubung. Termasuk pembeli yang ingin mengajukan pertanyaan hingga komplain tentang produk yang dibelinya kepada penjual. Artikel ini akan membagikan panduan mengenai cara menghubungi penjual di Shopee dengan mudah. Simak ya!

Table of Contents

Cara Menghubungi Penjual di Shopee

Mau jadi Shopee partner dengan omzet tinggi?
Yuk gabung MCN Shopee MEA dan dapatkan berbagai keuntungan melimpah~

Melansir laman Shopee Seller Center, Fitur Chat Penjual adalah fitur chat yang memungkinkan penjual untuk memberikan pelayanan ke Pembeli baik sebelum dan setelah penjualan. Melalui fitur ini, baik penjual maupun pembeli dapat menggunakannya untuk berinteraksi tentang pesanan yang telah dibuat.  

Setiap pengguna dapat mengakses fitur Chat Penjual melalui aplikasi Shopee, portal Fitur Chat Penjual, dan Seller Centre. Sedangkan untuk cara menghubungi penjual di Shopee bagi pembeli, ada 4 tutorial yang bisa dilakukan. Check this out~

1. Halaman Toko

Pertama, Sobat MEA bisa memasuki halaman toko untuk chat penjual di aplikasi Shopee. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee di HP. 
  • Pergi ke kolom pencarian yang ada di beranda utama Shopee. 
  • Masukkan nama toko penjual yang ingin dihubungi. Misalnya, “HijabSyariOfficial”. 
  • Sobat MEA akan diarahkan ke halaman toko. Kemudian klik Chat untuk mulai menghubungi penjual. 
  • Selesai! Sobat MEA dapat mengirimkan pesan kepada penjual mengenai barang atau pesananmu.

2. Ikon Chat

Sobat MEA juga bisa langsung menghubungi penjual melalui ikon Chat. Ini dibilang lebih praktis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee di HP. 
  • Pilih ikon Chat yang ada di bagian atas kanan layar. 
  • Pergi ke kolom pencarian dan cari nama toko penjual yang dituju, atau scroll ke bawah hingga menemukan penjual tersebut.
  • Tuliskan pesan kepada penjual mengenai barang atau pesanan
  • Selesai! Tunggu hingga penjual merespon pesanmu. 
Mau tahu rahasia belanja di Shopee yang cuan?
Yuk cari tahu selengkapnya bareng mentor expert Shopee di komunitas bisnis MEA!

3. Halaman Produk

Ada juga cara menghubungi penjual di Shopee secara langsung pada halaman produk yang diinginkan. Sobat MEA dapat menanyakan seputar warna, variasi, ketersediaan barang, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee di HP.
  • Pilih produk yang ingin ditanyakan.
  • Kemudian pilih ikon Chat di bagian bawah.
  • Tuliskan pesan kepada penjual mengenai barang atau pesananmu.
  • Selesai! Tunggu hingga penjual merespon pesanmu. 

4. Halaman Rincian Pesanan

Ingat, cara ini hanya bisa digunakan jika Sobat MEA telah membuat pesanan di Shopee. Jika sudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee di HP.
  • Pilih menu Saya yang ada di pojok kanan bawah.
  • Kemudian pilih opsi Pesanan Saya, dan klik Belum Bayar, Dikemas, atau Dikirim
  • Silakan pilih produk yang ingin ditanyakan. 
  • Sobat MEA akan diarahkan ke halaman Rincian Pesanan, scroll ke bawah hingga menemukan opsi Hubungi Penjual.
  • Tuliskan pesan kepada penjual mengenai barang atau pesanan.
  • Selesai! Tunggu hingga penjual merespon pesanmu. 

Demikian penjelasan terkait cara menghubungi penjual di Shopee. Hal ini tentunya penting bagi Sobat MEA yang mengalami kendala atas pemesanan yang telah dilakukan serta mengajukan pertanyaaan lain kepada penjual yang terkait. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment