Di era yang serba digital ini, semua aktivitas jual beli dan pemasaran harus dilakukan secara online untuk bisa menjangkau sebanyak mungkin audiens dan meningkatkan penjualan. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan memasang iklan digital yang efektif. Untuk itu, Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara mengukur keberhasilan digital ads.
Ada 7 cara mengukur keberhasilan digital ads yang akan kami bagikan di artikel ini agar Sobat MEA bisa mengetahui hasil iklan dan meningkatkan performa iklan berikutnya dengan mengetahui indikatornya. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!
Table of Contents
Pentingnya Digital Ads Untuk Bisnis
Sebelum membahas cara mengukur keberhasilan digital ads, Sobat MEA perlu mengetahui mengapa memasang iklan secara digital itu diperlukan. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas bahwa saat ini semua serba digital.
Orang-orang lebih sering memegang ponsel mereka untuk melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari berkomunikasi, membaca berita, menonton siaran televisi, melakukan jual beli, dan aktivitas lainnya. Nah, setiap aktivitas digital ini tidak akan luput dari digital ads.
Apapun aplikasi yang digunakan, pasti Sobat MEA akan bertemu dengan iklan, bukan? Inilah salah satu cara untuk menarik perhatian audiens akan keberadaan produk Sobat MEA. Digital ads ini akan membantu Sobat MEA untuk menjangkau seluas mungkin audiens baru agar Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan.
Sobat MEA juga bisa membuat digital ads dengan berbagai jenis bentuk dan menyesuaikan dengan platform yang digunakan. Sobat MEA bisa buat thread di Twitter, story di Instagram dan Facebook, hingga iklan berupa video di YouTube atau TikTok. Semakin banyak platform yang digunakan, maka akan semakin tinggi pula jangkauan iklannya. Inilah mengapa Sobat MEA perlu membuat digital ads untuk perkembangan bisnis.
7 Cara Mengukur Keberhasilan Digital Ads
Setelah memahami pentingnya digital ads di atas, Sobat MEA juga perlu mengetahui 7 cara mengukur keberhasilan digital ads agar Sobat MEA bisa menilai performa dari iklan yang dibuat.
Selain itu, cara ini juga bertujuan agar Sobat MEA bisa menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif efektif di masa depan. Berikut cara mengukur keberhasilan digital ads yang bisa Sobat MEA lakukan:
1. Traffic Website
Iklan digital yang dibuat biasanya akan mengarahkan audiens ke halaman website bisnis Sobat MEA secara langsung. Nah salah satu indikator keberhasilan digital ads adalah dengan meningkatnya kunjungan pada halaman website. Hal ini menunjukkan bahwa digital ads yang dibuat mampu menjangkau audiens dan menarik audiens untuk mengklik iklan tersebut.
2. Lama Kunjungan
Perlu diingat bahwa berapa lama kunjungan audiens ke website Sobat MEA juga penting. Hal ini akan menunjukkan bahwa apakah layout website Sobat MEA sudah baik atau belum. Karena hal yang membuat audiens betah membaca website adalah tampilan dan informasi yang Sobat MEA cantumkan dalam website.
3. Bounce Rate
Masih berhubungan dengan kunjungan pada website, cara mengukur keberhasilan digital ads berikutnya dapat dilihat dari bounce rate-nya. Jadi, bounce rate adalah langkah yang dilakukan selanjutnya oleh audiens ketika membuka website Sobat MEA. Audiens selalu memiliki pilihan untuk menutup wesbite atau lanjut membaca website Sobat MEA. Nah bounce rate ini adalah jumlah audiens yang memilih untuk menutup halaman website Sobat MEA.
Jika bounce rate-nya tinggi, itu artinya halaman website Sobat MEA belum bisa menarik perhatian audiens. Jadi meskipun traffic website meningkat namun bounce rate-nya tinggi, hal ini tentu akan merugikan bisnis Sobat MEA. Selain itu, Google akan menilai bahwa website dengan bounce rate yang tinggi sebagai website spam, sehingga Sobat MEA bisa terkena penalti SEO.
4. Bandingkan Traffic Baru dan Lama
Cara mengukur keberhasilan digital ads berikutnya adalah dengan membandingkan traffic baru dan lama. Jika traffic saat ini lebih tinggi dibandingkan traffic lama, itu artinya iklan digital yang Sobat MEA sudah berhasil.
Namun jika traffic lama yang memiliki hasil lebih bagus dibandingkan dengan traffic baru, maka Sobat MEA bisa melakukan evaluasi dan melihat perbedaan formula iklannya.
5. Sumber Traffic
Kelebihan dari menjalankan iklan digital adalah Sobat MEA bisa mengetahui dari mana audiens menemukan situs bisnis Sobat MEA. Apakah mereka datang dari iklan yang dipasang di sosial media, marketplace, email marketing, atau iklan lainnya. Dengan data ini, Sobat MEA jadi bisa melihat iklan digital mana yang paling berhasil menghasilkan traffic.
6. Peringkat di Halaman Pencarian
Ketika bisnis Sobat MEA muncul di halaman pertama dan baris atas pada mesin pencarian seperti Google, itu artinya Sobat MEA sudah menerapkan SEO yang baik dan menggunakan konten yang sesuai. Hal ini juga bisa terjadi karena Sobat MEA membuat iklan digital yang tepat.
7. Penjualan
Cara mengukur keberhasilan digital ads yang paling mudah dan terlihat secara langsung adalah dari peningkatan penjualan produk. Tentu hal ini didukung dengan keberhasilan konten yang dibuat serta tata kelola website yang optimal dan jelas, sehingga mendorong audiens untuk membeli produk yang Sobat MEA tawarkan.
Sekian pembahasan tentang cara mengukur keberhasilan digital ads yang bisa Sobat MEA ikuti untuk melihat keberhasilan iklan. Semoga bermanfaat!