3 Cara Meningkatkan Brand Exposure Toko Online Paling Efektif dan Cepat!

by fiqhi
cara meningkatkan brand exposure toko online
Cara Meningkatkan Brand Exposure Toko Online Milik Kalian

Branding merupakan salah satu element yang sangat penting yang perlu dilakukan oleh kalian para pemilik usaha bisnis online. Dalam branding, brand exposure adalah salah satu yang penting untuk dikelola. Sebagai pebisnis, Sobat MEA tentu saja harus mengetahui cara meningkatkan brand exposure toko online karena sangat diperlukan bagi kalian yang baru saja merintis usaha kecil milik kalian.

Pada dasarnya, branding merupakan usaha yang dapat kalian lakukan untuk menciptakan karakter atau identitas sebuah merek dan dikenal oleh konsumen nantinya. Makin kuat upaya dan usaha yang Sobat MEA lakukan, makin besar pula kesempatan produk menjadi top of mind bahkan juga menjadi brand dominance di benak konsumen.

Apa Itu Brand Exposure ?

Mau belajar cara ngebangun bisnis online di marketplace dan sosial media?

Yuk gabung Komunitas Bisnis Online MEA sekarang juga

Brand exposure merupakan salah satu cara  yang dapat dilakukan dalam branding. Dalam definisi yang lebih sederhana, brand exposure merupakan kegiatan yang dapat Sobat MEA jalankan untuk bisa mengiklankan produk yang nantinya hendak ditawarkan.

Tujuan dari brand exposure itu tentunya untuk dapat memperkenalkan produk kepada masyarakat umum sehingga terbentuk nya brand awareness. Brand awareness adalah kesadaran masyarakat pada merek atau juga produk yang kalian tawarkan.

4 Tahapan Brand Awareness Produk

Kelas Jago Jualan Online di Shopee dari MEA

Yuk belajar bareng Coach Yohan Agustian cuman di Kelas Shopee MEA!

Adapun beberapa tahapan dalam brand awareness. Nah berikut ini adalah beberapa di antaranya;

  1. Brand Dominance: Konsumen nantinya dapat mengingat satu buah nama merk dalam sebuah kategori produk tertentu. Misalnya menyebut sebuah produk seperti Aqua untuk semua produk air mineral.
  2. Top of Mid Awareness: Konsumen akan langsung bisa mengingat merek Sobat MEA saat diberi atau mendapat trigger lain tentang sebuah kategori produk
  3. Brand Recognition: Konsumen dapat mengenali perbedaan antara produk kalian dengan produk lainnya. Misalnya konsumen dapat menyebut brand dengan melihat kemasan atau logo
  4. Brand Recall: Konsumen dapat mengingat nama dan merek produk milik kalian.

3 Cara Meningkatkan Brand Exposure UMKM

Saatnya bisnis kamu jadi top of mind

Yuk berkolaborasi bareng tim manajemen marketplace MEA!

Pemasaran merupakan cara dan juga upaya yang akan selalu dijalankan oleh setiap pemilik usaha. Bagi pelaku usaha kecil khususnya yang baru memulai, berikut ada 3 cara untuk meningkatkan brand exposure agar UMKM dapat berkembang secara digital. Oke daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

1. Cara Meningkatkan Brand Exposure Toko Online Dengan Media Sosial

Mustahil rasanya zaman sekarang memulai bisnis UMKM dengan target tinggi tanpa memanfaatkan media sosial. Faktanya, merek-merek besar dan ternama juga sudah hadir di berbagai media sosial.

Teknologi ini memungkinkan Sobat MEA menjangkau pasar lebih luas dengan cara lebih praktis. Dibanding menyebar brosur, Sobat MEA akan lebih menghemat biaya, waktu, dan energi dengan melakukan promosi efektif di media sosial. Bahkan Sobat MEA nggak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi di platform sosial media.

Namun tentu saja Sobat MEA harus rajin dalam melakukan promosi di platform digital ini. Pelajari pula beberapa teknik pemasaran yang optimal sesuai masing-masing platform yang dipilih. 

Keberadaan Sobat MEA PADA media sosial juga merupakan satu cara untuk meningkatkan engagement dengan konsumen. Melalui kanal ini, Sobat MEA akan jauh lebih mudah untuk riset produk membuat event yang memang sesuai kelompok konsumen berkomunikasi dengan konsumen hingga menganalisis kompetitor.

2. Cara Meningkatkan Brand Exposure Dengan Mengikuti Event

Cara meningkatkan brand exposure selanjutnya ialah dengan aktif mengikuti berbagai event seperti bazzar. Kegiatan semacam ini umumnya dihadiri oleh banyak orang sehingga ada kesempatan untuk Sobat MEA memperkenalkan produk secara langsung.

Tentunya Sobat MEA juga perlu selektif dalam memilih event. Pilihlah event yang memang sesuai dengan target pasar sehingga tepat sasaran. Jika event memang punya potensi besar, Sobat MEA bahkan bisa menawarkan untuk jadi sponsor acara agar mendapat exposure yang lebih kuat.

3. Cara Meningkatkan Brand Exposure Pakai Jasa Digital Marketing

Cara terakhir yang bisa Sobat MEA coba adalah dengan menggunakan jasa digital marketing. Yup, meski Sobat MEA bisa melakukannya sendiri, namun ada orang yang jauh lebih ahli dalam membangun produk. Atas dasar ini, jasa digital marketing ini menjadi hal yang sangat bermanfaat.

Selain meningkatkan brand exposure, ada banyak manfaat lain yang bisa Sobat MEA dapatkan dari menggunakann jasa optimasi marketplace dan jasa managemen sosial media. Misalnya Sobat MEA bisa jadi lebih fokus mengurus hal yang lain dan menyerahkan bisnis Sobat MEA pada ahlinya. Jasa ini juga bisa membuat produkmu jauh lebih dikenal dan laku di pasaran.

Beruntung, MEA Digital Marketing punya jasa digital marketing yang berfokus pada dua hal. Pertama ada jasa optimasi marketplace dan kedua ada jasa manajemen sosial media. MEA memiliki tim yang terdiri dari individu-individu berpengalaman di bidangnya masing-masing. Karena itu, sudah banyak UMKM yang berhasil scale up sejak berkolaborasi dengan MEA Digital Marketing.

You may also like

Leave a Comment