121
Sobat MEA tahu nggak sih? ROI menjadi hal yang penting dalam digital marketing. Karena ROI merupakan salah satu kunci faktor keberhasilan suatu kampanye. Itulah mengapa ROI perlu terus ditingkatkan untuk mencapai strategi performance marketing yang efektif dan lebih baik. Dan dalam artikel ini, MiMe akan membagikan cara meningkatkan ROI dari Digital Marketing ini.
Melansir laman Dibimbing, ROI marketing adalah ukuran yang digunakan pada efektivitas suatu kampanye pemasaran atau investasi untuk mengevaluasi keuntungan yang dihasilkan. ROI didapatkan dari membandingkan laba bersih suatu kampanye dengan biaya yang diinvestasikan.
ROI marketing dapat memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana efektivitas kampanye pemasaran dalam menghasilkan keuntungan. Artinya, semakin besar ROI yang didapatkan, semakin baik hasilnya.
Adapun fungsi lainnya dari ROI marketing yaitu memiliki peran penting dalam keputusan pemasaran. Dengan memahami ROI pada kampanye dapat menentukan strategi yang efektif dan membantumu mengalokasikan anggaran pemasaran dengan bijak. Sehingga Sobat MEA dapat mengidentifikasi kampanye yang terbaik untuk mengoptimalkan upaya pemasaran yang dijalankan.
ROI marketing memiliki rumus sederhana untuk menghitung jumlahnya pada suatu kampanye. Berikut rumusnya:
ROI = (Laba Bersih – Biaya Investasi) / Biaya Investasi) x 100%
Dengan kata lain, laba bersih adalah pendapatan yang didapatkan dari kampanye setelah dikurangi dengan biaya investasi. Biaya investasi meliputi semua biaya yang digunakan pada kampanye, seperti biaya iklan, biaya produksi, dan biaya promosi.
Adapun cara meningkatkan ROI dari Digital Marketing memerlukan beberapa tahapan. Berikut langkah-langkahnya:
Dalam hal ini, Sobat MEA perlu melakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami siapa target audiens yang tepat untuk bisnismu. Sobat MEA juga perlu memahami preferensi dan kebutuhan mereka untuk mengoptimalkan kampanye dan mencapai ROI yang lebih tinggi.
Sobat MEA juga perlu menggunakan data pelanggan untuk menyampaikan pesan yang relevan dan pribadi. Membuat personalisasi pesan dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dan membantu meningkatkan ROI dari digital marketing bisnismu.
Pastikan Sobat MEA sudah memiliki landing page yang dirancang dengan baik, mudah dinavigasi, dan memiliki CTA (Call to Action) yang jelas. Dengan mengoptimalkan landing page, Sobat MEA dapat meningkatkan konversi dan ROI dengan mudah.
Selanjutnya lakukan percobaan A/B untuk menguji elemen-elemen kampanye yang berbeda, seperti judul iklan, teks, gambar, atau tata letak. Penting untuk mengidentifikasi elemen yang paling efektif, karena dapat meningkatkan ROI dengan baik.
Bahkan sebaiknya gunakan alat analitik yang tepat untuk melacak dan menganalisis performa kampanye. Dengan ini, Sobat MEA dapat memahami data dan tren untuk mengoptimalkan kampanye dan mencapai ROI yang lebih tinggi.
Perlu diketahui, ROI marketing memerlukan beberapa metrik yang penting untuk diukur dalam menghitung nilainya, antara lain:
Selain itu, ada juga beberapa tools penting yang bisa digunakan untuk menghitung ROI Digital Marketing yang tepat, antara lain:
Demikian penjelasan mengenai cara meningkatkan ROI dari Digital Marketing yang penting untuk dilakukan beserta pengertian, fungsi, hingga tools yang perlu digunakan. Dengan ROI yang tinggi, Sobat MEA jadi lebih paham kampanye apa yang harus digunakan serta lebih bijak dalam mengelola anggarannya. Bukankah hal ini sangat menguntungkan bagi bisnismu? Selamat mencoba!
+6282117932648
Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184
Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184
Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat