Carousel Instagram Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Tips Membuatnya

by Fanny
jenis-jenis konten instagram

Carousel Instagram adalah salah satu cara untuk meningkatkan engagement unggahan. Mengapa demikian? Karena carousel membuat pengguna melihat konten Sobat MEA jauh lebih lama dengan melakukan swipe. Selain itu, pembuatan carousel yang baik juga bisa meningkatkan interaksi antara pengguna dan pemilik akun.

Masih bingung cara bikin carousel yang baik? Tenang aja, dalam artikel ini kami akan membahas tentang pengertian, manfaat, dan tips membuat carousel Instagram yang baik. Yuk simak di sini!

Apa itu Carousel Instagram?

Mau tahu cara jualan paling efektif di Instagram?

Yuk belajar bareng di grup seller sosial media MEA

Carousel Instagram adalah salah satu fitur Instagram yang membuat Sobat MEA bisa mengunggah 10 foto atau video sekaligus dalam satu unggahan. Cara melihat carousel Instagram adalah dengan menggeser setiap foto atau video ke kiri dan kanan.

Dalam unggahan carousel , Sobat MEA juga bisa menuliskan caption, hastag, geotag, hingga image alt-text yang digunakan untuk menjelaskan secara singkat mengenai setiap foto yang diunggah.

Carousel sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu carousel organik dan carousel ads. Carousel organik adalah pengertian carousel pada umumnya, yaitu fitur yang memudahkan pengguna untuk mengunggah banyak foto sekaligus. Fitur ini bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki akun Instagram.

Sedangkan carousel ads adalah carousel yang ditujukan secara khusus untuk beriklan. Jenis carousel ini memudahkan Sobat MEA untuk menambahkan CTA atau call to action untuk mengajak pengikut membeli produk Sobat MEA. Dalam carousel ads, Sobat MEA juga bisa menautkan halaman web untuk mempermudah proses transaksi.

5 Manfaat Carousel Instagram

Nggak punya waktu buat ngonten dan ngurus akun Instagram buat jualan?

Yuk kerja sama bareng tim sosial media MEA lewat jasa kelola Instagram!

1. Lebih Banyak Bercerita

Instagram identik dengan jenis unggahan berupa gambar. Tapi Sobat MEA juga bisa membuat unggahan berupa tulisan yang menarik perhatian pengikut, loh. Caraousel Instagram adalah salah satu caranya.

Jika konten Instagram Sobat MEA hanya mengunggah foto produk dan promosi saja, saatnya ubah dengan membuat konten berupa edukasi atau game untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut.

Contohnya, jika Sobat MEA menjual skincare khusus jerawat, Sobat MEA bisa membuat unggahan carousel Instagram berupa tips merawat kulit berjerawat, makanan yang perlu dihindari agar nggak muncul jerawat, dan tips seputar perawatan kulitnya. Di akhir carousel, Sobat MEA bisa mencantumkan CTA untuk menggunakan produk yang Sobat MEA jual.

2. Menaikkan Engagement

Manfaat carousel Instagram adalah meningkatkan engagement konten hingga 5,13% lebih tinggi daripada postingan tunggal. Jika Sobat MEA mengunggah konten dengan memanfaatkan 10 slide secara maksimal, maka engagement per carousel bisa mencapai hingga 2%!

3. Double Exposure

carousel instagram adalah

Postingan yang muncul di halaman pengikut hanya muncul satu kali, yang artinya konten yang Sobat MEA unggah kemungkinannya hanya akan dilihat satu kali oleh pengikut. Untungnya, salah satu kelebihan dari carousel Instagram adalah memimiliki double exposure. Ini artinya postingan carousel bisa muncul 2 kali karena memiliki banyak foto dan video dalam satu unggahan.

4. Meningkatkan Interaksi

Melanjutkan penjelasan dari poin pertama, tujuan dari carousel Instagram adalah membuat pengikut membaca postingan lebih lama karena banyak informasi yang Sobat MEA bagikan dalam satu unggahan. Hal ini bisa membuat algoritma Instagram memahami bahwa konten yang Sobat MEA unggah adalah sesuatu penting dan dibutuhkan banyak orang.

5. Lebih Hemat Biaya

Memasang iklan di Instagram memang bisa kita atur budgetnya, tetapi memasang iklan dengan carousel ads juga bisa membantu memangkas biaya, loh. Hal ini karena carousel Instagram ditargekan untuk audiens yang spesifik, sehingga biaya iklan yang dibuat mampu menjangkau audiens yang tepat dan nggak buang-buang biaya karena salah sasaran target market.

4 Tips Membuat Carousel Instagram

Mau belajar ngiklan di Instagram dari 0 sampai bisa?

Gabung Kelas FB & IG Ads di sini sekarang juga!

Setelah mengetahui pengertian carousel Instagram dan manfaatnya, pembahasan selanjutnya yaitu tips membuat carousel Instagram yang menarik agar engagement semakin meningkat. Berikut beberapa tips yang bisa Sobat MEA terapkan untuk membuat carousel Instagram adalah:

1. Pemakaian Video atau Gambar Atraktif di Slide Pertama dan Kedua

Seperti yang kita ketahui bahwa Instagram adalah salah satu aplikasi yang mengutamakan visual, maka Sobat MEA juga nggak boleh melupakan komponen penting ini. Pemilihan video atau gambar yang menarik di carousel Instagram adalah tips pertama bisa mempengaruhi keinginan pengikut untuk lanjut membaca isi slide berikutnya.

Jangan lupa juga untuk memasukkan gambar atau video pada slide kedua karena algoritma Instagram saat ini terkadang menampilkan slide kedua dari carousel. Jadi pastikan dua slide pertama bisa menarik perhatian pengikut.

2. Konten Storytelling

Salah satu tujuan carousel Instagram adalah untuk bercerita dan jenis konten ini yang biasanya menarik perhatian pengikut. Dengan cara penceritaan yang menarik dan bikin penasaran, Sobat MEA bisa membuat pengikut melihat carousel Instagram hingga akhir.

3. Copywriting yang Menarik

4. CTA yang Sesuai

Pastikan Sobat MEA mencantumkan link CTA dengan copywriting yang tepat. Seperti misal CTA-nya adalah untuk menjual produk acne spot, tapi link-nya malah mengarahkan ke day cream. Tentunya ini membuat pengikut bingung karena produk yang mereka inginkan nggak sesuai.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai yang hal yang wajib Sobat MEA pelajari karena carousel Instagram adalah jenis unggahan yang banyak menarik pengikut dan mudah untuk diterapkan. Semoga artikel ini membantu Sobat MEA yang sedang belajar untuk berjualan di Instagram ya!

You may also like

Leave a Comment

kursus jualan online

Kontak

+6282117932648

Head Office

Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184

Branch Office

Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184

Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat