Carousel Instagram adalah salah satu cara untuk meningkatkan engagement unggahan. Mengapa demikian? Karena carousel membuat pengguna melihat konten Sobat MEA jauh lebih lama dengan melakukan swipe. Selain itu, pembuatan carousel yang baik juga bisa meningkatkan interaksi antara pengguna dan pemilik akun.
Masih bingung cara bikin carousel yang baik? Tenang aja, dalam artikel ini kami akan membahas tentang pengertian, manfaat, dan tips membuat carousel Instagram yang baik. Yuk simak di sini!
Apa itu Carousel Instagram?
Mau tahu cara jualan paling efektif di Instagram?
Carousel Instagram adalah salah satu fitur Instagram yang membuat Sobat MEA bisa mengunggah 10 foto atau video sekaligus dalam satu unggahan. Cara melihat carousel Instagram adalah dengan menggeser setiap foto atau video ke kiri dan kanan.
Dalam unggahan carousel , Sobat MEA juga bisa menuliskan caption, hastag, geotag, hingga image alt-text yang digunakan untuk menjelaskan secara singkat mengenai setiap foto yang diunggah.
Carousel sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu carousel organik dan carousel ads. Carousel organik adalah pengertian carousel pada umumnya, yaitu fitur yang memudahkan pengguna untuk mengunggah banyak foto sekaligus. Fitur ini bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki akun Instagram.
Sedangkan carousel ads adalah carousel yang ditujukan secara khusus untuk beriklan. Jenis carousel ini memudahkan Sobat MEA untuk menambahkan CTA atau call to action untuk mengajak pengikut membeli produk Sobat MEA. Dalam carousel ads, Sobat MEA juga bisa menautkan halaman web untuk mempermudah proses transaksi.
5 Manfaat Carousel Instagram
Nggak punya waktu buat ngonten dan ngurus akun Instagram buat jualan?
Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, salah satu manfaat carousel Instagram adalah untuk meningkatkan engagement unggahan. Meskipun carousel Instagram terlihat seperti fitur Instagram biasa, tetapi jika digunakan dengan tepat akan memiliki banyak manfaat untuk bisnis Sobat MEA, loh. Berikut beberapa manfaat dari carousel Instagram:
1. Lebih Banyak Bercerita
Instagram identik dengan jenis unggahan berupa gambar. Tapi Sobat MEA juga bisa membuat unggahan berupa tulisan yang menarik perhatian pengikut, loh. Caraousel Instagram adalah salah satu caranya.
Jika konten Instagram Sobat MEA hanya mengunggah foto produk dan promosi saja, saatnya ubah dengan membuat konten berupa edukasi atau game untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut.
Contohnya, jika Sobat MEA menjual skincare khusus jerawat, Sobat MEA bisa membuat unggahan carousel Instagram berupa tips merawat kulit berjerawat, makanan yang perlu dihindari agar nggak muncul jerawat, dan tips seputar perawatan kulitnya. Di akhir carousel, Sobat MEA bisa mencantumkan CTA untuk menggunakan produk yang Sobat MEA jual.
2. Menaikkan Engagement
Manfaat carousel Instagram adalah meningkatkan engagement konten hingga 5,13% lebih tinggi daripada postingan tunggal. Jika Sobat MEA mengunggah konten dengan memanfaatkan 10 slide secara maksimal, maka engagement per carousel bisa mencapai hingga 2%!
3. Double Exposure
Postingan yang muncul di halaman pengikut hanya muncul satu kali, yang artinya konten yang Sobat MEA unggah kemungkinannya hanya akan dilihat satu kali oleh pengikut. Untungnya, salah satu kelebihan dari carousel Instagram adalah memimiliki double exposure. Ini artinya postingan carousel bisa muncul 2 kali karena memiliki banyak foto dan video dalam satu unggahan.
4. Meningkatkan Interaksi
Melanjutkan penjelasan dari poin pertama, tujuan dari carousel Instagram adalah membuat pengikut membaca postingan lebih lama karena banyak informasi yang Sobat MEA bagikan dalam satu unggahan. Hal ini bisa membuat algoritma Instagram memahami bahwa konten yang Sobat MEA unggah adalah sesuatu penting dan dibutuhkan banyak orang.
Selain itu, pengikut juga semakin mengetahui produk Sobat MEA secara mendalam melalui unggahan carousel. Nggak hanya membuat pengikut untuk swipe carousel, tapi carousel yang menarik juga bisa meningkatkan interaksi berupa like, komen, share, hingga pembelian produk!
5. Lebih Hemat Biaya
Memasang iklan di Instagram memang bisa kita atur budgetnya, tetapi memasang iklan dengan carousel ads juga bisa membantu memangkas biaya, loh. Hal ini karena carousel Instagram ditargekan untuk audiens yang spesifik, sehingga biaya iklan yang dibuat mampu menjangkau audiens yang tepat dan nggak buang-buang biaya karena salah sasaran target market.
4 Tips Membuat Carousel Instagram
Mau belajar ngiklan di Instagram dari 0 sampai bisa?
Setelah mengetahui pengertian carousel Instagram dan manfaatnya, pembahasan selanjutnya yaitu tips membuat carousel Instagram yang menarik agar engagement semakin meningkat. Berikut beberapa tips yang bisa Sobat MEA terapkan untuk membuat carousel Instagram adalah:
1. Pemakaian Video atau Gambar Atraktif di Slide Pertama dan Kedua
Seperti yang kita ketahui bahwa Instagram adalah salah satu aplikasi yang mengutamakan visual, maka Sobat MEA juga nggak boleh melupakan komponen penting ini. Pemilihan video atau gambar yang menarik di carousel Instagram adalah tips pertama bisa mempengaruhi keinginan pengikut untuk lanjut membaca isi slide berikutnya.
Jangan lupa juga untuk memasukkan gambar atau video pada slide kedua karena algoritma Instagram saat ini terkadang menampilkan slide kedua dari carousel. Jadi pastikan dua slide pertama bisa menarik perhatian pengikut.
2. Konten Storytelling
Salah satu tujuan carousel Instagram adalah untuk bercerita dan jenis konten ini yang biasanya menarik perhatian pengikut. Dengan cara penceritaan yang menarik dan bikin penasaran, Sobat MEA bisa membuat pengikut melihat carousel Instagram hingga akhir.
3. Copywriting yang Menarik
Selain menyematkan foto dan video yang menarik, hal lain yang membuat pengikut bertahan lama membaca carousel adalah teknik copywriting yang memikat. Sobat MEA bisa mengikuti kata-kata yang sedang trend atau menyambungkan sesuatu yang sedang ramai dengan produk Sobat ME. Selain itu, Sobat MEA juga dapat membuat singkatan atau akronim yang mudah diingat oleh pengikut.
4. CTA yang Sesuai
Pastikan Sobat MEA mencantumkan link CTA dengan copywriting yang tepat. Seperti misal CTA-nya adalah untuk menjual produk acne spot, tapi link-nya malah mengarahkan ke day cream. Tentunya ini membuat pengikut bingung karena produk yang mereka inginkan nggak sesuai.
Itu dia beberapa penjelasan mengenai yang hal yang wajib Sobat MEA pelajari karena carousel Instagram adalah jenis unggahan yang banyak menarik pengikut dan mudah untuk diterapkan. Semoga artikel ini membantu Sobat MEA yang sedang belajar untuk berjualan di Instagram ya!