4 Contoh Formula AIDA Untuk Pemasaran Bisnis Online. Yuk Pahami Dulu!

by Fanny
contoh formula aida

Saat ini, kemampuan menulis perlu dimiliki tidak hanya orang-orang yang berhubungan dengan profesi kepenulisan. Pebisnis online dan content creator perlu mempelajari contoh formula AIDA agar bisa membuat promosi jualan yang singkat, jelas, padat, dan tetap komunikatif.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai contoh formula AIDA mulai dari pengertian hingga manfaatnya. Simak pembahasan selengkapnya di bawah, ya!

Pengertian AIDA

Belajar copywriting hingga desain pemasaran lengkap

Dengan gabung ke komunitas dan belajar langsung dari sesama pebisnis online!

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, kemampuan menulis atau copywriting penting dilakukan untuk meningkatkan bisnis. Hal ini karena proses jual beli online yang membuat pembeli tidak dapat melihat produknya secara langsung. Sehingga sarana yang bisa Sobat MEA gunakan untuk memasarkan produk adalah melalui gambar, video, dan tulisan. Inilah peran penggunaan conton formula AIDA.

Jika Sobat MEA mempelajari tentang copywriting, pasti Sobat MEA sudah tidak asing dengan formula AIDA, yang merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Formula AIDA biasanya digunakan untuk konten marketing, di mana Sobat MEA bisa membuat gaya tulisan yang menarik untuk mempersuasi target market dalam membeli produk Sobat MEA.

Pada intinya, AIDA bertujuan untuk menarik perhatian konsumen dan membuat mereka ingin membeli produk dengan formula:

  • Attention: menangkap perhatian konsumen. Bagian ini juga biasa disebut dengan ‘headline’. 
  • Interest: tulisan untuk membuat konsumen penasaran dan tertarik. Bagian ini difokuskan ke leads. 
  • Desire: tulisan yang memunculkan keinginan konsumen untuk mendapatkan manfaat barang atau layanan yang ditawarkan. 

Action: mengajak konsumen untuk mendapatkan manfaat tersebut dengan membeli produk. Bagian ini bisa Sobat MEA buat dengan menuliskan atau memberikan CTA (Call to Action).

4 Manfaat Formula AIDA

Ngiklan sendiri boncos terus?

Serahkan ke Tim Advertising kami dengan Jasa Facebook Ads!

1. Kampanye Pemasaran Lebih Terstruktur

Seperti yang Sobat MEA lihat, formula AIDA disusun dengan langkah-langkah mulai dari menarik perhatian, meningkatkan minat, memunculkan keinginan untuk membeli, dan diakhiri dengan memberikan penawaran. Formula ini membuat gaya penulisan Sobat MEA lebih terarah dan terstruktur arahnya.

Dengan contoh formula AIDA, Sobat MEA akan lebih mudah menjelaskan produk dan segala keunggulannya sambil terus meningkatkan minat konsumen sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan CTA agar konsumen bisa langsung membeli produk Sobat MEA.

2. Pendekatan Persuasif

Jika Sobat MEA berada di posisi sebagai pembeli, tentunya Sobat MEA akan merasa terganggu kan ketika tiba-tiba muncul suatu penawaran produk? Apalagi jika produknya bukan sesuatu yang sedang dibutuhkan. Oleh karena itu, contoh formula AIDA bekerja sebagai pendekatan yang persuasif. Terlihat seperti tidak jualan dan bertujuan memberikan pengetahuan tentang produk, padahal intinya tetap berjualan dan menawarkan produk.

3. Mencegah Kerugian

Salah langkah dalam pemasaran bisa menyebabkan kerugian karea biaya yang dikeluarkan untuk promosi dan pemasaran itu sendiri tidak sedikit. Jadi dengan mengikuti alur pembelian oleh konsumen, Sobat MEA bisa mencegah dan meminimalisir terjadinya kerugian karena pemasaran.

4. Evaluasi Produk Sendiri

Saat menyusun copywriting untuk pemasaran, tentunya Sobat MEA akan berusaha menonjolkan berbagai kelebihan produk. Dalam proses ini, biasanya Sobat MEA juga akan menyadari beberapa kelemahan produk yang bisa diperbaiki. Dengan begitu, Sobat MEA juga bisa meningkatkan kualitas produk agar konsumen bisa mendapatkan pelayanan dan barang yang mereka inginkan.

Contoh-Contoh Formula AIDA

Belajar ngiklan buat pemula sampai bisa!

Gabung ke Kelas FB & IG Ads yang dipandu Coach profesional di sini sekarang juga!

1. Attention

Langkah pertama agar konsumen mau melihat produk atau iklan yang Sobat MEA buat adalah tarik perhatian mereka dengan gambar dan headline yang menarik. Buat kalimat yang solid dan jelas agar konsumen berhenti scrolling dan lanjut baca promosi dari Sobat MEA. Pastikan Sobat MEA membuat headline yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Seperti contohnya, Sobat MEA menjual perhiasan dan ingin memasarkan cincin berlian sebagai mas kawin dengan target konsumen yang menacari perhiasan dengan harga terjangkau. Maka headline-nya bisa seperti, “Rekomendasi Cincin Berlian Untuk Mas Kawin di Bawah 5 Juta!” Kemudian Sobat MEA bisa mencantumkan beberapa produk sekaligus sesuai dengan headline tadi.

Hal ini akan menarik orang yang:

  • Mencari cincin berlian
  • Mencari mas kawin
  • Mencari cincin dengan harga dibawah 5 juta

Headline bisa Sobat MEA sesuaikan dengan keunggulan produk, kebutuhan konsumen, dan tujuan pemasaran.

2. Interest

Jika Sobat MEA sudah berhasil menarik perhatian konsumen, langkah selanjutnya adalah buat konsumen semakin penasaran dengan produk yang Sobat MEA tawarkan. Tujuan dari langkah kedua ini adalah membuat konsumen bertahan di halaman iklan Sobat MEA. Karena seperti yang kita tahu, Sobat MEA memiliki kompetitor yang menjual produk yang serupa dengan harga yang kompetitif. Untuk itu, Sobat MEA bisa memasukkan keunggulan produk di bagian interest.

3. Desire

Jika Sobat MEA sudah berhasil menarik perhatian konsumen, langkah selanjutnya adalah buat konsumen semakin penasaran dengan produk yang Sobat MEA tawarkan. Tujuan dari langkah kedua ini adalah membuat konsumen bertahan di halaman iklan Sobat MEA. Karena seperti yang kita tahu, Sobat MEA memiliki kompetitor yang menjual produk yang serupa dengan harga yang kompetitif. Untuk itu, Sobat MEA bisa memasukkan keunggulan produk di bagian interest.

Contoh formula AIDA untuk desire bisa berupa, “Menerima custom desain cincin sesuai keinginan!” Dengan begitu, calon konsumen tidak hanya akan melihat-lihat katalog produk Sobat MEA, namun juga akan menghubungi Sobat MEA untuk konsultasi dan membicarakan tentang proses kustomisasi perhiasan.

4. Action

Contoh formula AIDA yang terakhir adalah action di mana Sobat MEA harus memastikan konsumen melakukan langkah akhir yang diinginkan. Action ada berbagai macam, mulai dari like, komen, tag teman, mengunjungi website, hingga melakukan pembelian secara langsung.

Sobat MEA bisa mencantumkan CTA di bagian akhir konten atau halaman iklan. Kalimat untuk bagian ini bisa berupa ajakan atau perintah, seperti, “Dapatkan diskon hingga 15% dengan klik di sini sekarang juga. Promo terbatas untuk 100 pembeli pertama!”

Dengan begitu, konsumen akan segera membeli produk karena takut akan kehilangan kesempatan mendapatkan diskon.

Sekian pembahasan mengenai contoh formula AIDA yang bisa Sobat MEA aplikasikan dalam promosi barang atau jasa. Kami juga menyediakan tips lainnya seputar cara berjualan dan berikan di marketplace dan sosial media, loh. Kepoin artikelnya di sini biar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

You may also like

Leave a Comment

kursus jualan online

Kontak

+6282117932648

Head Office

Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184

Branch Office

Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184

Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat