Seperti yang kita ketahui, Instagram telah menjadi alat pemasaran yang paling kuat. Bukan hanya untuk berbagi konten kreatif, Sobat MEA juga dapat menggunakannya untuk meningkatkan brand awareness, mempromosikan produk atau layanan, hingga menjual barang secara langsung. Tapi banyak yang masih bingung tentang penggunaan link serta contoh tautan Instagram yang terbaik.
Sobat MEA memang bisa membagikan URL khusus melalui fitur Instagram Story. Tapi mengalihkan pengguna dari Instagram ke situs web juga penting. Hanya saja, hal ini agak membingungkan. Tapi Sobat MEA bisa menambahkan link mengenai hal ini pada bio Instagram
Nah, tautan inilah yang akan menjadi keunggulanmu di Instagram. Tautan yang ditambahkan akan membantumu dalam mengarahkan banyak traffic ke website bisnis serta mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan.
Dalam artikel ini, MiMe akan memberikan penjelasan mengenai tautan Instagram sendiri beserta contoh tautan Instagram yang dapat menginspirasimu dalam memaksimalkan Instagram bisnis.
Table of Contents
Apa itu Tautan di Bio Instagram?
Melansir laman Webhostmu, tautan bio Instagram adalah link atau URL yang ditambahkan pada bagian deskripsi profil Instagram. Hal ini bertujuan untuk memudahkan followers mengakses link ke situs web, konten, halaman produk dan halaman penting lainnya.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tautan ini dapat membantumu dalam menginformasikan semua produk atau layanan yang dipromosikan dan mudah diakses melalui profil instagram saja. Bahkan dengan tautan, Sobat MEA bisa memasukkan beberapa URL yang di dalamnya yang berisi semua platform media sosial seperti TikTok, Twitter, atau YouTube.
Tapi untuk hal ini, pastikan Sobat MEA memang telah menyiapkan link terbaik terkait landing page, katalog produk, atau daftar platfom media sosial dan kotak lainnya yang terhubun, untuk diterapkan pada halaman bio Instagram. Jika Sobat MEA masih bingung cara membuatnya, silakan lihat penjelasannya di artikel ini.
Tapi sebelum mulai membuatnya, pastikan mengetahui bagaimana contoh tautan Instagram itu sendiri. Dalam artikel ini, MiMe akan berikan beberapa di antaranya untuk dijadikan referensi.
Pentingnya Tautan Bio Instagram
Perlu diingat, Bio adalah hal pertama yang dilihat oleh pengguna ketika mengunjungi profil Instagram. Sobat memanfaatkannya untuk mengarahkan traffic ke situs web, blog, atau penawaran produk secara langsung.
Itulah mengapa Sobat MEA perlu menggunakan tautan bio IG untuk memaksimalkan potensi bisnis yang bisa didapatkan. Adapun manfaat lainnya yang menjadikan penggunaan contoh tautan Instagram di halaman bio itu penting, antara lain:
- Pengunjung lebih mudah untuk menemukan situs web bisnis hingga konten maupun produk yang dijual.
- Mengumpulkan lebih banyak prospek calon pelanggan potensial.
- Mempromosikan lebih banyak produk sekaligus.
- Memudahkan untuk mengetahui konten halaman blog.
- Meningkatkan traffic website dengan menawarkan berbagai jenis konten.
- Mengarahkan pengunjung ke saluran lain yang ingin dipromosikan.
- Memaksimalkan kampanye pemasaran dan mendapatkan yang kontrol lebih besar terhadap bisnis.
- Mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Contoh Tautan Instagram yang Patut Diikuti
Satu hal yang paling penting adalah tautan Instagram sangat membantumu dalam mengembangkan bisnis. Dengan memantau kinerja tautan yang ditampilkan, ini dapat memudahkanmu dalam mengetahui apa yang disukai audiens sehingga Sobat MEA dapat memberikan konten yang tertarget.
Nah, jika Sobat MEA sendiri masih bingung tautan apa yang cocok untuk dipasang di profil Instagram, berikut MiMe hadirkan beberapa contoh tautan Instagram yang bisa diikuti:
1. OpenSea – Mempromosikan Koleksi NFT
OpenSea mungkin adalah pasar NFT paling populer di dunia. Mereka telah membuat link di bio microsite, yang menyertakan link ke situs web mereka dan link ke semua koleksi NFT yang dipromosikan melalui postingan Instagram mereka. Setiap postingan mewakili koleksi NFT terpisah yang dapat ditawarkan oleh pengunjung.
2. NA-KD Fashion – Tautan ke Toko Online
Kedua, diambil dari salah satu e commerce terkenal yaitu NA-KD Fashion. Ini merupakan situs web di mana pemiliknya menambahkan latar belakang khusus. Selain itu, mereka juga mempromosikan produknya, halaman pendatang baru, hingga memiliki tautan ke profil media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.
3. Car Barn – Mempromosikan Link di Bio untuk Website dan Produk Barunya
Selain itu, ada juga sebuah dealer mobil bernama Carbarn yang menggunakan tautan di Bio sebagai perpanjangan dari situs web yang kuat. Dalam hal ini, CarBarn menyediakan pintasan ke halaman utama situs web dan juga menautkan ke produk mobil terbaru di halaman profil Instagramnya.
4. Anyma- Tautan ke Berbagai Platform Streaming Album Musiknya
Perlu diketahui, Instagram merupakan salah satu saluran yang paling populer untuk menemukan musik baru. Sebagai penyanyi, Sobat MEA bisa memanfaatkannya dengan membangun link di halaman bio.
DJ Anyma, salah satu contohnya. DJ telah telah membuat situs web yang dapat digunakan oleh penggemar untuk menavigasi dan memutar/mengunduh album barunya di Apple Music atau saluran YouTube-nya melalui bio Instagram pribadinya.
5. Sam Lo – Membuat Portofolio Digital Sebagai Desainer
Selanjutnya, ada Sam Lo, seorang seniman visual yang tinggal di Singapura, juga desainer khusus untuk Netflix, Spotify, Google, YouTube, Dover Street Market Singapura, Nike, Riot Games, dan banyak lainnya.
Sam Lo menyematkan link di situs bio Instagram untuk mempromosikan portofolionya. Selain portofolio komisi, Sobat MEA juga dapat menemukan tautan ke portofolio pekerjaan umum, toko online, detail kontak, serta tautan ke profil Facebook, Twitter, dan Instagramnya pada link di bio tersebut.
Nah sekian penjelasan tentang tautan bio di Instagram beserta contoh tautan Instagram yang bisa dijadikan referensi bisnismu. Semoga artikel ini dapat membantumu memaksimalkan promosi di Instagram, khususnya dalam memanfaatkan tautan yang bisa disematkan di bio profil. Selamat mencoba!