Bagi seller Tokopedia, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu mendekorasi tampilan toko. Bukan sekadar menambahkan katalog produk, ternyata Sobat MEA juga perlu menambahkan deskripsi toko tokopedia yang jelas agar dapat dilirik oleh pengunjung. Apa itu? Mengapa demikian?
Deskripsi toko di Tokopedia sangat penting untuk Sobat MEA terapkan. Pasalnya ini sangat ampuh untuk membuat toko ramai dan meningkatkan penjualan. Bisa dibilang, deskripsi toko berfungsi sebagai suara merk yang menjelaskan tentang identitas dan produk yang dijual.
Selain itu, deskripsi toko di Tokopedia juga dapat membantu konsumen mengambil keputusan pembelian dengan baik. Semakin bagus deskripsi toko yang dibuat, semakin besar potensi pelanggan untuk membeli produk di tokomu.
Dalam artikel ini, Sobat MEA ingin membagikan informasi lengkap mengenai deskripsi toko Tokopedia beserta seberapa penting deskripsi toko untuk berbisnis di e-commerce raksasa tersebut.
Apa Itu Deskripsi Toko Tokopedia?
Mau Tahu Cara Jualan di Tokopedia yang Baik dan Benar?
Lebih tepatnya, deskripsi toko Tokopedia adalah sebuah penjelasan seputar informasi toko secara secara singkat atau lengkap. Di dalamnya, seller harus menyertakan apa yang membedakannya dengan toko lain. Ini akan sangat berguna sebagai identitas toko.
Deskripsi toko Tokopedia juga merupakan bagian dari fitur aplikasi Tokopedia seller yang bisa digunakan oleh seller untuk menuliskan informasi singkat mengenai toko serta produk yang dijual. Kemudian informasi tersebut dapat dilihat oleh pengunjung pada saat pencarian toko atau produk yang terkait.
Itulah mengapa deskripsi toko ini akan sangat membantu konsumen dalam menemukan produk yang diinginkan hingga mempengaruhi keputusan transaksi. Jika Sobat MEA masih bingung bagaimana deskripsi toko yang tepat untuk berjualan di Tokopedia, silakan lihat contohnya di sini.
Mengapa Deskripsi Toko Tokopedia Penting?
Jasa Manajemen Tokopedia Profesional
Salah satu alasan terpenting dari deskripsi toko di Tokopedia tentu saja karena banyaknya toko serupa yang bersaing dengan toko milikmu. Sehingga Sobat MEA perlu memberikan kesan profesional untuk meyakinkan pembeli.
Nah, Sobat MEA bisa meyakinkannya melalu deskripsi toko yang semenarik mungkin. Deskripsi toko juga berfungsi sebagai identitas toko yang dapat membangun kepercayaan pelanggan.
Dengan hal ini, konsumen juga tidak akan kebingungan tentang tokomu, produk yang dijual, alamat toko, jam operasional, sampai informasi pengiriman produk. Setidaknya kebutuhan dasar mereka bisa terpenuhi. Sobat MEA juga bisa mencantumkan apa yang menjadi pembeda antara tokomu dengan toko kompetitor.
Perbedaan Deskripsi Toko dan Deskripsi Produk
Ingin Jadi Seller Juara di Tokopedia?
Seller pemula kerap merasa bingung antara deskripsi toko dengan deskripsi produk. Keduanya memang tampak sama. Tapi ternyata deskripsi toko dan deskripsi produk memiliki perbedaan yang signifikan.
Deskripsi toko biasanya berisi tentang jenis produk yang dijual, kebijakan pengembalian, metode pembayaran, dan informasi kontak. Sedangkan deskripsi produk memuat informasi seputar kegunaan produk, manfaat produk, cara penggunaan, cara penyimpanan, dsb.
Deskripsi produk sendiri bisa dibuat berdasarkan jenis produknya. Meski dijual di toko yang sama, setiap produk bisa memiliki deskripsi yang berbeda-beda. Misalnya, serum tentu memiliki penjelasan yang berbeda dibandingkan lipstick.
4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Deskripsi Toko Tokopedia
Agar deskripsi toko di Tokopedia terlihat menarik dan dilirik oleh banyak pelanggan, ada 4 hal penting yang harus diperhatikan saat membuat deskripsi toko di Tokopedia. Berikut adalah penjelasan lengkapnya;
1. Nama Toko
Hal pertama yang harus Sobat MEA cantumkan dalam deskripsi toko di Tokopedia adalah nama toko. Gunakan nama yang dapat menggambarkan produk yang dijual. Misalnya, Beauty Store jika Sobat MEA menjual berbagai kebutuhan kulit dan kecantikan.
2. Tagline Sesuai SEO
Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam deskripsi toko yaitu tagline. Pastikan Sobat MEA juga membuat tagline yang sesuai SEO (Search Engine Optimization). Artinya, Sobat MEA harus menyertakan tagline yang mengandung kata kunci di pencarian Tokopedia. Hal ini bermanfaat agar toko atau produk Sobat MEA muncul paling atas di kolom pencarian.
3. Jenis Produk yang Dijual
Deskripsi toko yang baik adalah deskripsi yang sesuai dengan produk yang dijual. Dalam hal ini, pastikan penjelasan yang Sobat MEA berikan sesuai dengan produk yang disugukan dalam etalase toko. Misalnya, Sobat MEA menjual bedak, foundation, lipstick, eyeshadow, maka deskripsi yang tepat adalah alat-alat make up.
4. Alamat dan Kontak
Selain itu, Sobat MEA juga bisa mencantumkan alamat toko fisik (jika ada) dan kontak yang bisa dihubungi. Ini berguna untuk memudahkan pelanggan yang ingin mengunjungi tokomu atau memberikan pertanyaan, komplain, kritik & saran.
Dengan kontak toko yang detail dan jelas, calon pelanggan bisa menghubungi secara langsung. Sobat MEA juga bisa sekalian membangun hubungan yang baik untuk keuntungan bisnis.
Nah, itulah beberapa informasi seputar deskripsi toko Tokopedia yang perlu Sobat MEA ketahui. Dengan memberikan informasi yang lengkap, jelas, dan menarik, Sobat MEA dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang positif dan memenangkan loyalitas pelanggan. Semoga artikel ini membantu ya!