Istilah Digital Marketing yang Harus Kamu Ketahui!

by fiqhi
istilah digital marketing
istilah digital marketing

Istilah Digital Marketing Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Jualan Online – Dalam dunia digital marketing, sebelum kamu melakukan eksekusi ada baiknya kamu mengetahui istilah yang harus diketahui. Nantinya akan mempermudah dalam memahami analisis penjualan dan bisa lebih luas dalam menjangkau pelanggan.

Istilah Yang Harus Kamu Ketahui Dalam Jualan Online

Mau jualan online kamu lebih optimal?

Pakai Jasa Manajemen Marketplace MEA aja!
  • Analisis 

Analisis yang dimaksud untuk menemukan tren yang saat ini sedang naik dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis.

 

  • Business To Business

Biasa ditulis B2B  berarti perusahaan menjual ke perusahaan lain.  

 

  • Business to Consumer 

Artinya menggambarkan perusahaan yang menjual kepada konsumen individu.

 

  • Buyer Persona

Berusaha mengembangkan buyer persona berdasarkan riset dan data. Tipikal konsumen yang akan menggunakan layanan atau sebuah produk.

 

  • Call To Action

Tombol yang memikat konsumen untuk membeli atau berlangganan. Bisa juga melakukan tindakan yang kamu inginkan.

 

  • Rasio-Klik tayang

Persentase pengunjung ke situs web atau berpindah dari satu area situs web ke yang lain.

 

  • Tingkat Konversi

Persentase yang mengambil tindakan dari lama atau halaman.

 

  • Biaya per lead

Maksudnya adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapat petunjuk.

 

  • Inbound Marketing

pendekatan yang fokus untuk menarik konsumen melalui konten dan interaksi yang relevan dan solutif (tidak interruptif).

 

  • Key Performance Indicator

Sebuah kalimat yang menggambarkan efektivitas dalam mencapai tujuan.

 

  • Landing Page

Merupakan sebuah halaman yang dibuat khusus untuk marketing atau campaign iklan.

 

  • Prospek atau Lead

mereka yang tidak memenuhi syarat-syarat Prospek seperti yang telah disebutkan di atas. Klien atau pelanggan potensial apapun yang Anda temui yang belum memenuhi syarat sebagai prospek (calon pelanggan) disebut leads.

klien

 

  • Pay-Per-Click

sebuah metode kerja sama periklanan di internet yang berarti pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. 

 

  • Return Of Investment

 rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi, relatif terhadap jumlah uang yang diinvestasikan. Jumlah uang yang diperoleh atau hilang tersebut dapat disebut bunga atau laba/rugi

 

  • Search Engine Optimization

ntuk mengoptimalkan situs web agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, khususnya pada organic research.

 

  • Engagement Rate

 

Engagement Rate adalah metrik untuk mengukur interaksi audiens dengan konten Anda

 

  • Click Through Rate (CTR)

persentase jumlah klik pada iklan pada sebuah halaman blog atau website.

 

  • Impression

berapa kali konten maupun iklan Anda telah tampil di layar, baik yang mendapatkan klik maupun hanya dibiarkan saja

 

  • Multichannel Marketing

 salah satu bentuk strategi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai channel komunikasi yang beragam

 

  • Pay-per-click

 salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens.

 

  • Remarketing

strategi untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan situs web, aplikasi, atau e-commerce.

 

  • Search Engine

Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dll.

 

  • SEM (Search Engine Marketing)

Segala aktivitas digital marketing yang memanfaatkan mesin pencari.

 

  • SEO (Search Engine Optimization)

Proses untuk meningkatkan performa dari suatu website sehingga mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari.

 

  • SERP (Search Engine Result Page)

Halaman yang menampilkan hasil dari pencarian pada mesin pencari.

 

  1. Referral

Salah satu komponen dalam Google Analytics yang berisi mengenai berapa kali website kita dikunjungi melalui backlink.

 

  1. Remarketing

Ketika menampilkan iklan berbayar yang memiliki konten relevan terhadap pengunjung pada suatu situs.

 

  1. Search Engine

Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dll.

 

  1. Multichannel Marketing

Salah satu jenis marketing yang mengandalkan ketersediaan transaksi dari berbagai platform baik offline maupun online.

 

  1. Meta

Elemen yang ada pada HTML web sebagai sarana untuk memberi informasi metadata pada suatu halaman. Terdapat juga beberapa jenis meta seperti tag, description dan keywords.

Nah itu dia beragam istilah digital marketing yang harus Sobat MEA ketahui.

You may also like

Leave a Comment