141
Shopee memang telah menjadi platform e-commerce yang asyik untuk belanja online. Tidak heran jika Shopee memiliki banyak pengguna yang memudahkan penjual dalam meningkatkan penjualan. Tapi hal ini tentu tidak berjalan mulus, ada saja pembeli yang membatalkan pesanan. Kenapa pesanan Shopee dibatalkan?
Ya, setiap pembeli bisa mengajukan pembatalan pesanan di Shopee jika mereka berubah pikiran atau ingin mengubah pesanannya. Sehingga pembatalan pesanan di toko Shopee memang sering dialami penjual Shopee.
Tapi ada alasan lain yang menyebabkan pesanan dibatalkan di tokomu. Sobat MEA tentu ingin tahu alasannya, bukan? Yuk simak penyebab kenapa pesanan Shopee dibatalkan secara lengkapnya!
Ada beberapa kemungkinan penyebab tokomu mendapatkan pembatalan pesanan dari pelanggan. Ini perlu diketahui agar Sobat MEA memahami bagaimana cara mencegahnya. Dan berikut uraian penyebab kenapa pesanan Shopee dibatalkan, antara lain:
Melansir laman Shopee, ada 3 jenis pembatalan pesanan Shopee yang bisa dilakukan oleh pembeli. Berikut uraian lengkapnya:
Pertama, ada Pembayaran Instan yang merupakan jenis pembatalan yang bisa dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman. Pembatalan ini dapat dilakukan selama 1 jam setelah pembayaran diverifikasi.
Pembatalan pesanan ini juga berlaku bagi pembeli yang memilih berbagai jasa pengiriman seperti pengiriman instant (Shopee Xpress Instant, GoSend Instant, GrabExpress Instant), Sameday (Shopee Xpress Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, SiCepat Sameday), JNE Reguler (Non Cashless), Pos Kilat Khusus, Indah Logistik, Termasuk Ongkos Kirim, dan Pesanan Pre-order.
Selanjutnya, ada Pembatalan Non Instan yang dapat dilakukan oleh pembeli meskipun penjual telah mengatur pengiriman dan memberikan nomor resi pengiriman pesanan. Tapi ini berlaku selama paket belum diterima oleh jasa kirim.
Hanya saja, penjual juga harus menyetujui pengajuan pembatalan pesanan ini. Jika penjual tidak kunjung memberikan respons, sistem Shopee akan otomatis membatalkan pesanan tersebut dalam waktu 1×24 jam berikutnya.
Selain itu, ada juga jenis Pembatalan Otomatis bagi penjual yang tidak kunjung memproses pesanan yang masuk dari pembeli.
Shopee memberikan batas waktu pengemasan dan pengiriman untuk setiap pesanan yang diterima. Pesanan akan otomatis dibatalkan jika penjual tidak menyerahkan pesanan kepada jasa kirim setelah dua hari sejak masa pengemasan atau sejak nomor resi keluar dari sistem Shopee.
Bukan hanya itu, Shopee juga akan otomatis membatalkan pesanan jika penjual tidak login ke akun Shopee selama 7 hari sejak pembeli membayar pesanannya.
Setelah mengetahui apa saja penyebab kenapa pesanan Shopee dibatalkan, tentunya banyak juga yang menyebabkan tingkat pembatalan/pengembalian yang cukup tinggi.
Tapi tenang saja, melansir laman Shopee, ada beberapa tips menghindari pembatalan pesanan di Shopee yang bisa dilakukan:
Nah, itu dia penjelasan tentang kenapa pesanan Shopee dibatalkan, jenis-jenis pembatalan, serta tips pentingnya. Hal ini tentu penting untuk dipahami Sobat MEA yang aktif berjualan di Shopee. Sobat MEA tidak ingin mengalami penurunan omzet, bukan? Yang terpenting, pastikan buat pelanggan merasa nyaman agar mereka yakin untuk berbelanja di tokomu. Semoga sukses!
+6282117932648
Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184
Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184
Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat