5 Contoh Konten Storytelling TikTok untuk Tingkatkan Engagement

by Viki
konten storytelling tiktok

Sobat MEA tentu menyadari bahwa ada banyak jenis konten yang dapat membantumu naik daun di media sosial, terutama TikTok. Salah satu konten yang sering dibuat adalah storytelling. Tidak bisa sembarangan dalam membuat storytelling yang dapat menarik perhatian. Untuk itu, di artikel ini MiMe ingin membagikan beberapa contoh konten storytelling TikTok yang patut diikuti.

Sadar nggak sadar, hari ini kebanyakan audiens TikTok jauh lebih menyukai konten-konten berbentuk cerita. Bahkan untuk konten marketing, banyak affiliator besar atau bahkan seller yang menggunakan teknik storytelling ini. Nah dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa contoh konten storytelling TikTok yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement maupun penjualan.

Table of Contents

5 Contoh Konten Storytelling TikTok Terbaik

Mau dapat komisi extra dari TikTok Affiliate?
Yuk, jadilah bagian dari program MCN TikTok MEA untuk dapatkan support dan bimbingan dari seller potensial hingga mentor berpengalaman!

Storytelling merupakan konten cerita pendek yang berupa video dengan pandangan dari karakter utama, pengambilan gambar yang beragam, narasi cerita yang teratur, hingga penyertaan musik untuk membangun emosi penonton.

Di TikTok sendiri bercerita menjadi hal yang penting karena ini dapat membangun kepercayaan audiens dan membangun otoritas bisnis. Bisa dibilang, storytelling dapat membuat video menjadi lebih berkesan. Konten ini tidak hanya menarik secara konsep, Tapi juga terbukti dapat menciptakan keterlibatan audiens. 

Mengingat persaingan konten di TikTok juga semakin ketat, diperlukan teknik storytelling khusus saat menciptakannya. Dan berikut 4 contoh konten storytelling TikTok terbaik yang inspiratif:

1. Konten Mikrocerita

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Pertama, ada Mikrocerita yang berupa storytelling dengan menggabungkan narasi singkat dengan elemen visual yang kuat. Konten ini sudah lama populer di TikTok. Biasanya dibuat secara singkat dan langsung pada tujuan. 

BACA JUGA  Begini Lho Tutorial Video Jedag Jedug Alight Motion, Lebih Keren!

Adapun fungsi dari konten Mikrocerita adalah untuk menggambarkan momen, menyampaikan pesan penting, atau mengundang audiens untuk berpartisipasi dalam tantangan. Dalam hal ini, Sobat MEA bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti gambar, video pendek, dan musik untuk menciptakan engagement yang lebih tinggi.

2. Cerita Interaktif

Konten storytelling yang trending selanjutnya yaitu cerita interaktif yang bertujuan untuk mengajak audiens berpartisipasi aktif dalam cerita. Misalnya, meminta audiens memilih arah cerita selanjutnya atau menjawab pertanyaan tertentu. 

Dengan konten cerita interaktif, Sobat MEA dapat menciptakan engagement yang tinggi karena ini dapat membuat audiens memiliki pengaruh dalam alur cerita yang dibuat. Terlebih jika Sobat MEA juga menggunakan fitur interaktif  seperti kuis, polling dan lain sebagainya.

3. Pengembangan Diri

Saatnya toko kamu dapat omzet sampai ratusan juta!
Yuk langsung aja kerja bareng tim TikTok Specialist MEA sekarang juga!

Selain itu, Sobat MEA juga bisa menceritakan perjalanan pribadi untuk mencapai tujuan atau mengatasi tantangan melalui konten cerita pengembangan diri. Dengan storytelling jenis ini, Sobat MEA dapat menginspirasi dan memberikan motivasi kepada audiens. 

Misalnya, cerita tentang bagaimana Sobat MEA mengatasi hambatan dalam karir atau mencapai prestasi yang signifikan. Selain membuat mereka termotivasi, Sobat MEA juga dapat membangun ikatan emosional yang kuat dengan audiens. 

4. Konten Series

5. Cerita Inspiratif

Terakhir, tentu saja Sobat MEA bisa membuat konten inspiratif dimana ini bisa digunakan untuk mengkomunikasikan nilai-nilai dan tujuan seseorang. Sobat MEA dapat menggunakan cerita ini untuk menonjolkan upaya yang dilakukan dalam hal tertentu.

Adapun tujuan utama dari konten ini adalah menginspirasi audiens untuk mengambil pelajaran atau tindakan yang positif. Dengan begitu, Sobat MEA juga akan mudah dalam memahami audiens, termasuk preferensi dan kebutuhan mereka. 

Untuk itu, pastikan konsisten dalam menyampaikan cerita dan menggunakan elemen visual yang kuat untuk menciptakan dampak positif yang signifikan. 

Nah, itu dia 5 contoh konten storytelling TikTok yang bisa dicoba untuk membuat akun TikTok lebih variatif. Dengan hal ini, diharapkan kontenmu dapat menjadi alat yang efektif untuk menjalankan strategi pemasaran di TikTok, serta menghasilkan peningkatan engagement yang lebih signifikan dan menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

kursus jualan online

Kontak

+6282117932648

Head Office

Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184

Branch Office

Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184

Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat