Cara Buat Landing Page untuk Produk Digital dan Contohnya

by Fanny
tips membuat landing page yang efektif

Ketika membicarakan bisnis online, banyak orang yang langsung beranggapan bahwa cara jualan paling efektif adalah melalui marketplace dan sosial media. Padahal, ada platform lain yang juga tidak kalah efektif dan bisa Sobat MEA kelola sendiri dengan bebas sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis, yaitu dengan menggunakan landing page.

Landing page sendiri bisa Sobat MEA gunakan sebagai platform untuk menjual produk fisik maupun produk digital. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai tips membuat landing page untuk produk digital yang bisa Sobat MEA ikuti. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Landing Page?

Mau tau cara jualan paling efektif lewat website?
Yuk pelajari cara selengkapnya dengan gabung ke komunitas yang dipandu oleh Coach berpengalaman. Gratis!

Sebelum membahas cara membuat landing page untuk produk digital, kami akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian dari landing page itu sendiri. Pada dasarnya, landing page adalah halaman khusus yang Sobat MEA gunakan untuk menampilkan informasi produk secara jelas dan mendetail. Landing page ini sendiri biasanya dibuat secara khusus untuk para audiens yang mengklik iklan yang muncul dan mengarahkan mereka untuk melakukan suatu tindakan.

Seperti contohnya saja Sobat MEA sedang scrolling Instagram, lalu muncul iklan mengenai “Belajar Facebook Ads untuk Pemula”. Karena Sobat MEA tertarik, maka Sobat MEA mengklik iklan tersebut. 

Kemudian Sobat MEA akan dibawa ke landing page untuk produk digital yang berisi informasi mengenai kelas tersebut dan bisa dilanjutkan dengan mengisikan formulir untuk bergabung ke kelas online tadi. Tentunya hal ini akan mempersingkat waktu karena Sobat MEA hanya perlu mengklik iklan yang ada dan bisa langsung bergabung ke kelas online, bukan?

7 Manfaat Utama Landing Page

Butuh landing page tapi gak tau cara bikinnya?
Tenang, gunakan saja platform Gowebin. Ada ribuan template landing page yang bisa digunakan!

Mungkin tidak sedikit dari Sobat MEA yang ragu untuk membuat landing page untuk produk digital. Biar nggak ragu lagi, berikut adalah manfaat dari membuat landing page untuk produk digital yang akan Sobat MEA dapatkan. Berikut adalah poin-poinnya:

  1. Menampilkan produk digital dengan lebih jelas dan spesifik sehingga audiens akan lebih mudah untuk memilih produk mana yang ingin mereka beli sesuai dengan kebutuhan.
  2. Landing page untuk produk digital tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan penjualan, namun juga untuk meningkatkan konsumen potensial leads.
  3. Menekan biaya promosi produk secara konvensional, sehingga biaya pemasaran akan lebih hemat.
  4. Promosi produk memiliki tujuan yang jelas dan dapat dilakukan secara langsung, yaitu mengarahkan audiens untuk melakukan pembelian.
  5. Meningkatkan kredibilitas bisnis dengan menyematkan ulasan positif dari pelanggan.
  6. Desain dan konten landing page untuk produk digital bisa diubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan produk.
  7. Meningkatkan traffic website dengan menggunakan kata kunci yang tepat.

5 Tips Membuat Landing Page untuk Produk Digital

landing page untuk produk digital

Membuat landing page untuk produk digital akan berbeda dengan landing page untuk produk fisik yang bisa dipegang dan didapatkan langsung oleh konsumen. Pasalnya, produk digital akan terasa manfaatnya tanpa bisa dilihat bentuk fisiknya. Hal inilah yang membuat landing page untuk produk digital lebih sulit untuk dibuat.

Namun hal ini bukan berarti Sobat MEA tidak bisa membuat landing page untuk produk digital yang menarik dan menjual, ya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sobat MEA coba untuk membuat landing page produk digital:

1. Headline yang Menarik

Pastikan Sobat MEA membuat headline yang menarik. Karena Sobat MEA menjual produk digital, Sobat MEA bisa memasukkan kelebihan dari produk itu sendiri pada headline. Contohnya saja Sobat MEA menjual Kelas Online Belajar Facebook Ads dengan keunggulan materi yang bisa diunduh, sehingga bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Maka Sobat MEA bisa membuat headline seperti, “Belajar Facebook Ads Kapan dan Di Mana Saja!”

Sobat MEA juga bisa membuat headline lain yang menonjolkan keunggulan produk agar audiens semakin tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Hindari penggunaan headline yang terlalu panjang dan bertele-tele. Sampaikan tujuan dari produk dengan singkat, padat, dan jelas.

2. Deskripsikan Jasa

landing page untuk produk digital

Tujuan dari dibuat landing page untuk produk digital adalah agar konsumen mengetahui keuntungan apa yang akan mereka dapatkan dengan menggunakan produk Sobat MEA. Jelaskan produk secara mendetail di landing page dan lampirkan bukti untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens kepada produk yang Sobat MEA tawarkan.

3. Testimoni

Hal yang tidak kalah penting berikutnya adalah dengan mencantumkan testimoni atau ulasan positif dari pelanggan sebelumnya. Testimoni ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan perusahaan Sobat MEA dalam menyediakan produk digital yang berkualitas dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh konsumen. 

Testimoni ini juga menjadi portofolio yang bisa Sobat MEA tunjukkan kepada calon konsumen untuk meningkatkan minat dan rasa percaya mereka kepada produk yang Sobat MEA tawarkan. Pastikan testimoni ini asli dan bukan testimoni fiktif, ya!

4. Pilihan Paket Layanan

landing page untuk produk digital

Ketika hanya menjual satu produk saja di landing page untuk produk digital, maka audiens mau tidak mau harus membeli produk tersebut atau mencari produk lain yang lebih cocok dengan preferensi mereka. 

Agar calon konsumen tidak kabur karena pilihan produk yang terbatas, maka Sobat MEA bisa membuat variasi layanan produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.

Jangan lupa juga untuk memberikan penjelasan pada setiap varian yang ada agar konsumen bisa langsung memilih produk yang mereka inginkan.

5. Masukkan CTA

CTA atau Call To Action adalah ajakan Sobat MEA kepada audiens yang mengunjungi landing page untuk produk digital untuk melakukan langkah selanjutnya. CTA ini biasanya berupa tulisan yang bias di klik dengan tulisan seperti, “Klik di sini”, “Dapatkan promonya sekarang!”, “Isi formulirnya di sini!” dan lain sebagainya.

CTA ini harus jelas dan mudah dilihat oleh audiens, sehingga mereka tahu langkah apa yang harus mereka lakukan selanjutnya ketika ingin membeli suatu produk di landing page untuk produk digital.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai pengertian, manfaat, dan 5 komponen penting yang harus ada dalam landing page untuk produk digital. Semoga ulasan ini membantu dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment

kursus jualan online

Kontak

+6282117932648

Head Office

Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184

Branch Office

Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184

Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat