Algoritma TikTok dan TikTok Shop: Ini Penjelasan Sampai Cara Kerjanya

by fiqhi
Algoritma TikTok

Sobat MEA pasti sudah nggak asing dengan aplikasi TikTok. Seperti kita ketahui, TikTok merupakan salah satu sosial media sekaligus e commerce sebagai tempat untuk menghasilkan uang. Sebagai salah satu media sosial populer, tentu saja ada algoritma TikTok maupun TikTok Shop yang bekerja di dalamnya. 

Sebagai salah satu pengguna TikTok, Sobat MEA pasti pernah menemukan berbagai macam jenis video TikTok. Mulai dari konten joget-joget mengikuti tren, tutorial memasak, konten edukatif, konten promosi dan jualan, atau sekadar video-video lucu.

Semua konten yang Sobat MEA lihat di TikTok merupakan bagian daripada algoritma. TikTok menjadi sebuah aplikasi telah merancang algoritma yang mengatur kolom For You Page FYP. FYP ini merupakan kolom yang sangat dicari oleh para content creator maupun seller TikTok.

Table of Contents

Apa itu Algoritma TikTok?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sebelum masuk pada penjelasan mendalam, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu algoritma TikTok terlebih dahulu. 

Mengutip laman Kominfo Kota Bogor, Algoritma TikTok adalah sistem kompleks yang didesain untuk menyajikan konten kepada pengguna berdasarkan ketertarikan. Algoritma ini bekerja berdasarkan minat dan ketertarikan pengguna. Itulah mengapa FYP pengguna akan berbeda-beda. Hal ini ditentukan berdasarkan preferensi dan audiens.

Dikarenakan pengaruh dari minat seseorang, algoritma akan menyajikan video serupa yang sudah Sobat MEA tonton, like, komentar, share, duet dan download. Tapi ada beberapa kasus spesial dimana sebuah video akan muncul di FYP 1 negara jika memang video tersebut berhasil melewati proses penilaian dan kelayakan.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma TikTok?

buku tiktok shop

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, algoritma merupakan sebuah sistem kompleks yang sangat berbeda bagi setiap penggunanya. 

Dan tentu saja algoritma mempengaruhi beberapa faktor seperti interaksi pengguna, informasi video, tren, dan preferensi audiens untuk menentukan visibilitas konten di halaman For You Page (FYP). 

Meskipun demikian, bukan tidak mungkin jika algoritma ini bisa pelajari. Oke daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak bagaimana algoritma TikTok bekerja!

  • Waktu menonton video.
  • Jumlah like dan komentar.
  • Audio dan hashtags yang digunakan.
  • Lokasi dan jenis perangkat yang digunakan oleh audiens.
  • Preferensi audiens.

5 Faktor yang Mempengaruhi Algoritma TikTok

Setelah mengetahui cara kerjanya, Sobat MEA pastinya harus mengerti apa saja sih hal yang mempengaruhi sebuah konten agar bisa menembus small batch, medium batch dan sampai pada FYP. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma TikTok:

1. Interaksi dan Preferensi Pengguna

Seperti yang disinggung sebelumnya, algoritma TikTok dapat dipengaruhi oleh hal-hal yang pernah dilakukan oleh pengguna seperti video yang disukai, dibagikan, atau interaksi pada video. 

Dengan memahami interaksi, algoritma akan menilai umpan yang sudah sesuai dengan minat dan preferensi pengguna dan belum. 

2. Kualitas Konten dan Engagement

Biar bagaimanapun, kualitas konten adalah kunci algoritma TikTok. Sobat MEA perlu menganalisis relevansi konten dan faktor-faktor lainnya seperti tingkat penyelesaian video, suka, komentar, berbagi, dan menyimpan. 

Konten yang menarik juga berpotensi mendapatkan banyak keterlibatan yang tentu saja besar kemungkinannya untuk direkomendasikan kepada audiens yang lebih luas.

3. Mengupload Video Baru

Video lama akan berbeda potensinya dengan video baru. Maka pastikan Sobat MEA mengupload video baru secara rutin. Inilah yang berpotensi membuat kontenmu masuk FYP. Pastikan juga Sobat MEA menguploadnya pada waktu aktif pengguna.

4. Lokasi dan Zona Waktu

Tapi untuk mengetahui waktu posting terbaik, Sobat MEA perlu mencari tahu secara detail mengenai lokasi target audiens dan zona waktu mereka. kemudian sesuaikan dengan jadwal FYP TikTok dan jam FYP TikTok.

Selain itu, Sobat MEA juga perlu mencari tahu waktu mereka aktif scrolling di TikTok. Hal ini bisa sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan data insight di aplikasi TikTok.

5. Informasi dan Metadata Video

Informasi yang dimasukkan ke dalam video juga memainkan peran penting dalam halaman FYP dan algoritma di TikTok seperti keterangan, tagar, suara, dan teks video. Hashtag yang relevan dan teks yang menarik dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan.

Nah itulah penjelasan, cara kerja dan hal-hal  yang sangat mempengaruhi algoritma TikTok maupun TikTok Shop. Gimana menurut Sobat MEA? Semoga saja Sobat MEA bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat mengenai algoritma TikTok untuk memaksimalkan pembuatan konten maupun berjualan.

You may also like

Leave a Comment