Penyebab Akun Shopee Dibatasi dan 2 Cara Mudah Mengembalikannya

by Husna Rahman
akun shopee dibatasi

Shopee memiliki peraturan yang ketat terhadap semua penggunanya. Baik itu, pembeli, penjual maupun affiliate. Para pengguna yang dengan sengaja melanggar aturan yang berlaku bisa saja terkena hukuman dari Shopee. Salah satunya hukuman yang sering diberikan adalah akun Shopee dibatasi.

Tentu saja, akun Shopee yang terbatas akan sangat menganggu aktivitas Sobat MEA saat membuka aplikasi Shopee. Apalagi jika Sobat MEA sangat aktif berbelanja ataupunĀ berjualan menggunakan akun Shopee.Ā Sayangnya, nggak sedikit orang yang mengetahui penyebab Shopee membatasi akun.

3 Ciri Akun Shopee Dibatasi

Mau tahu cara jualan di Shopee terbaru langsung dari pakar dan sesama seller?

Yuk langsung aja gabung di Komunitas Seller Marketplace MEA sekarang juga. GRATIS!

Kadang kita nggak sadar telah melanggar satu atau beberapa peraturan Shopee sehingga akun dibatasi. Karena itu, Sobat MEA wajib untuk mengetahui apa saja ciri-ciri akun Shopee dibatasi. Nah berikut adalah ciri-cirinya:

1. Nggak Bisa Masuk ke Akun Shopee

Ciri pertama adalah nggak bisa masuk atau mengakses akun Shopee. Saat akun dibatasi, Sobat MEAĀ  tidak dapat lagi mendapat akses pada akun. Sobat MEA justru akan mendapat pesan kesalahan atau pemberitahuan mengenai pembatasan akun saat Sobat MEA mencoba loginĀ atau mengkases akun.

2. Pesanan Ditunda atau Dibatalkan

Kedua, setiap pesanan yang dibuat, diproses atau Sobat MEA terima akan ditunda atau dibatalkan oleh sistem Shopee. Pastinya pembatasan ini akan menjadi masalah besar jika Sobat MEA merupakan seorang seller Shopee. Sebab Sobat MEA harus mengatur ulang kembali pesanan.

3. Muncul Notifikasi Layanan Pelanggaran Shopee

Ketiga, Sobat MEA pasti akan menerima notifikasi pemberitahuan pembatasan akun dari layanan pelanggaran Shopee. Notifikasi ini biasanya mencantumkan penyebab sampai dengan langkah-langkah yang harus Sobat MEA lakukan untuk mengatasi masalah. Entah itu melakukan verifikasi atau mengambil tindakan tertentu.

Kenapa Akun Shopee Dibatasi?

Mau dapet komisi besar dari Shopee Affiliate sampe 20%?

Yuk langsung aja gabung sama MCN Shopee MEA sekarang juga!

Setiap hukuman pasti memiliki penyebab atau alasan. Istilahnya ada asap sudah pasti ada api. Nah buat Sobat MEA yang mungkin bingung kenapa tiba-tiba akun Shopeenya dibatasi, berikut ini adalah beragam penyebabnya. Penjelasan bawah ini mencakup penyebab akun pembeli dan akun penjual dibatasi. Berikut informasi lengkapnya:

Penyebab Akun Shopee Dibatasi Untuk Pembeli

Berikut ini adalah penyebab-penyebab akun pembeli dibatasi pihak Shopee:

  1. Pembeli ketahuan melakukan pembuatan pesanan palsu atauĀ fake order
  2. Menyalanggunakan voucher atau promo Shopee
  3. Melakukan tindakan penipuan
  4. Melanggar syarat dan ketentuan Shopee. Untuk membaca syarat dan ketentuan, Sobat MEA bisa bukaĀ halaman resmi Shopee.

Penyebab Akun Shopee Dibatasi Untuk Penjual (Seller)

Berikut ini adalah penyebab akun Shopee seller atau penjual dibatasi ole Shopee:

  1. MelanggarĀ syarat layanan dan peraturan Shopee Seller. Karena itu penting untuk memahami peraturan Shopee
  2. Memiliki lebih dari 5 toko menggunakan data pribadi yang sama
  3. Melakukan percobaan peretasan akun atau terdapat upaya peretasan pada akun
  4. Memalsukan informasi penjualan produk
  5. Melakukan manipulasi dan menyalahgunakan voucher, promosi atau fitur gratis ongkir
  6. Melakukan tindakan penipuan
  7. Melakukan spam
  8. Menjual produk jasa atau produk digital di kategori atau sub kategori yang nggak relevan
  9. Menggunakan produk duplikat
  10. Membuat pesanan atau melakukan checkout palsu alias fake order
  11. Melanggar penggunaan fitur chat Shopee
  12. Memiliki tagihan SPayLater yang belum dibayarkan
  13. Produk yang Sobat MEA jual sudah pihak Shopee hapus sampai 20 kali
  14. Melakukan pelanggaran kebijakan logo yang digunakan diĀ Profil Toko
  15. Akun Shopee dibatasi karenaĀ SPaylaterĀ tidak dilunasi.

Penyebab Akun Shopee Dibekukan Permanen

Berikut ini adalah penyebab akun Shopee pembeli atau penjual dibekukan secara permanen:

  • Terdeteksi melakukan double login pada akun dalam waktu bersamaan
  • Adanya aktivitas mencurigakan di akun Shopee
  • Melanggar kebijakan Shopee yang berat
  • Ā Melakukan penipuan atau aktivitas ilegal
  • Mendapat keluhan berulang dari pelanggan
  • Terdeteksi melakukan aktivitas menganggu atau spam
  • Melakukan tindakan manupulatif pada aplikasi.

2 Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Dibatasi

penyebab akun shopee dibatasi

Setelah mengetahui penyebab akun Shopee dibatasi, sekarang saatnya kita membahas bagaimana sih cara mengembalikan Sobat MEA tentu harus memahami bagaimana cara mengembalikan atau mengatasi akun Shopee yang dibatasi. Ada 2 cara mengatasinya yakni untuk akun pembeli dan akun penjual. Nah berikut ini langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti;

1. Cara Mengatasi Akun Shopee yang Dibatasi Untuk Penjual

Berikut ini adalah langkah-langkah memulihkan akun Shopee pembeli yang dibatasi:

  • Buka notifikasi pembatasan akun pada aplikasi Shopee atau notifikasi yang masuk pada email
  • Periksa penyebab dan instruksi dari pihak Shopee untuk mengaktifkan kembali akun yang dibatasi
  • Jika mendapat instruksi, Sobat MEA bisa langsung masuk ke halaman formulir permintaan aktivasi akun atau Sobat MEA bisaĀ klik di sini
  • Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan mulai dari foto kartu indentitas, bukti pembelian produk (nomor resi, foto produk yang dibeli,Ā screenshoot riwayat cat sampai ID Pesanan)
  • Berikutnya masukan informasi yang dibutuhkan pada halaman formulir aktivasi akun mulai dari Username Shopee, Alamat Email, nomor HP, kendala yang dihadapi, bukti screen shoot,Ā dokumen pendukung dan informasi lain yang dibutuhkan
  • Pastikan cek semua formulir sudah terisi dan sesuai dengan data yang ada
  • Selesai. Sobat MEA tinggal menunggu balasan dari pihak Shopee.

2. Cara Mengatasi Akun Shopee yang Dibatasi Untuk Seller

  • Siapkan dokumen seperti foto kartu identitas, foto izin usaha, bukti pengiriman produk, bukti seller memiliki produk (resi, faktur, supplier) dan informasi bisnis lainnya
  • Setelah semua dokumen siap, Sobat MEA bisa masuk ke halaman formulir pengajuan pengaktifkan akun Shopee atauĀ klik di sini
  • Ketika halaman dibuka, isi semua informasi secara lengkap dan upload semua dokumen yang dibutuhkan. Sobat MEA juga wajib membuat surat pernyataan berdasarkan penyebab pembatasan akun Shopee seller
  • Jika semua data, dokumen dan surat pernyataan diisi lengkap, Sobat MEA bisa klik tombolĀ Kirim
  • Selesai. Sobat MEA tinggal menunggu pihak Shopee menghubungi Sobat MEA lewat email atau notifikasi untuk melakukan pengaktifan akun kembali.

Nah begitulah penyebab, syarat memulihkan dan cara mengembalikan akun Shopee. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MEA ya. Amin!

You may also like

Leave a Comment