Jika Sobat MEA menggunakan Instagram sebagai salah satu media digital marketing bisnis, tentu sudah mengetahui ada dua metrik penting yaitu reach dan impression. Reach instagram adalah tolak ukur saat menayangkan ads dan melihat hasilnya. begitupun Impression. Tapi ternyata masih banyak yang belum bisa membedakannya.
Istilah reach dan impression sendiri sebenarnya bukan hal baru di sosial media. Sobat MEA juga bisa menemukannya di sosial media lain seperti Facebook. Hanya saja setiap sosial media memiliki istilahnya masing-masing.
Sementara di Instagram, reach adalah suatu jangkauan yang mengacu pada jumlah akun yang telah menonton konten. Jika 100 akun telah menonton kontenmu, Maka artinya Sobat MEA mendapatkan reach sejumlah 100. Sedangkan Impression adalah ketertarikan yang mengacu pada berapa kali kontenmu tampil di layar pengguna.
Butuh Bimbingan Khusus Untuk Jualan di Instagram?
Contohnya, kontenmu telah tampil di 300 layar pengguna, maka Sobat MEA telah mendapatkan impression sebanyak 300.
Biasanya jumlah impression akan lebih tinggi daripada reach. karena 1 pengguna bisa memberikan impression lebih dari 1x. Tapi tergantung seberapa banyak pengguna tersebut menonton konten. Sudah tahu kan perbedaan singkatnya? Nah, Sobat MEA perlu memahaminya. Selain acuan, juga memberikan beberapa manfaat di bawah ini.
Pentingnya Mengetahui Reach dan Impression di Instagram
Khususnya jika Sobat MEA menerapkan digital marketing melalui Instagram, reach dan Impression ini akan berguna sekali. Apalagi saat Sobat MEA nantinya melakukan pemasangan iklan, Sobat MEA harus tahu iklan tersebut berhasil atau tidak. Caranya ya dari reach dan Instagram ini.
Selain itu, jika Sobat MEA paham perbedaan keduanya, Sobat MEA juga akan mendapatkan manfaat-manfaat sebagai berikut:
Brand Awareness
Reach sangat berguna untuk membangun brand awareness. Jika angka reach akunmu mencapai angka yang signifikan, bisa dibilang brand awareness dari brand milikmu juga mulai mengalami kenaikan. Artinya, jangkauan pasar bisnismu juga semakin luas.
Hasil Iklan Joss Hanya dengan 1x Klik!
Menambah Audiens
Di dunia pemasaran sosial media, jumlah audiens berperan penting dalam kesuksesannya. Dengan mengetahui perbedaan dari reach dan impression, Sobat MEA dapat dengan mudah memenangkan hati audiens dan menambah audiens di akunmu.
Menjalin Hubungan Baik dengan Audiens
Memiliki banyak followers saja tidak cukup. Karena bisa di katakan berhasil jika Sobat MEA juga menjalin ikatan antara brand dan audiens.
Sobat MEA juga akan tergolong berhasil jika sudah mampu memberikan pengaruh pada audiens. Maka bangunlah hubungan yang kuat dan konsisten dengan audiens. Karena akan sangat memengaruhi performa pemasaran sosial media untukmu.
Nah, setelah mengetahui perbedaan antara Reach dan Instagram, lantas apa yang lebih cocok menjadi patokan dalam pemasaran di sosial media mu terutama Instagram?
Reach Vs Impression: Mana yang Lebih Penting?
Perlu diketahui, Reach dan impression mengacu pada dua aktivitas yang berbeda yang bergantung pada sasaranmu.
Jika Sobat MEA ingin melacak konten dari waktu ke waktu, atau jika Sobat MEA ingin mengetahui berapa banyak tayangan iklanmu, maka Impression bisa menjadi alat ukur yang tepat. Sobat MEA bisa menilai kesalahan dari konten serta dari sisi tayangan.
Sementara untuk reach sendiri dapat membantumu mengetahui apakah ada yang salah dengan materi konten. Jika konten atau iklan mendapatkan penambahan followers, atau malah berujung pada konversi, artinya Sobat MEA perlu upgrade materi konten.
Yuk, Ciptakan Feed IG Lebih Menarik dengan Canva!
Sebenarnya Reach dan impression Instagram bisa fokus secara bersamaan untuk membantumu mengetahui efektivitas kampanye pemasaran sosial media yang telah di lakukan. Hanya saja reach Instagram adalah jangkauan yang tentunya berbeda dengan impresi audiens. Sehingga perhatiannya perlu mengarah satu persatu.
Nah, setelah Sobat MEA dapat membedakan kedua metrik tersebut, Sobat MEA bisa mulai membangun engagement di Instagram, Karena secara garis besar, kampanye sosial media bertujuan meningkatkan engagement. Jika kontenmu tidak menghasilkan like, comment, berarti ada yang salah dengan kontenmu.
Bagaimana? Mudah bukan untuk memahami Reach dan Impression di Instagram? Semoga setelah ini Sobat MEA dapat memaksimalkan kedua metrik ini dengan baik, ya. Karena sangat menunjang perkembangan bisnismu di Instagram. Semoga bermanfaat!