Strategi decoy price – ketika kamu melihat mengenai marketer, wajib memahami sebuah istilah dengan menerapkan bisnis yang perlu dikelola. Strategi marketing yang harus kamu mulai dari jangka panjang.
Strategi marketing yang ini mempunyai kemampuan orang untuk menghipnotis pembeli. Selain itu, kamu harus mengeksekusi dengan baik, penjualan kamu bisa meningkat berkali-kali lipat.
Baca Juga Tips Penting Selalu Dapet Orderan 99++
Apa pengertian Strategi decoy price?
Strategi decoy price merupakan sebuah strategi konsumen cenderung mengganti pilihan diantara dua opsi saat memberikan sebuah opsi yang tidak seimbang. Kemudian pilihan ini akan membuat satu harga menjadi tidak masuk akal, sementara satu hal lainnya terlihat sangat menguntungkan.
Kenyataannya kamu perlu mempermainkan harga yang akan bertujuan mengarahkan pembeli kepada produk yang mahal strategi decoy price. Dalam psikologi marketing, efek decoy juga sering disebut sebagai attraction effect asymmetric dominance effect, yang bisa mendongkrak penjualan.
Strategi decoy price
Supaya semuanya terlihat lebih mudah, kamu bisa melihat beberapa contoh penggunaan dari Decoy effect.
Misalnya saja kamu akan menonton di bioskop dan hendak membeli popcorn. Kamu pasti melihat bahwa mereka menjual popcorn dalam berbagai ukuran. Contohnya akan seperti ini :
- Popcorn small : Rp. 50.000
- Popcorn ukuran medium Rp. 80.000
Kebanyakan orang yang melihat dua opsi pilihan ini akan memilih antara ukuran small atau medium, dan kebanyakan akan memilih ukuran yang small karena terasa lebih hemat di kantong.
Namun ceritanya akan berbeda jika, pembeli diberikan pelayanan
- Popcorn small Rp. 50.000
- Popcorn ukuran medium Rp. 85.000
- Large Rp. 90.000
Ketika orang yang memilih ukuran medium, kemudian akan diingatkan oleh SPG atau si penjual, “Cuma beda 5.000 ka, ga sekalian ambil yang ukuran large aja biar hemat?”
Tapi sebagus apapun strategi yang digunakan tanpa adanya customer yang berkompeten, tetap tidak akan terjadi penjualan, makanya yuk kamu ajak para karyawan atau dirimu sendiri belajar di kelas Customer Service MEA.
Kelas Shopee Premium
Dan begitu pula kebanyakan orang lainnya, mereka akan memilih ukuran large, karena secara matematika mereka merasa lebih diuntungkan. Mari kita lihat perbandingan setelah adanya Strategi decoy price.
Sebelum ada Strategi decoy price.
Rp. 50.000 x 50 = Rp. 2500000
Rp. 85.000 x 40 = Rp. 3400000
Total : Rp. 2500000 + Rp. 3400000 = Rp. 5.900.000
Setelah ada Strategi decoy price
Rp. 50.000 x 40 = Rp. 2.000.000
Rp. 85.000 x 20 = Rp. 1.700.000
Rp. 90.000 x 55 = Rp. 4.950.000
Total : Rp. 2.000.000 + Rp. 1.700.000 + Rp. 4.950.000 = Rp. 8.650.000
Mayoritas customer akan cenderung memilih opsi harga yang akan menggunakan dengan harga yang lebih murah ketika mereka melakukan sebuah transaksi. Opsi ketiga yang dinilai akan lebih banyak menguntungkan dan memberi value yang lebih kepada audiens, dan kamu bisa melihat sendiri efek yang dihasilkan bisa lebih banyak bukan? Selain penjualan semakin banyak karena tersedia banyak pilihan untuk dijual.
Ketika kamu melihat sebuah tujuan yang dihasilkan dari Strategi decoy price adalah dengan tujuan agar orang-orang bersedia membeli dengan paket yang lebih besar karena mereka merasa lebih diuntungkan.
Harga ketiga yang diberikan akan mengacaukan pilihan pertama yang diberikan,
Untuk memberikan hasil dari decoy effect adalah bisa dilakukan dengan beberapa cara
1. Memberikan variasi harga yang beragam
Contoh decoy effect yang bisa kamu berikan dengan harga yang cukup berbeda. Dengan adanya satu ukuran kecil, sedang dan besar. Berbagai ukuran ini diberikan untuk memberikan efek tidak membandingkan karena harga yang diberikan tidak jauh berbeda.
2. Paket harga dengan fitur didalamnya
Ketika kamu melihat sebuah penawaran harga dengan memberikan kelebihan berbagai fitur di dalamnya, kamu lihat dalam produk digital.
Contohnya seperti yang dilakukan Canva dengan konsep harga berikut
Annual Plan US$ 69,99
Lifetime Plan US$ 89,99
Bundle Annual Plan US$99.87
Sampai sini kamu sudah bisa melihat mana produk atau paket harga yang lebih banyak dipilih oleh orang-orang?
Jasa Optimasi Marketplace
3. Opsi bundling harga
Dengan konsep yang satu ini tidak akan memberikan konsep yang jauh berbeda, sederhananya kita memberikan harga untuk grosir untuk mereka yang membeli dalam jumlah lebih.
Misalnya saja :
Harga kunciran 1 pcs 6.000
Harga kunciran 2 pcs 5.500
Harga kunciran 6 pcs 4.000
Walaupun kamu belum tau, apa tujuan membeli kunciran sebanyak itu untuk apa, tapi pasti kamu akan memilih harga yang jauh lebih murah bukan? Namun produk yang kamu berikan lebih murah.
Cara ini juga bisa kamu terapkan jika berjualan online, nah makanya jangan sampai kamu salah menggunakan teknik yang satu ini dan malah backfire karena dianggap menipu pelanggan. Sampai sini kamu bisa menggunakan jasa MEA untuk membantu dalam emngembangkan bisnsi untuk menjadi lebih baik lagi.