Seperti yang kita ketahui, social media marketing kerap diandalkan oleh pebisnis online untuk mengembangkan bisnisnya. Termasuk strategi marketing di Instagram, telah menjadi platform yang digunakan oleh berbagai brand untuk membangun brand awareness dan mempromosikan produk melalui fitur-fiturnya.
Hal ini tentu saja tidak lepas dari mudahnya berinteraksi yang bisa dilakukan di Instagram. Instagram menyediakan berbagai fitur menarik yang memudahkanmu untuk menjalin hubungan dengan pelanggan secara langsung. Tentunya ini dapat memudahkanmu dalam memikat hati audiens terhadap bisnismu.
Selain itu, Instagram juga memudahkanmu dalam menjangkau audiens yang lebih luas melalui fitur Instagram ads, boost a post, hashtag, explore, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran jika strategi marketing di Instagram kian dipercayai oleh pebisnis.
Tapi perlu diketahui, Instagram marketing ini tidak serta merta bisa langsung digunakan. Strateginya perlu disesuaikan dengan perubahan tren dan algoritma yang berlaku. Untuk hal ini, Sobat MEA perlu mengikuti update terkini terhadap perkembangan Instagram. Lantas apa saja strategi marketing di Instagram yang bisa digunakan? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!
Table of Contents
Mengapa Perlu Strategi Marketing di Instagram?
Sebagaimana yang kita ketahui, Instagram memiliki banyak kelebihan yang sangat mendukung performa digital marketing. Sehingga ini menghasilkan alasan bisnis memerlukan strategi marketing di Instagram. Berikut beberapa alasan yang terkait:
1. Jumlah Pengguna Instagram yang Tinggi
Melansir laman We Are Social, Instagram telah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia per bulan Januari 2023. Jumlah ini tentu tidak sedikit dan memungkinkanmu untuk menjangkau audiens secara luas dan membangun interaksi melalui balasan komentar, like, share, hingga mengirim pesan langsung (DM).
2. Sebagai Katalog Online
Instagram adalah media sosial yang berbasis visual. Sehingga banyak bisnis yang memanfaatkannya sebagai katalog online dengan mengunggah foto-foto produk di akun Instagram dan membuat mereka tidak perlu membagikan katalog fisik. Dengan konten yang menarik dan konsisten, calon pelanggan yang melihatnya juga akan semakin yakin untuk bertransaksi.
3. Inovasi Fitur yang Signifikan
Instagram juga terus mengembangkan dan menghadirkan berbagai fitur menarik seperti Instagram Story, IG Reels, IGTV, IG Ads, hingga Instagram Shopping yang memudahkan pengguna untuk menjual dan membeli produk secara langsung. Perkembangannya yang signifikan tentu perlu strategi marketing yang efektif.
4. Dapat Langsung Berinteraksi dengan Audiens
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Instagram memudahkan pengguna untuk membangun interkasi dengan audiens secara langsung. Terlebih, dengan adanya fitur direct message (DM), kolom komentar, dan stiker tanya jawab di Instagram Story. Nah, dengan fitur-fitur tersebut, Sobat MEA dapat menerima feedback dan menjawab pertanyaan dari pengguna dengan cepat.
Strategi Marketing di Instagram yang Efektif
Lantas apa saja strategi marketing di Instagram yang bisa digunakan? Dalam hal ini, MiMe akan bagikan beberapa rekomendasi Instagram marketing yang terbukti efektif. Berikut uraian lengkapnya:
1. Branding Profil Bisnis
Tahapan pertama, Sobat MEA perlu membangun branding pada profil Instagram bisnis. Pastikan Sobat MEA sudah memiliki akun Instagram for Business terlebih dahulu. Kemudian Sobat MEA bisa melakukan branding bisnis dengan berbagai cara, antara lain:
- Mengguanakan username Instagram yang sesuai dengan bisnis dan mudah diingat.
- Mendesain logo untuk dijadikan sebagai foto profil Instagram.
- Menulis bio Instagram dengan penjelasan bisnis dan mengubah font bio agar lebih menarik.
- Menambahkan CTA jika ada promo yang sedang berlangsung.
- Menyertakan tautan yang diarahkan ke website bisnis milikmu jika ada.
- Membuat highlight dari story yang berisi hal-hal penting seperti promo atau produkmu.
2. Optimasi Feed Instagram
Sobat MEA juga perlu membuat feed Instagram dengan rapi dan tertata. Hal ini bertujuanagar pengunjung bisa tertarik untuk melihat postingan-postinganmu.
Dengan mengoptimasi feeds Instagram, Sobat MEA dapat mengatur dan mengoptimalkan tata letak, urutan, dan kualitas konten yang lebih menarik.
Ada beberapa strategi yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi feeds Instagram antara lain tema yang konsisten, urutan postingan yang tertata, dan kualitas gambar dan teks yang baik dalam setiap postingan.
3. Buat Caption yang Menarik
Jangan lupa untuk memasukkan caption yang menarik. Karena ini menjadi strategi dalam Instagram marketing yang sangat penting. Dengan caption, Sobat MEA dapat mendapatkan perhatian pengunjung untuk melihat dan berinteraksi dengan postinganmu.
Tapi untuk hal ini, Sobat MEA perlu memikirkan tema atau pesan yang ingin disampaikan. Sobat MEA juga perlu memperhatikan panjang caption, pemilihat kata, dan sesuaikan dengan konteks postingan.
Di dalamnya, Sobat MEA juga bisa menyisipkan emoji atau emotikon yang dapat menambahkan kesan lebih ekspresif. Sehingga Sobat MEA dapat meningkatkan interaksi dan meningkatkan brand awareness di Instagram.
4. Gunakan Branded Hashtags
Sobat MEA juga perlu menggunakan hashtag yang relevan pada konten yang ingin diposting. Ini penting untuk meningkatkan visibilitas dan mencapai audiens yang lebih luas. Adapun teknik penggunaan hashtag yang populer yaitu branded hashtags.
Dengan kata lain, branded hashtag merupakan tagar yang mengarahkan pengunjung ke produk bisnismu secara langsung. Hashtag yang digunakan juga bisa bisa berupa tagline bisnis atau campaign yang sedang berlangsung.
5. Meningkatkan Engagement Akun
Engagement juga menjadi hal yang terpenting pada akun Instagram. Pasalnya semakin tinggi engagement atau tingkat keterlibatan pengguna terhadap konten, artinya semakin bagus kualitas konten tersebut.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan engagement di Instagram seperti membuat konten menarik sesuai niche bisnis, mengikuti tren yang sedang viral, hingga mengadakan giveaway.
6. Memanfaatkan Fitur Instagram Bisnis
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Instagram for Business memiliki berbagai fitur menarik yang bisa mendukung perkembangan bisnis. Berikut beberapa di antaranya:
- Insights: Berperan dalam performa akun bisnismu. Fitur insights Instagram dapat menunjukkan followers baru, jumlah unfollowers, frekuensi profil akunmu dikunjungi, jumlah impressions, dan masih banyak lagi.
- Instagram Ads: Berguna untuk memasang iklan di Instagram yang dapat meningkatkan penjualanmu.
- Tombol kontak: Memudahkan calon konsumen dalam menghubungimu melalui nomor telepon ataupun email.
- Quick Reply: Memungkinkanmu untuk membalas cepat berbagai pesan masuk melalui direct message (DM). Sobat MEA bisa mencobanyak dengan memilih menu Bisnis dari Pengaturan, pilih Balasan Cepat, lalu klik tombol “+” yang ada di kanan atas. Lalu tulis pesanmu beserta shortcut-nya untuk mengaktifkan pesan cepat yang sudah dibuat sebelumnya.
- Swipe Up: Jika akun bisnismu memiliki lebih dari 10 ribu followers, Sobat MEA bisa menambahkan tautan ke stories melalui fitur swipe up. Sehingga ketika mereka menggeser ke atas, mereka bisa langsung diarahkan ke halaman website atau landing page.
7. Memaksimalkan Instagram Ads
Menariknya, Sobat MEA juga bisa beriklan di Instagram Ads untuk memaksimalkan promosi bisnis di Instagram. Dengan memasang iklan, Sobat MEA dapat menjangkau audiens yang jauh lebih luas bahkan hingga luar negeri yang tentu penting untuk bisnismu.
Tapi hal ini tentu saja tidak gratis. Sobat MEA perlu menyiapkan alokasi anggaran untuk beriklan. Tapi tenang, pemasangan iklan di Instagram Ads sendiri bisa Sobat MEA atur sesuai budget.
Nah, bagaimana? Jadi semakin paham kan bagaimana strategi marketing di Instagram yang perlu dilakukan? Tentunya ini akan membantumu dalam memaksimalkan bisnis di Instagram. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat, selamat mencoba!