Marketplace adalah salah satu muara yang sangat cocok untuk Sobat MEA manfaatkan dalam berbisnis online. Selain membentuk branding di media sosial, Sobat MEA juga harus taku cara ikut campaign Shopee dan marketplace lainnya serta menerapkan strategi promosi di marketplace.
Seperti kita tahu, setiap marketplace yang mengadakan campaign akan mengalami kenaikan jumlah pengunjung pada aplikasi atau website mereka. Hal ini tentu sangat menguntungkan penjual yang ingin meningkatkan jumlah penjualan mereka.
Sebelum itu, kita akan membahas beberapa hal yang harus Sobat MEA persiapkan sebelum ikut campaign marketplace. Yuk simak!
Campaign Marketplace Bisa Untungkan Seller
Sadar atau nggak sadar, beberapa waktu terakhir, marketplace senang mengocorkan dana untuk membantu promosi para seller di platform mereka. Hal ini mereka lakukan untuk mengejar target omzet marketplace itu juga.
Atas alasan ini, Sobat MEA yang merupakan seller harus bisa memanfaatkan dengan cara membuat strategi promosi di marketplace yang sedang melakukan campaign.
Misalnya, Sobat MEA bisa ikut campaign-campaign dari Shopee yang sering membakar uang atau juga ikut dengan event dari TikTok Shop yang sedang melakukan campaign TikTok For Small Bisnis.
Lantas, apa saja sih hal yang harus kita persiapkan sebagai bentuk strategi promosi di marketplace? Nah berikut ini adalah beberapa di antaranya. Yuk langsung simak aja di bawah ini!
Jumah Pengunjung
Pertama ada jumlah pengunjung. Toko Sobat MEA harus tahu jumlah pengunjung dan hasil pencarian produk yang kamu jual. Misalnya, dalam 1 bulan Shopee mencatat berapa orang yang mencari produk fashion. Setelah itu, bandingkan dengan traffic toko Sobat MEA.
Sebenarnya berapa persen toko Sobat MEA mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian. Jika kamu mendapatkan 5% dari total, itu sudah bagus. Kalau mendapat 10%-20% toko kamu berarti terhitung kuat di marketplace tersebut.
Tingkat Konversi
Selain melihat jumlah pengunjung, Sobat MEA juga bisa memeriksa konversi toko. Sebelum toko Sobat MEA ikut dalam campaign ini, angka konversi ini sangatlah penting untuk Sobat MEA tahu.
Karena MEA memiliki lebih dari 100 client aktif setiap bulannya, kita menjadi tahu beberapa hal menarik. Market leader di kategori tertentu bisa mendapat konversi 8-10% sedangkan konversi toko normal menapai 1-2%. Coba deh Sobat MEA periksa berapa konversi toko setiap bulannya~
Loyalitas Pelanggan
Terakhir, Sobat MEA juga harus memeriksa seberapa loyal pembeli untuk kembali ke toko Sobat MEA. Hal ini bisa Sobat MEA lihat dari data bisnis, banyaknya pelanggan baru, produk apa yang biasa pelanggan beli dan lain sebagainya.
Jika angka pelanggan lama mencapai 5-10%, itu artinya bisnis Sobat MEA sudah berjalan dengan sangat baik menurut indikatornya
Nah itu dia beberapa hal yang harus Sobat MEA perhatikan sebelum menerapkan strategi promosi di marketplace. Gimana? Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MEA semua ya.
Jika masih bingung dan ingin cari tahu, Sobat MEA bisa berkunjung ke Komunitasmea.com atau klik banner di bawah ini!