Serba-Serbi Target Audience TikTok Ads dan Cara Memanfaatkannya

by Husna Rahman
target audience tiktok ads

Target audience sangat menentukan keberhasilan jalannya iklan Sobat MEA di platform TikTok. Apabila target audience TikTok Ads yang diatur memiliki kekeliruan, iklan bisa jadi nggak efektif dan membuat uang terbuang sia-sia.

Namun, mengatur target audience bukan perihal mudah. Banyak sekali yang perlu Sobat MEA pahami sebelum mulai menarget audience. Hal-hal seperti pemahaman produk, karakter customer, dan lain-lain harus Sobat MEA pahami di luar kepala.

Karena itu, Komunitas MEA hendak membantu kamu supaya nggak kebingungan saat memilih target audience. Yuk simak artikel ini sampai habis!

Audience

Lagkah pertama dalam menarget audience adalah kolom Audience. Pada langkah ini kamu diminta untuk memilih grup grup pengguna untuk masuk atau keluar dari penargetan. 

Kamu dapat menambahkan grup dengan mengklik tombol Buat Baru lalu tentukan ingin memilih Audience Khusus atau Audience Serupa

Namun, langkah ini merupakan langkah opsional yang artinya bisa saja kamu lewati. Kamu juga baru bisa mengisi kolom ini apabila pernah mengiklan sebelumnya atau telah memiliki data audience iklan kamu. 

Demografis

TikTok Ads

Terdapat empat demografis yang bisa kamu pilih yaitu lokasi, usia, gender, dan bahasa. Kamu dapat memilih sesuai audience produk kamu. 

Perlu Sobat MEA perhatikan, semakin luas audience yang di target maka semakin mahal juga biaya iklan. Kamu dapat melihat luasnya target audience dan juga harga lewat kotak pojok kanan atas yang bertuliskan Audience TikTok Ads yang tersedia.

Penargetan Minat dan Perilaku

Audience TikTok
  1.  Tambahkan minat, pilih topik yang audience kamu sukai atau yang dekat dengan produk kamu. Kamu bisa memilih banyak minat namun dengan format ‘atau’ bukan ‘dan’. Maksudnya apabila kamu memilih Pendidikan, Teknologi, kamu memilih audience yang memiliki ketertarikan pada Pendidikan atau Teknologi. Semakin banyak minat yang kamu pilih maka audience semakin luas
  2.   Perilaku Interaksi Video, pilih interaksi yang kamu harapkan dari adanya ads, apakah menonton sampai akhir, menyukai, mengomentari, atau membagikan. Setelah memilih TikTok akan menyebarkan iklan kepada user yang memiliki kecenderungan interaksi yang kamu pilih.
  3.  Interaksi kreator, pilihan ini sama seperti pilihan sebelumnya namun target yang bisa kamu harap adalah follow atau profil visit.
  4.  Interaksi tagar, kamu bisa menspesifikan lagi target audience berdasarkan tagar yang sering mereka kunjungi. Namun kolom ini belum terlalu efektif karena penggunaan tagar di TikTok yang belum signifikan.

Perangkat

Kamu dapat mengatur standar perangkat yang ditarget oleh iklan kamu. Mulai dari Versi OS, Model Perangkat, Jenis Koneksi, Operator, hingga harga perangkat. pengaturan ini akan sangat efektif untuk produk elektronik yang membutuhkan analisa perangkat customer.

Nah itu dia serba serbi target audience yang ada di TikTok Ads. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin memaksimalkan iklan di TikTok. Aminn

You may also like

Leave a Comment

kursus jualan online

Kontak

+6282117932648

Head Office

Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184

Branch Office

Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184

Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat