Teknik Berbisnis di TikTok yang Menguntungkan – Seperti yang sudah diketahui jika TikTok merupakan media sosial yang berbasis video singkat yang memiliki durasi 15 hingga 60 detik. Walaupun sekilas tidak ada perbedaan dengan media sosial lain yang memiliki basis video seperti youtube. Nah bedanya jika pengguna youtube harus menggunakan software dari pihak ketiga untuk merekam dan mengedit, jika TikTok pengguna dapat merekam dan mengedit serta menambahkan sound, filter, stiker lucu yang tidak harus memakai aplikasi lain.
TikTok juga memang dikenal sebagai aplikasi joget-joget, Tetapi tidak hanya itu saja sekanrang TikTok menjadi media sosial yang bisa dipakai untuk promosi. Nah berikut adalah beberapa teknik berbisnis di TikTok yang menguntungkan.
Teknik Berbisnis di TikTok yang menguntungkan
– Kalian Harus membuat akun bisnis
Untuk kalian yang melakukan promosi untuk bisnis agar lancar maka kalian harus membuat akun bisnis di TikTok. Kalian unduh dahulu aplikasinya lalu isi data informasi yang diperlukan lalu kalian bisa membuat akun tersebut menjadi akun bisnis yang ada pada menu kelola akun saya. Kalian juga harus menggunakan foto yang menarik dengan tulisan bio singkat tentang bisnis kalian.
– Kalian harus mengenali TikTok lebih dalam
Kalian harus mengenal TikTok lebih dalam karena TikTok tidak sama dengan instagram yang dipenuhi nuansa estetik serta penuh dengan gaya atau facebook yang berkesan serius dan tua. TikTok itu dipenuhi oleh milenial serta generasi Z jadi kalian harus paham dengan benar bagaimana cara kerjanya dan konten apa yang di minati.
– Kalian harus fokus pada pembuatan serta kualitas konten
Banyak orang yang bisa membuat konten dan menjadikannya viral, tetapi kalau konten kalian hanya biasa-biasa saja serta tidak memiliki value untuk diunggulkan maka bisa dipastikan jika konten kalian tidak menarik dan tidak akan membuat pelanggan tertarik membeli.
Jadi kalian harus membuat konten yang menarik serta semenyenangkan mungkin. Kalian harus mempelajari konten yang sedang trending dan viral karena akan membuat konten kalian dapat membaur secara alami. Nah berikut beberapa jenis konten promosi yang bisa kalian coba
Kelas TikTok Premium
Jenis-jenis konten promosi
- Pertama Behind the scene
Konten behind the scene akan menarik karena konsumen lebih peduli dengan apa yang mereka beli, yang mereka makan, serta yang mereka pakai. Jadi konten ini dapat menjadi salah satu strategi yang bisa untuk menarik konsumen. Kalian bisa menceritakan kisah awal bisnis kalian atau masa-masa sulit yang membuat kalian harus bertahan di masa pandemi.
– Kedua Tutorial
Kalian juga bisa mencoba konten tutorial seperti tutorial kecantikan membuat alis yang natural, atau kalian bisa mengunakan produk jualan kalian dengan memberikan tutorial untuk target pasar kalian.
– Ketiga Edukasi
Kalian bisa mencoba konten edukasi, seperti memberikan penjelasan cara yang benar, kenapa cara itu benar.
- Kalian bisa memanfaatkan filter, effect serta sound yang viral
Nah TikTok memiliki keunikannya tersendiri yaitu bisnis kalian akan dikenal walaupun follower masih sedikit dengan menumpang pada fillter, effect, serta sound yang sedang trending. Strategi ini sangat efektif untuk kalian yang ingin memperbanyak jumlah tayang dengan mendtangkan follower baru serta menaikan engagement rate.
- Kalian bisa menggunakan fitur stich
Karena TikTok memberikan fitur yang mudah untuk digunakan oleh pengguna serta mengedit video. Kalian juga harus tahu jika sebagian besar fitur pada TikTok dapat memaksimalkan promosi toko kalian dengan memakai fitur stich. Fitur ini biasa digunakan untuk menanggapi informasi serta menyambung adegan bernuansa komedi.
Jasa Manajemen Sosmed
- Kalian membuat hastag challenge
Kalian bisa membuat hastag challenge yang bertujuan untuk mengundang TikToker untuk memperoduksi ulang konten yang akan membangun engagement serta interaksi. Seperti membuat dance challenge.
- Kolab dengan influencer
Kalian bisa kolab dengan influencer, tetapi kalian harus memilih influencer yang memang kontennya sesuai dengan apa yang kalian inginkan.
- Daftar di TikTok ads
Jika kalian ingin membuat bisnis kalian memiliki jangkauan yang lebih luas, maka kalian bisa menggunakan TikTok ads.
– Brand Takeover
Untuk iklan ini akan muncul ketika kalian membuka aplikasi yang akan memenuhi layar.
– In-Feed Video
Untuk ini akan muncup pada FYP atau for you page sesudah kalian scroll beberapa video.
– Branded AR Content
Untuk iklan ini menggunakan filter atau stiker 2D/3D/AR yang akan memunculkan nama atau brand kalian.
– Hastag Challenge
Untuk iklan ini akan muncul pada halaman discovery dengan menggunakan hastag sendiri yang akan mengajak TikToker untuk ikut berpatisipasi pada challenge.
Nah itulah beberapa teknik berbisnis di TikTok yang menguntungkan, Jika kalian tidak ingin terlalu susah untuk mengikuti tutorial di atas maka kalian bisa menggunakan Jasa MEA yang akan membantu kalian dalam mempromosikan bisnis kalian di media sosial TikTok.