Mengenal TikTok Ads Manager, Manfaat, Hingga Cara Mengaktifkannya. Penting!

by admin
tiktok ads manager

Konten adalah segalanya dalam mendapatkan uang dari TikTok. Bahkan saat menggunakan fitur TikTok Ads Manager, Sobat MEA juga harus membuat konten yang relevan dan bisa memotivasi calon pembeli untuk mengambil tindakan yang spesifik.

Menurut studi komisi TikTok oleh Toluno tahun 2020, 9 dari 10 pengguna TikTok yang menonton iklan mengambil tindakan setelah melihatnya. Tindakan tersebut antara lain seperti, FLKS atau follow, like, komen dan share atau bahkan langsung membeli produk setelah melihat iklan tersebut. 

Dengan ini, TikTok juga membawa hiburan ke dalam pengalaman berbelanja. Sebuah usaha atau brand berhasil masuk ke keranjang belanja melalui konten yang menyenangkan dan menghibur, bukan dengan iklan yang mengganggu.

Tapi di sisi lain, fitur keranjang kuning juga bisa dimanfaatkan untuk iklan agar menjangkau target pasar yang lebih luas dan menghasilkan konversi setelahnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami Ads Manager TikTok, apakah TikTok Ads Manager berbagar, hingga bagaimana cara mengaktifkannya. Yuk, simak!

Table of Contents

Apa Itu TikTok Ads Manager?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman resminya, TikTok Ads adalah fitur utama yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengelola kampanye iklan berbayar di TikTok. Fitur ini memiliki berbagai manfaat untuk Sobat MEA bisa meluncurkan iklan yang efektif, menghasilkan konversi, dan mengukur kinerja. Platform ini lengkap, murah, yang mudah digunakan.

Seiring perkembangan TikTok, beriklan di TikTok pun dianggap sangat bermanfaat. Banyak pebisnis yang terbantu dengan menggunakan layanan ini berkat adanya fitur-fitur marketing di dalamnya yang efektif dan mudah digunakan. 

Lantas ada banyak alasan kenapa TikTok Ads penting untuk diikuti. Terlebih, pengguna TikTok akan mendapatkan pengalaman berbelanja secara full screen dengan sound yang unik di perangkat. Selain itu, dengan beberapa fitur pentingnya, berikut uraian beberapa alasan lain mengapa iklan TikTok patut dipertimbangkan:

  1. For You Feed memberikan calon pembeli sensasi berbelanja lewat toko saat mereka  mencari produk yang relevan lewat penelusuran organik.
  2. Live Streaming TikTok dapat menghasilkan penjualan secara real-time. 35% dari pengguna TikTok menonton live stream dalam HP. Mereka dalam 1 minggu terakhir, 14x lebih tinggi dibandingkan platform lain
  3. TikTok Shop menyediakan pengalaman penjelajahan dan checkout yang mulus tanpa meninggalkan aplikasi.

Kenapa Harus Pakai TikTok Ads Manager?

Saatnya TikTok Shop Lebih Mengudara Lewat MCN TikTok MEA!
Penjualanmu berpotensi meningkat berkali-kali lipat lewat partner profesional yang siap bekerja sama~

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Ads Manager ini unik. Dengan beragam keunikannya tersebut, tentu ada banyak alasan kuat kenapa sih menggunakan iklan TikTok itu worth it untuk melakukan scale up toko dan meningkatkan penjualan produk. Berikut uraian lengkap yang memperkuat manfaatnya:

1. Reach dan Engagement Organik yang Tinggi

Konten iklan Sobat MEA dapat dijangkau banyak orang dengan interaksi yang efektif. Semua iklan yang Sobat MEA upload sudah pasti masuk FYP. Hal ini berbeda dengan cara kerja TikTok Promote. Akan tetapi, Sobat MEA harus memperkuat isi iklan. Konten iklan harus bagus, menarik dan sesuai dengan target pasar.

2. Satu Aplikasi Untuk Semua Objektif Marketing

Dengan beriklan di TikTok, Sobat MEA bisa menambah followers, video views, likes bahkan Sobat MEA bisa maupun mengarahkan calon pembeli masuk ke showcase atau toko TikTok Shop. TikTok juga merupakan salah satu yang bisa disebut ajaib. Pasalnya, TikTok sangat mendukung format dan tools pembuatan konten yang kreatif secara langsung.

3. Dapat Menarget Pengguna yang Spesifik

Salah satu keunggulan iklan TikTok adalah menargetkan calon pelanggan Sobat MEA secara tepat dan spesifik. Yap, Sobat MEA bisa mengatur gender, umur, detail lokasi dan beragam informasi spesifik lain untuk penerima iklan kamu. Selain itu, iklan TikTok juga punya tools analitik yang punya pengukuran transparan dan pendataan yang terpercaya.

Apa Saja Fitur-Fitur TikTok Ads Manager?

Sebelumnya juga telah disinggung bahwa TikTok Ads Manager memiliki fitur yang menarik dan bermanfaat untuk Sobat MEA gunakan dalam berjualan. Nah, berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan ketika menggunakan TikTok Ads Manager:

1. Spark Ads

Manfaatkan format Spark Ads adalah memperkuat konten organik kamu. Format tampilan Sparks Ads menggabung kekuatan TikTok organik dengan kemampuan penargetan, pengoptimalan objektif dan pengukuran. 

Dengan Spark Ads, Sobat MEA sebagai penjual dapat menggunakan konten asli untuk meyakinkan dan meninggalkan dampak yang asli dan nyata dengan komunitas di TikTok. Pada fitur ini, kamu bisa boost konten yang sudah ada di profilmu.

2. Video Shopping Ads

Video Shopping Ads adalah fitur beriklan di TikTok yang memungkinkan Sobat MEA menjual produk melalui iklan video in-feed TikTok. Cara kerjanya adalah saat ada orang yang melihat iklan video Shopping milik Sobat MEA, orang tersebut dapat melihat berbagai produk TikTok Shop milik Sobat MEA. Selain melihat, orang tersebut juga bisa langsung berbelanja.

3. LIVE Shopping Ads

Fitur ini dibangun dengan tujuan memperkuat nilai TikTok sebagai platform belanja satu pintu dengan membangun penjual untuk memperluas jangkauan dan mendorong pengguna yang terlibat masuk ke dalam sesi live. Pada dasarnya, cara kerja fitur ini nggak berbeda jauh dengan live streaming biasa.

Bagaimana Cara Mengaktifkan TikTok Ads Manager?

Setelah mengetahui beragam manfaat, alasan dan keunggulan dari beriklan di TikTok, tentu saja Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara mengaktifkan TikTok Ads Manager. Nah daripada penasaran, yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Pertama, buat akun TikTok Ads Manager melalui situs resmi TikTok Business Manager di sini.
  2. Login dan mulai buat campaign lewat akun TikTok Ads tersebut
  3. Atur placement, detail dan target
  4. Mulai tetapkan anggaran, durasi dan target audiens
  5. Menentukan format dan memilih desain iklan.
  6. Setelah itu, konfirmasi untuk mulai menyebarkan iklan pada target yang sudah Sobat MEA tentukan.
  7. Selesai! Kini TikTok Ads Sobat MEA siap mengudara.

Nah itulah beragam cara menggunakan TikTok Ads, manfaat, keunikan dan juga jenis-jenis format iklan yang bisa Sobat MEA gunakan. Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA dalam memaksimalkan dan menggunakan TikTok Business manager ya!

You may also like

Leave a Comment