Bagi penjual, pesanan yang dikembalikan atau diminta pengembalian dana merupakan hal yang merugikan. Itulah mengapa penjual diwajibkan untuk dapat mengelola toko online dengan baik di platform Shopee. Tapi Sobat MEA tidak perlu khawatir, ada tips meminimalisir pengembalian dana di Shopee yang bisa diikuti untuk menjadikan toko tetap untung.
Pengembalian dana dapat menjadi tantangan besar bagi penjual karena tidak hanya berpengaruh pada pendapatan, tapi juga reputasi toko. Itulah mengapa kita dituntut untuk selalu menghadirkan produk dan pelayanan berkualitas bagi pelanggan.
Tapi komplain pelanggan dapat datang tanpa disangka. Bahkan ada juga yang sampai meminta pengembalian dana. Oleh karenanya, MiMe akan membagikan tips meminimalisir pengembalian dana di Shopee yang penting bagi penjual. Simak!
Alasan Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee
Sebenarnya ada beberapa alasan umum yang digunakan oleh pembeli mengajukan pengembalian dana. Dikutip dari laman Shopee Seller Center, berikut beberapa alasan pengembalian dana di Shopee yang sering terjadi:
- Produk Tidak Sampai: Pembeli tidak menerima paket yang dikirim oleh penjual, karena kelalaian pihak jasa kirim.
- Produk Tidak Sesuai: Pembeli menerima produk yang tidak sesuai pesanan, seperti salah ukuran, warna, atau jenis karena kelalaian Penjual.
- Produk Cacat: Pembeli menerima produk dengan kondisi cacat karena kelalaian Penjual atau pihak jasa kirim dalam proses pengemasan atau pada saat proses pengiriman.
- Produk Tidak Lengkap atau Kosong: Pembeli menerima produk yang tidak lengkap atau paket kosong karena Penjual kurang teliti saat mengemas produk.
Tips Meminimalisir Pengembalian Dana di Shopee
Dikutip dari laman Shopee Seller Center, berikut beberapa tips meminimalisir pengembalian dana yang efektif, antara lain:
1. Memilih Solusi yang Sesuai Alasan
Seperti yang disingggung sebelumnya, ada beberapa alasan yang menyebabkan pembeli mengajukan pengembalian dana. Nah, Sobat MEA bisa melakukan solusi berdasarkan alasan yang dipilih oleh pelanggan. Jadi, harap cari tahu alasan dibalik permintaan pengembalian dana yang terkait.
Misalnya, pesanan tidak sesuai, Sobat MEA bisa lebih memperhatikan kembali pesanan pelanggan dan usahakan mengirim barang yang sesuai pesanan. Jika produk/varian habis, bisa informasikan ke pembeli melalui Chat Shopee dan mendiskusikannya dengan pembeli tersebut.
2. Menyiapkan Pengiriman Produk dengan Benar
Pastikan Sobat MEA melakukan persiapan produk yang akan dikirim beserta pengirimannya sesuai dengan prosedur yang benar. Dalam hal ini, penting untuk memeriksa kelengkapan produk terlebih dahulu sebelum dikemas dan dikirimkan.
Pastikan Sobat MEA melakukan QC (Quality Control) terhadap produk pesanan seperti tidak cacat dan berfungsi dengan baik. Gunakan kemasan yang bagus untuk menghindari kerusakan produk dan pantau pengemasan produk yang dilakukan.
3. Memproses Pengajuan Pengembalian Dana dengan Optimal
Ketika ada pengajuan pengembalian dana/barang, penjual perlu memprosesnya dengan baik, mulai dari merespon pengembalian dengan cepat dan tanggap, melakukan diskusi dengan pembeli, memberikan bukti yang kuat, memantau produk yang sering diajukan, dan mengevaluasi jasa kirim yang digunakan.
Dengan begitu, meskipun Sobat MEA mendapatkan pengajuan pengembalian dana/barang, tokomu tetap dianggap profesional oleh pembeli yang bersangkutan. Sobat MEA juga bisa mendapatkan solusi terbaik melalui diskusi, hingga memperbaiki kesalahan atas pengembalian dana/barang di toko Shopee, baik dari produk atau layanan, maupun jasa kirim yang digunakan.
Kira-kira begitulah beberapa tips meminimalisir pengembalian dana di Shopee yang penting untuk dilakukan. Dengan demikian, Sobat MEA bukan hanya meminimalisir ketidakpuasan, tapi juga meningkatkan pendapatan tetapi juga membantu membangun reputasi toko yang baik. Semoga sukses!