Cara Kerja Algoritma Live Shopee dan Tips Memaksimalkannya. Simak!

by Viki
algoritma live shopee

Sobat MEA tentu menyadari bahwa Shopee Live tengah digandrungi oleh banyak pebisnis untuk menambah keuntungan yang maksimal. Tidak terkecuali Shopee Affiliate. Tapi tahu belum nih? Shopee Live memiliki algoritma yang bekerja, lho! Memangnya seperti apa Algoritma Live Shopee tersebut?

Seperti yang kita ketahui, Shopee memiliki fitur Shopee Live yang memungkinkan Pengguna untuk berinteraksi langsung dengan Penonton dan mempromosikan produk secara real time

Menariknya, Sobat MEA bisa mengoptimalkan penjualan melalui fitur keranjang kuning yang bisa diterapkan dalam video. Sehingga Penonton pun akan lebih mudah untuk bertransaksi di tokomu.

Hal ini merupakan salah satu bentuk kinerja Algoritma Live Shopee yang ada di dalamnya. Algoritma ini yang akan memaksimalkan performa siaran yang kita laksanakan di Shopee. Lantas bagaimana cara kerja dan cara memaksimalkannya?  Yuk, simak lebih lanjut!

Table of Contents

Apa itu Algoritma Live Shopee?

Gabung MCN Shopee MEA untuk nikmati hasil yang lebih cuan!
Susah banget saat promosi sendirian? Artinya kamu butuh kolaborasi yang lebih nendang dan dibimbing oleh ahlinya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, algoritma adalah urutan logis ketika mengambil keputusan untuk pemecahan masalah. Dalam digital marketing, susunan logika berpikir ini berubah menjadi bait kode.

Dengan demikian, Algoritma Shopee merupakan susunan bait kode yang bekerja bagi seseorang yang mencari produk di Shopee. Tapi kenyataan sulit yang harus dihadapi adalah algoritma ini bisa berubah-ubah tergantung dari kebijakan platform tersebut.

Dalam hal ini, Fitur Live Shopee juga memiliki algoritmanya sendiri. Adapun mengenai pengertiannya, Algoritma Live Shopee adalah sistem yang dikembangkan oleh Shopee untuk menciptakan interaksi yang kuat antara penjual dan pembeli.

Artikel Terkait  Hemat dan Puas dengan Ikuti Cara Belanja 0 Rupiah di Shopee

Memanfaatkan kecerdasan buatan alias artificial intelligence dan analisis data, algoritma ini dapat menyesuaikan konten Live Shopee dengan preferensi pengguna untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal dan menarik.

Itulah mengapa semakin banyak Seller dan Shopee Affiliate yang berlomba-lomba melakukan Shopee Live yang menarik. Dan mereka berhasil membuahkan live streaming jualan yang cuan.

Bagaimana Algoritma Live Shopee Bekerja?

Saatnya maksimalkan Algoritma Live Shopee sampai cuan maksimal
Tentunya bareng strategi jitu dari seller dan mentor expert di komunitas bisnis MEA!

Sobat MEA tentu penasaran tentang bagaimana Algoritma Live Shopee bekerja bagi bisnis. Nah, terkait hal ini, Sobat MEA tidak perlu kebingungan, berikut penjelasan lengkapnya, antara lain:

1. Menganalisa Referensi Pengguna

 Pertama, Algoritma Live Shopee akan mengumpulkan data dari aktivitas belanja Pengguna, termasuk riwayat pencarian, preferensi produk, dan perilaku pembelian sebelumnya. Data ini kemudian dianalisa untuk memahami preferensi setiap Pengguna.

2. Rekomendasi Konten

Berdasarkan hasil analisa, algoritma menghasilkan rekomendasi konten Live Shopee yang sesuai preferensi pengguna seperti rekomendasi produk, diskon khusus, atau konten hiburan lainnya.

3. Interaksi Lebih Personal

Selama siaran berlangsung, algoritma akan terus memantau respons pengguna terhadap konten yang ditampilkan. Kemudian algoritma akan menyesuaikan konten lebih lanjut untuk mempertahankan minat pengguna.

4. Optimasi Kinerja

Algoritma Live Shopee juga akan mengoptimalkan kinerja live streaming dengan memperhatikan pola interaksi pengguna dan mengidentifikasi keterlibatan dan strategi lainnya yang menghasilkan konversi.

5 Tips Memaksimalkan Live Shopee

1. Ciptakan Live Streaming yang Berkualitas

Pertama, pastikan live Shopee yang dibawakan menarik. Sampaikan informasi yang mudah dipahami dan pastinya relevan dengan produk yang dijual. Pastikan juga Sobat MEA menggunakan kamera yang mumpuni serta telah mengatur pencahayaan dan audio dengan baik.

2. Gunakan Hashtag yang Relevan

Pada live streaming, Sobat MEA juga perlu menggunakan hashtag. Silakan riset hashtag yang populer dan relevan dengan konten live yang dibawakan. Sobat MEA juga bisa menggunakan kombinasi hashtag yang tepat untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

3. Berinteraksi dengan Penonton

Jangan abaikan penontonmu. Pastikan Sobat MEA membangun interaksi yang kuat dengan menjawab komentar dan pertanyaan secara ramah dan sopan. Jika perlu, adakan giveaway atau kuis untuk meningkatkan engagement live streaming

4. Promosikan Live Streaming

Untuk memperbanyak Penonton, Sobat MEA perlu membagikan live streaming ke media sosial lain seperti Instagram, Facebook, dan YouTube. Jika perlu, gunakan iklan Shopee untuk menarik audiens yang lebih luas.

5. Pantau Performa Live Streaming

Jangan lupa gunakan juga fitur analitik Shopee Live untuk mengetahui performa live Shopee. Di sini, Sobat MEA bisa menganalisa dan mempelajari apa yang berhasil dan apa yang perlu dipelajari. 

Nah, begitulah penjelasan mengenai Algoritma Live Shopee beserta tips pentingnya. Semoga artikel ini dapat menginspirasimu untuk memanfaatkan Live Shopee secara maksimal, dan tentunya dapat membantumu meningkatkan penjualan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment