Apa itu Boncos dalam Bisnis? Ini Penjelasan Lengkapnya!

by Nabila Rubianty
apa itu boncos

Kamu pasti sudah sering mendengar kata Boncos. Ya, kata boncos ini menjadi kata gaul yang memang kerap disebutkan oleh kalangan anak muda saat ini. Terutama pebisnis. Namun bagi sebagian orang, mereka terheran heran dengan kata gaul ini. Sebenarnya apa itu boncos?

Kata Boncos sering kali terlihat di berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, hingga TikTok. Singkatnya, kata boncos diartikan sebagai kata rugi bahkan tidak mendapatkan hasil yang menguntungkan. Kata boncos sendiri sering dikaitkan dengan bisnis, investasi, dan lainnya.

Table of Contents

Apa itu Boncos?

Mau Belajar Jualan Online? Yuk Gabung Komunitas Belajar Jualan Online MEA!
Gabung ke komunitas dan belajar bareng seller dan mentor profesional. GRATIS!

Boncos merupakan kata gaul populer yang diungkapkan saat seseorang atau sebuah bisnis mengalami kerugian dan mendapatkan hasil yang tidak berjalan sesuai harapan bahkan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan.

Selain kalangan anak muda, sebenarnya kata ini juga sering digunakan oleh investor dan pelaku bisnis yang sedang mengalami cut loss atau rugi.

Penyebab Boncos yang Sering Terjadi

Pada dasarnya, penyebab dari boncos itu dikarenakan kurangnya persiapan keuangan yang matang. Sehingga inilah yang membuat bisnis mengalami kerugian. 

Penyebab kedua dari kerugian suatu bisnis yaitu tidak efektifnya seseorang dalam menjalani dunia bisnis serta mengatur keuangan perusahaan.

Setelah mengetahui dan memahami apa itu boncos serta penyebab suatu bisnis mengalami boncos atau kerugian. Lalu, bagaimana cara menghindari agar tidak boncos saat berbisnis?

Cara Menghindari Boncos Saat Berbisnis

Ingin Bisnis Kamu Berkembang? Pakai Jasa Digital Marketing MEA Aja!
Dikelola oleh tim berpengalaman dan memiliki ilmu lebih luas mengenai dunia bisnis pastinya bikin bisnis kamu gak stuck disitu-situ aja.

1. Mengatur Keuangan

Menghindari boncos saat berbisnis bisa dilakukan dengan mengatur keuangan yang masuk dan keluar. Membuat laporan keuangan secara mendetail dan terperinci menjadi kunci agar Sobat MEA nggak mengalami kerugian yang dalam. Nah ini dia 3 tips mengatur keuangan yang perlu Sobat MEA ketahui:

Bayar Tagihan

Ketika kamu memiliki tagihan yang harus dibayar seperti pajak, atau apapun yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan, usahakan untuk membayar sesuai tanggal yang ditentukan dan tidak telat membayar. Karena jika telat membayar tagihan hal tersebut akan menambah beban usaha.

Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Memisahkan keuangan antara keuangan pribadi dan bisnis menjadi salah satu cara agar Sobat MEA terhindar dari boncos saat berbisnis. Karena dengan memisahkan keuangan antara keduanya akan memudahkan kamu dalam mengamati keuangan perusahaan.

Budgeting

Membuat atau menyusun budget merupakan salah satu hal penting yang harus Sobat MEA lakukan. Budgeting ini berguna untuk menilai kinerja suatu usaha. Dengan menyusun budgeting Sobat MEA akan membatasi jumlah dana yang digunakan sesuai dengan estimasi atau periode waktu yang telah ditetapkan. 

2. Strategi Pemasaran

Cara kedua yang bisa Sobat MEA lakukan untuk menghindari boncos saat berbisnis yaitu dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat. Terlebih jika Sobat MEA baru mulai berbisnis. Nah berikut ini ada beberapa hal yang bisa Sobat MEA pahami terlebih dahulu sebelum mulai memasarkan produk atau jasa:

Mengenali dan Memahami Audiens

apa itu boncos

Alat Pemasaran Gratis

Sebelum mengeluarkan biaya lebih untuk memasarkan bisnis, coba untuk menggunakan atau memanfaatkan alat pemasaran gratis seperti sosial media. Sobat MEA bisa memasarkan produk atau jasa melalui aplikasi Instagram, TikTok dan media sosial lain yang sesuai dengan target audiens yang sudah dianalisa. 

Jika alat pemasaran gratis yang kamu gunakan dirasa sudah ideal dan Sobat MEAingin mencoba menggunakan alat pemasaran berbayar, maka Sobat MEA bisa mempelajari dan mempraktekannya secara langsung.

Kolaborasi dengan Perusahaan Lain

Kolaborasi bisnis merupakan suatu proses partisipasi beberapa orang ataupun kelompok organisasi untuk bekerja sama mencapai hasil tertentu dalam bisnis.

Ketika berkolaborasi dengan perusahaan lain tentunya Sobat mea harus menemukan pengusaha yang tertarik dengan perusahaanmu.  Sobat MEA dapat bergabung dengan komunitas bisnis untuk dapat berjejaring dengan sesama pebisnis. Jika memang cocok, lakukan kolaborasi bersama untuk mengembangkan bisnis bersama-sama.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu boncos yang sedang populer di media sosial. Seperti yang sudah disinggung Sobat MEA dapat mengikuti cara-cara yang sudah dipaparkan agar bisnis terhindar dari kerugian yang besar. Akhir kata, semoga saja artikel ini bermanfaat dan salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment