Apa itu CRM Marketing? Ini Penjelasan dan 5 Manfaatnya!

by Fanny
apa itu CRM marketing

Sebagai pebisnis online, memiliki pelanggan loyal adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai. Dengan memiliki pelanggan loyal, maka Sobat MEA cukup mempertahankan kepercayaan konsumen agar tidak berpindah ke toko lain. Hal ini bisa Sobat MEA capai dengan menerapkan CRM Marketing.

Lalu, apa itu CRM marketing? Apa komponen penting dalam CRM dan manfaatnya untuk bisnis. Kemudian, bagaimana CRM marketing ini bisa membantu Sobat MEA untuk mendapatkan pelanggan tetap? Semua akan kami bahas secara lengkap di sini. Yuk simak!

Table of Contents

Apa itu CRM Marketing?

Butuh Bantuan Kelola Bisnis Online?
Tenang aja, ada Tim MEA yang siap membantu kelola bisnis kamu di marketplace maupun media sosial!

Agar bisa meraih konsumen dan menjadikannya sebagai pelanggan loyal, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu CRM marketing terlebih dahulu. Jadi, CRM adalah Customer Relationship Management yang menjadi acuan dan dasar bagi para pebisnis online untuk menjaga dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. CRM Marketing inilah yang akan menentukan apakah seorang pembeli cukup membeli produk Sobat MEA satu kali saja atau akan loyal dengan produk Sobat MEA dan tidak akan mencari alternatif produk lainnya.

CRM Marketing sendiri dilakukan dengan bantuan aplikasi di mana Sobat MEA bisa merencanakan, menjadwalkan, hingga mengelola aktivitas sebelum hingga setelah penjualan pada suatu perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa menyatukan aktivitas penjualan, pemasaran, hingga menjalin hubungan dengan konsumen dalam satu platform.

Setelah mengetahui apa itu CRM marketing, Sobat MEA juga perlu mengetahui betapa pentingnya menerapkan CRM ini. Pada dasarnya, CRM menjadi penghubung setiap departemen yang ada di perusahaan. Mulai dari tim penjualan, pemasaran, hingga layanan pelanggan membutuhkan akses ke data pelanggan peruahaan. Dengan begitu, setiap tim bisa mendapatkan informasi dan merancang strategi yang tepat sesuai dengan karakter palanggan.

3 Komponen Penting dalam CRM Marketing

Mau belajar bisnis online tapi bingung mulai dari mana?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari Coach berpengalaman di sini. GRATIS!

Ada 3 komponen penting dalam CRM Marketing, yaitu:

1. Manajemen (Management)

Komponen utama dalam CRM Marketing adalah manajemen, yaitu pihak yang terlibat dan berinteraksi langsung dengan pembeli. Pihak ini diantara lain adalah tim pemasaran, penjualan, dan layanan konsumen. Di sini, tim manajemen akan berusaha untuk membuat strategi yang bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

2. Hubungan (Relationship)

Komponen berikutnya dalam apa itu CRM marketing adalah hubungan itu sendiri. Di sini, Sobat MEA bisa menjalankan strategi untuk membangun dan menjaga hubungan dengan konsumen. Sobat MEA bisa memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan seperti layanan yang responsif, cepat, dan informatif. 

Atau Sobat MEA juga bisa membuka layanan konsultasi dan membantu konsumen untuk mendapatkan produk sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikan juga solusi yang dibutuhkan oleh konsumen untuk menyelesaikan masalah mereka secara efektif.

3. Pelanggan (Customer)

Manfaat CRM Marketing Untuk Bisnis

apa itu CRM marketing

Setelah mengetahui apa itu CRM marketing dan 3 komponen pentingnya, berikut kami bagikan 3 manfaat dari CRM marketing untuk bisnis Sobat MEA, diantaranya adalah:

1. Lebih Memahami Pelanggan

Manfaat CRM marketing yang pertama adalah Sobat MEA jadi lebih memahami pelanggan dengan baik. Hal ini karena sistem CRM akan menampilkan informasi spesifik mengenai karakteristik pelanggan. Mulai dari jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, pendidikan, hingga perilaku dan interaksi pelanggan dengan toko atau produk Sobat MEA.

Setelah mengetahui semua informasi ini, Sobat MEA akan lebih mudah dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, Sobat MEA juga akan lebih mudah dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih relevan dan tepat sasaran.

2. Pendekatan dengan Personalisasi

Mendapatkan email marketing atau pesan mengenai penawaran produk adalah hal yang biasa. Jika pesan yang Sobat MEA kirimkan bersifat spam dan mengganggu, maka besar kemungkinan nomor atau email Sobat MEA akan direport ke spam dan langsung di block. Tentunya Sobat MEA tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Maka salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan mengirimkan pesan yang dipersonalisasi. Ketika pelanggan menerima pesan yang menyebutkan nama mereka, maka akan muncul familiaritas dan keakraban antara perusahaan dengan konsumen. Pesan yang dipersonalisasi juga akan membuat konsumen merasa lebih diperhatikan dan dihargai, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk Sobat MEA.

3. Mendapatkan Pelanggan Baru

apa itu CRM marketing

Seperti yang sudah dibahas pada bagian apa itu CRM marketing di atas, Sobat MEA akan mendapatkan informasi lengkap mengenai konsumen. Dengan begitu, Sobat MEA juga akan mendapatkan data lengkap mengenai karakteristik konsumen. 

Artikel Terkait  Perhatikan! Ini 6 Penyebab OVO PayLater Tidak Muncul Bikin Transaksi Sulit~

Jadi Sobat MEA akan lebih mudah dalam membuat materi iklan yang relevan dengan masalah dan kebutuhan konsumen. Hal ini akan membuat Sobat MEA lebih mudah untuk menjangkau pelanggan baru dan tetap bisa menjaga pelanggan lama agar tetap loyal terhadap produk Sobat MEA.

4. Manajemen Prospek

Melanjukan poin ketiga mengenai informasi pelanggan, CRM Marketing juga bisa membantu Sobat MEA untuk memanajemen prospek pelanggan. Jadi pelanggan yang potensial akan dilacak dan dinilai apakah bisa di follow-up dan dijadikan sebagai konsumen dan dipertahankan hingga menjadi pelanggan.

Kemudian, konsumen yang sudah masuk ke dalam prospek ini juga akan disimpan seluruh informasinya. Jadi Sobat MEA bisa melakukan manajemen kontak untuk bisa mengirimkan email marketing, newsletter, hingga broadcast kepada konsumen. Sehingga akan lebih mudah untuk Sobat MEA dalam melakukan optimasi penjualan.

5. Analitik

Last but not least, manfaat dari CRM marketing berikutnya adalah Sobat MEA akan mendapatkan data analitik lengkap mengenai setiap konsumen dan transaksi yang dilakukan. Analitik ini akan menampilkan kinerja bisnis, iklan, dan broadcast mana saja yang paling sukses dalam menghasilkan penjualan dan menjaga agar pelanggan tidak mencari alternatif lain.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu CRM marketing, apa saja komponen pentingnya, serta manfaatnya untuk perusahaan Sobat MEA. Semoga ulasan ini membantu, ya!

You may also like

Leave a Comment