Apa itu CTWA? Ini Penjelasan Sampai Cara Menggunakannya!

by Viki
apa itu ctwa

Setiap bisnis pasti ingin terus menerus mendatangkan pelanggan baru. Sehingga banyak strategi pemasaran terus dilakukan di berbagai media promosi seperti media sosial hingga Click to WhatsApp (CTWA) melalui META Ads. Tapi berbicara tentang CTWA, emang apa itu CTWA? Yuk cari tahu penjelasannya di artikel ini!

Singkatnya, CTWA adalah sebuah jenis iklan dari WhatsApp yang mendatangkan pelanggan dari pengguna Facebook dan Instagram ke media komunikasi WhatsApp. Kemudian Sobat MEA bisa berinteraksi dengan mereka secara langsung. 

Seperti yang Sobat MEA ketahui, WhatsApp memiliki peluang yang lebih tinggi dibandingkan platform lainnya. Terutama untuk bisnis, Sobat MEA bisa memindahkan prospek dari media sosial ke WhatsApp untuk menghasilkan konversi yang lebih besar

Lantas apa itu CTWA? Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Table of Contents

Apa itu CTWA (Click to WhatsApp)?

Jadikan Diri Lebih Jago Ngiklan dan Hasilkan Konversi Tinggi
Caranya cukup dengan gabung diskusi bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas bisnis MEA!

CTWA adalah iklan WA yang memiliki kepanjangan dari Click to WhatsApp Ads, memungkinkan pengguna untuk mengarahkan pengguna Facebook dan Instagram ke akun WhatsApp Business. Sehingga ketika ada audiens yang mengeklik CTA yang ada di WhatsApp Ads tersebut, mereka akan otomatis diteruskan ke halaman percakapan WhatsApp.

Metode Click to WhatsApp yang merupakan dari teknik WA Marketing ini diklaim dapat bekerja lebih efektif daripada mengarahkan audiens ke website bisnis. Dengan CTWA, audiens dapat langsung melakukan percakapan dengan penjualnya melalui WhatsApp, tanpa perlu mencari kontaknya. 

Apalagi jika WhatsApp Business telah terhubung dengan chatbot. Hal ini memudahkan penjual dalam memberikan jawaban otomatis kepada setiap pelanggan yang berinteraksi. Dengan begitu, pelanggan juga akan lebih mudah dalam bertransaksi. 

3 Keuntungan Menggunakan CTWA

Bikin Iklan CTWA lebih gampang dan potensial, hanya dengan SEBARI!
Cukup klik klik dengan satset, prospek bakal dateng dengan cepet! Proses mudah~

1. Mudah Untuk Promosi Produk

Sebagai media beriklan, CTWA tentu memiliki fungsi utama yaitu memudahkan pemasraan produk atau layanan. Ini merupakan keuntungan yang paling diincar pebisnis, mereka bisa mengarahkan audiens FB dan IG untuk berkomunikasi dalam satu platform WhatsApp. 

Dengan WhatsApp Business, pengguna juga dapat memasang katalog produk dimana akan sangat berguna untuk memberikan informasi seputar produk seperti produk harga, deskripsi, tautan website, dan kode produk. Dengan katalog ini, pelanggan bisa memilih produk yang dicari tanpa perlu berpindah ke website atau e-commerce bisnis.

Selain itu, dengan click to WhatsApp Ads, pengguna juga berpeluang untuk mendapatkan informasi dan kontak prospek yang berminat dengan produk yang dijual. Informasi ini bisa digunakan kembali untuk menargetkan mereka di esok hari. 

2. Meningkatkan Konversi Penjualan

Mau punya landing page produk sendiri?
Gaperlu ngoding, gaperlu beli website, pakai aja Gowebin. Bisa coba GRATIS!

Dengan mudahnya berkomunikasi, pengguna dapat mendorong interaksi dengan pelanggan yang lebih intens. Bahkan dengan adanya fitur WhatsApp Business seperti chatbot, pengguna bisa mengatur balasan otomatis agar terus terhubung dengan pelanggan. 

Bahkan pengguna bisa mengatur chatbot untuk membantu proses penjualan secara otomatis tanpa perlu tim sales. Dengan begitu, akan banyak konsumen yang melakukan pembelian melalui WhatsApp pada akhirnya. 

3. Lebih Dekat dengan Pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WhatsApp dapat menghubungkan penjual dan pembeli secara intens. Dengan demikian, CTWA pun dapat membuat hubungan penjual dengan pembeli menjadi lebih dekat.

Data yang ada mengatakan bahwa rata-rata pengguna membuka WhatsApp sekitar 25 kali dalam sehari. Bahkan sekitar 80% pesan WhatsApp dibaca dalam waktu lima menit. Alhasil, peluang untuk terhubung dengan pelanggan semakin dekat. Penjual kemudian dapat mengirim pesan secara berkala kepada para audiens.

Artikel Terkait  Cara Download Video YouTube 1080p Dengan Suara. Nggak Perlu Aplikasi Loh!~

Sehingga peluang untuk terhubung dengan pelanggan semakin dekat. Penjual juga bisa mengirim pesan secara berkala kepada para pelanggan untuk follow up atau calon pelanggan untuk memperkenalkan produk.. 

7 Cata Membuat CTWA dengan Efektif

Setelah memahami apa itu CTWA dan keuntungannya, Sobat MEA tentu penasaran dong bagaimana cara membuat Click to WhatsApp ini. Oleh karena itu, berikut langkah-langkahnya:

1. Memilih Mitra WhatsApp API yang Tepat

Sebenarnya ada dua cara untuk mulai beriklan melalui CTA click to WhatsApp ads melalui META, yaitu menggunakan akun WhatsApp Business biasa atau menggunakan WhatsApp Business API.

Tapi beberapa orang membuktikan bahwa akan lebih baik hasilnya jika menggunakan WhatsApp Business API, sehingga Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan dengan lebih mudah. 

Terlebih,  Business API memiliki fitur automasi yang mampu melayani banyak pelanggan bersamaan, sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak prospek.

2. Hubungkan Akun WhatsApp ke Facebook Ads

Setelah memiliki akun WhatsApp Business API, Sobat MEA perlu menghubungkannya ke akun Facebook Ads dengan cara mengunjungi halaman Facebook Business Page.

3. Buat Kampanye Iklan

Selanjutnya, tentu saja Sobat MEA perlu membuat kampanye dengan memilih format iklan Click to WhatsApp. Di sini, Sobat MEA perlu menentukan tujuan kampanye dan anggaran yang akan digunakan untuk beriklan seperti harian atau selamanya. 

Jika Sobat MEA sudah menetapkan anggaran dan strategi iklan yang sesuai, klik Selanjutnya untuk melanjutkan iklan.

4. Pilih Lokasi Konversi dan Jenis Iklan

Kemudian Sobat MEA perlu menentukan lokasi konversi. Tapi Sobat MEA juga bisa menetapkan pengguna FB dan IG menjadi target iklan dengan memilih Aplikasi Pesan sebagai lokasi konversi.

5. Atur Kampanye Iklan

Setelah itu, Sobat MEA perlu mengatur kampanye iklan di META Ads yang sudah dibuat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, tentukan anggaran untuk beriklan
  • Lalu tentukan target audiens melalui metrik seperti lokasi pengguna, rentang usia, jenis kelamin, bahasa, dan lain-lain.
  • Atur penempatan iklan secara manual atau Advantage+ (Meta yang akan mengatur dimana iklanmu muncul dan waktunya)
  • Setelah itu, pilih format iklan dalam bentuk gambar atau video di bagian Penyiapan Iklan.
  • Unggah gambar atau video yang akan digunakan untuk iklan dan periksa kembali tampilannya. 
  • Terakhir, tinggal atur CTA dengan memilih Kirim Pesan WhatsApp.

6. Buat Template Pesan Sambutan

Selain itu, Sobat MEA juga perlu membuat template pesan sambutan yang muncul otomatis setelah audiens mengeklik CTA Click to WhatsApp ads. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih Template Pesan.
  • Klik tombol Buat Baru.
  • Buatlah teks sambutan secara lengkap dengan opsi pertanyaan yang sesuai dengan bisnis.
  • Lalu simpan template dengan mencentang kotak yang bertuliskan Simpan Template.
  • Terakhir, klik tombol Simpan dan Selesai.

7. Publikasikan Iklan

Jika Sobat MEA sudah melakukan langkah-langkah di atas, artinya Sobat MEA sudah siap mempublikasikan iklan yang dibuat. Tapi sebelumnya, iklan akan diperiksa oleh pihak Facebook terlebih dahulu sebelum iklan aktif ditayangkan. 

Selesai! Dengan begitu Sobat MEA bisa berkesempatan menghasilkan penjualan dari iklan WhatsApp. Setelah memahami apa itu CTWA, diharapkan Sobat MEA bisa lebih maksimal lagi dalam mempromosikan bisnis, mengingat prospeknya pun akan diarahkan ke aplikasi komunikasi yang praktis yaitu WhatsApp. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment