Apa itu Digital Marketing? Ini Penjelasan dan 5 Manfaatnya!

by Bimboi
apa itu digital marketing

Pekerjaan sebagai Digital Marketer sekarang menjadi salah satu pekerjaan yang dicari oleh banyak orang. Namun, apakah Sobat MEA tahu apa itu digital marketing? Apa saja jenis  dan keunggulan dari digital marketing ini? dan apa manfaat yang bisa diberikan oleh digital marketing pada bisnis kita?

Semakin berkembangnya teknologi, proses pemasaran produk maupun branding juga telah bergeser ke arah digital. Baik itu brand besar maupun bisnis UMKM. Hal ini kemudian memunculkan digital marketing, sebuah proses pemasaran berbasis digital. Nah untuk informasi lebih lengkap mengenai digital marketing, manfaat dan penerapannya, yuk langsung simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Apa itu Digital Marketing?

Mau belajar digital marketing secara gratis?
Yuk langsung aja gabung di Komunitas Bisnis Online MEA dan belajar bareng bersama pebisnis lainnya!

Digital Marketing merupakan sebuah metode pemasaran secara digital yang dilakukan oleh seorang marketer. Sobat MEA dapat melakukan promosi secara digital melalui berbagai media digital. 

Iklan yang sering kamu lihat di situs-situs yang kamu kunjungi saat berselancar di internet, lalu iklan yang muncul di TV atau YouTube, bahkan ditelpon oleh seorang sales merupakan contoh dari penerapan digital marketing. 

Dalam prosesnya, digital marketing tidak jauh berbeda dengan teknik marketing yang sudah ada sebelumnya. Yang membuat berbeda adalah, adanya kesempatan bagi seorang marketer untuk melakukan interaksi dengan calon konsumen di internet. Jadi, calon konsumen dapat mudah dalam mengenal produk yang ditawarkan.

5 Keuntungan Digital Marketing

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, Sobat MEA juga harus mengetahui beragam keuntungan yang bisa didapatkan dengan menerapkan digital marketing pada bisnis. Berikut adalah 5  keuntungan digital marketing yang tidak dapat dilakukan oleh marketing konvensional:

1. Menjangkau Target yang Lebih Luas dan Sesuai

Keuntungan pertama tentu saja menjangkau target yang jauh lebih luas dan sesuai dengan produk atau bisnis yang Sobat MEA miliki. Apalagi dalam digital marketing Sobat MEA dapat menggunakan tools digital marketing dalam memasarkan produk atau jasa. 

Artikel Terkait  Ingin Cepat Cuan? Ini 3 Cara Meningkatkan Watch Time YouTube! Adsense Auto Ngalir~

Dengan adanya tools ini, penjual atau marketer dapat dengan mudah menargetkan kepada siapa suatu iklan dibuat. tentu, sebelum melakukan iklan, diperlukan penentuan tujuan, dan kepada siapa penargetan suatu produk.

2. Menyusun Strategi Berdasarkan Perolehan Data

Strategi dapat disusun melalui data yang Sobat MEA dapatkan melalui survey yang dapat dilakukan secara online. Hal ini tentu memudahkan para marketer dalam menyusun strategi yang tepat guna sesuai target market yang sudah ditentukan sebelumnya dengan data yang sudah terkumpul. Singkatnya, digital marketing ini bisa membantu Sobat MEA mendapatkan data calon pembeli.

3. Biaya Lebih Murah

Dari pengambilan data untuk penyusunan strategi, hingga pelaksanaan pemasaran dapat dilakukan dengan biaya yang relatif murah. Dengan iklan digital seperti Meta Ads maupun Shopee Ads, Sobat MEA bisa jauh lebih berhemat. 

Pasalnya beriklan secara digital dapat dilakukan dengan biaya yang minim tanpa harus mengeluarkan biaya besar seperti beriklan menggunakan reklame atau billboard. Dengan budget yang murah, tentu hal ini membantu pelaku UMKM dalam mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan. 

4. Meningkatkan Brand Awareness

Jangan salah, dengan budget yang relatif lebih murah, namun digital ads yang sudah ditayangkan bisa membantu meningkatkan brand awareness mu juga lho! Jadi, produk atau Merek yang Sobat MEA tawarkan jadi lebih dikenal. Nggak hanya brand awareness, sebenarnya target penggunaan digital ads ini bisa Sobat MEA  tentukan. Misalnya ingin meningkatkan konversi alias penjualan atau pengumpulan data alias listing data.

5. Mendongkrak Sales

Dengan jangkauan iklan yang luas, target konsumen jadi semakin mudah untuk dapat mengenali suatu produk dengan mudah. Karenanya, metode digital marketing  mampu memberi dampak pada peningkatan target salesApalagi jika produk atau jasa yang Sobat MEA tawarkan merupakan produk berkualitas.

Tentu, calon konsumen makin mengingat produk yang Sobat MEA jual, yang dapat bermuara pada pembelian berulang alias repeat order dan memungkinkan konsumen menjadi loyal customer. 

2 Penerapan Strategi Digital Marketing

apa itu digital marketing

1. Push Digital Marketing

Strategi push digital marketing merupakan strategi penawaran secara langsung ke pelanggan. Hal ini dilakukan agar mendapat penjualan dalam waktu yang singkat. Strategi ini cocok diterapkan pada produk baru yang belum banyak orang tahu, sehingga produk tersebut mendapat exposure.

2. Pull Digital Marketing

Terdapat perbedaan antara Push dan Pull digital marketing. Jika push menawarkan dan menjual secara langsung, sedangkan pull melakukan promosi secara halus alias subtle dan tidak frontal. Hal ini ditujukan agar calon konsumen merasa tertarik dan mencari tahu informasi tentang produk yang sedang ditawarkan atau dijual. 

5 Media dalam Digital Marketing

Sama seperti pemasaran konvensional. digital marketing juga memiliki media tersendiri yang bisa digunakan. Karena berbasis digital, media yang digunakan merupakan media digital yang sering kali kita jumpai. Berikut ini ada 5 di antaranya:

1. TV Commercial

TV Commercial atau iklan TV merupakan media digital marketing yang sudah marak digunakan sejak abad 19. Disini Sobat MEA harus membayar untuk mendapatkan slot pada jam tayang untuk memasarkan produk

Jika Sobat MEA ingin masuk di slot acara yang populer, maka akan semakin mahal biayanya. Hal ini dikarenakan acara populer memiliki banyak penonton, sehingga kemungkinan untuk iklan TV yang dipasang pada sela acara populer tersebut akan ditonton lebih banyak dibanding acara lain. 

2. Iklan Radio

Iklan radio menjadi salah satu media yang populer di tahun 90-an, karena keterbatasan orang yang memiliki TV, sehingga Radio menjadi pilihan yang hemat dan digandrungi oleh banyak orang. Meski begitu, iklan radio ini juga dianggap sangat efektif untuk iklan mengingat masih banyak pendengar radio di Indonesia.

 

3. Search Engine Marketing

Search Engine Optimization (SEO)

SEO dliakukan untuk melalui optimasi konten digital marketing (contoh: artikel). SEO dapat memunculkan website atau konten marketing Sobat MEA di halaman dan posisi pertama di mesin pencari tanpa harus membayar sama sekali pada penyedia iklan. Singkatnya strategi SEO ini 100% organik dan membutuhkan waktu dan konsistensi agar bisa berhasil.

Pay-per-Click (PPC)

Berbeda dengan SEO, Pay-per-Click dilakukan dengan membayar penyedia iklan dengan sejumlah uang agar materi digital marketing bisa muncul di hasil paling atas saat calon pelanggan melakukan pencarian keyword tertentu sesuai dengan produk Sobat MEA. Biasanya PPC memiliki tag atau label Ad atau Iklan saat muncul di mesin pencari.

4. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing menjadi salah satu metode yang mulai marak dilakukan di tahun 2023. Hal ini melibatkan Influencer atau affiliator dalam memasarkan produk kepada followers influencer tersebut di sosial media mereka. 

Karena sangat populer, banyak marketplace yang membuat program khusus affiliate marketing yang dapat menguntungkan content creator dan juga seller yang menggunakannya. Contohnya ada Shopee Affiliate, Tokopedia Affiliate dan masih banyak yang lainnya.

5. Konten Marketing

Sekarang banyak sekali orang yang menggunakan konten marketing dalam membujuk calon konsumen potensial untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Sobat MEA dapat membuat konten marketing ini di banyak platform. Misalnya melalui website dengan artikel,  di sosial media seperti TikTok, Instagram dan Facebook dengan video marketing. Nggak hanya untuk penjualan, konten marketing ini dapat memberikan kesan kreatif pada brand atau toko Sobat MEA.

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu digital marketing, keuntungan, penerapan sampai media yang bisa digunakan. Semoga saja artikel ini dapat membantu Sobat MEA untuk mengenal digital marketing. Selamat mencoba dan salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment