Apa itu Facebook Shops? Ini Penjelasan dan Keuntungannya

by Viki
apa itu facebook shops

Seperti yang kita ketahui, Facebook adalah salah satu platform media sosial populer tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman, juga dapat digunakan untuk berbisnis. Bahkan kini Facebook menghadirkan layanan berbelanja atau Shops sebagai marketplace terbaru untuk pebisnis online. Apa itu Facebook Shops? 

Ya, sejak tahun 2020, Facebook menghadirkan inovasi terbarunya berupa Facebook Shops. Hal ini dimulai dari adanya tren penggunanya yang banyak menggunakan aplikasi Facebook untuk membeli dan menjual barang. Nah, Facebook Shops kemudian muncul dengan tujuan untuk memudahkan pembelian dan penjualan secara online.

Facebook Shops ini memungkinkan penggunanya untuk membuat toko online yang dapat diakses oleh pelanggan di Facebook dan Instagram. Menariknya, Facebook Shops juga menyediakan berbagai fitur yang dapat menunjang bisnis. 

Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan bagaimana pengertian Facebook Shops beserta fitur, layanan, hingga keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha termasuk UMKM. Yuk, simak!

Table of Contents

Apa itu Facebook Shops?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Mengutip laman resmi Facebook, Facebook Shops adalah fitur toko berupa etalase online yang membuat audiens dapat menelusuri, menjelajahi, dan membeli produk secara langsung di Facebook

Facebook Shops memiliki fitur desain yang ringkas dengan berbagai koleksi yang bisa disesuaikan. Di sini, Sobat MEA dapat menampilkan produk unggulan, menjadikan brand tampak menarik, hingga memudahkan transaksi bagi calon pelanggan. 

Singkatnya, Facebook Shops memungkinkanmu untuk menjual barang atau jasa kepada pelanggan secara online. Sobat MEA juga dapat memilih item produk yang ingin ditampilkan, menambahkan item ke koleksi produk, dan membagikan cerita atau deskripsi dengan font dan warna sesuai keinginan.

Artikel Terkait  Ini Dia 5 Cara Mengetahui DM IG Sudah Dibaca atau Belum

Tidak hanya itu, Sobat MEA juga dapat terhubung langsung dengan pelanggan melalui WhatsApp, Messenger, atau Instagram Direct Message, untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan dukungan, melacak pengiriman, dan lain sebagainya. 

Fitur-Fitur Facebook Shops

Mau iklan Facebook kamu dapat banyak konversi?
Serahkan saja ke tim advertiser prifesonal MEA sekarang juga. Yuk konslutasi dulu!

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Facebook Shops menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk membantu pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka secara online. Adapun beberapa fitur FB Shop yang bisa digunakan, antara lain:

1. Terhubung dengan Instagram Shops

Jauh sebelum adanya Facebook Shops, Perusahaan META sudah lebih dulu menghadirkan Instagram Shops. Keduanya memiliki konsep layanan belanja yang sama, hanya saja, Instagram Shops hanya tersedia di platform media sosial Instagram. Meski demikian, Facebook Shops dan Instagram Shops dapat digunakan secara bersamaan, bahkan saling terhubung secara otomatis. 

2. Facebook Live Shopping

Sama seperti media sosial lainnya, Facebook juga menyediakan fitur live-shopping yang dapat digunakan untuk menawarkan produk dagangan melalui siaran langsung. Facebook Live Shopping memudahkan pelanggan untuk berbelanja secara real-time ketika menonton siaran yang berlangsung dimana pelaku usaha menampilkan produknya di bagian bawah video live-nya. 

3. Program Loyalitas

Menariknya, Facebook Shops juga menawarkan program loyalitas yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk membuat, mengelola, dan memunculkan program loyalitas bagi pelanggannya, seperti poin akun Facebook.

4. Didukung Oleh Mitra

Keuntungan Facebook Shops Bagi Bisnis

Nah, melihat fiturnya yang beragam di atas, tentunya Facebook Shops sangat berdampak baik bagi kelangsungan bisnis. Selain fitur, ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapatkan. berikut keuntungan Facebook Shops bagi bisnis, antara lain:

  • Pelaku usaha atau UMKM dapat beradaptasi dengan kemajuan bisnis digital yang berjalan.
  • Memudahkan calon pelanggan untuk menemukan dan berbelanja produk yang dicari di etalase toko online.
  • Pelaku usaha dapat mengelola toko online-nya sendiri lebih mudah dengan memilih produk yang ingin ditampilkan di katalog mereka dan menyesuaikan tampilan dengan gambar sampul dan warna sesuai keinginan. 
  • Dapat menghemat anggaran usaha dalam melakukan pemasaran dan penjualan.
  • Bisnis dapat dilakukan secara fleksibel dan daring, bahkan lebih mudah terhubung dengan pelanggan di mana pun dan kapan pun.
  • Berpeluang menjadikan usahanya dikenal secara global karena media sosial yang bersifat universal.

Sekian penjelasan mengenai apa itu Facebook Shops beserta fitur dan keuntungan yang perlu diketahui sebagai pelaku usaha. Ini penting untuk mulai dipelajari mengingat persaingan yang semakin sengit. Terlebih Facebook sendiri selalu ramai dengan para pengguna aktifnya. Bukan tidak mungkin, Facebook Shops akan memberikan keuntungan yang lebih banyak dari yang lainnya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment