Apa itu Fanpage Facebook? Ini Penjelasan dan 6 Cara Membuatnya

by Fanny

Apa itu Fanpage Facebook dan bagaimana cara membuatnya perlu diketahui oleh pebisnis online mengingat halaman ini bisa Sobat MEA manfaatkan untuk meningkan penjualan. Tentu Fanpage Facebook juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk memantau dan meningkatkan performa konten yang sudah dibuat.

Maka dari itu, kami akan membagikan mengenai apa itu Fanpage Facebook, pentingnya untuk bisnis, serta cara membuatnya yang bisa Sobat MEA lakukan sendiri dengan mudah di sini. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah!

Table of Contents

Apa itu Fanpage Facebook?

Mau jualan di Facebook makin cuan?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya di sini. Gratis!

Seperti yang kita ketahui, Facebook adalah media sosial yang memiliki banyak pengguna hingga saat ini. Seiring berkembangnya waktu, Facebook juga mengembangkan fitur mereka agar bisa Sobat MEA manfaatkan untuk menjalankan bisnis online seperti apa itu Fanpage Facebook, Facebook Ads, Facebook Marketplace, Facebook Shop, dan banyak fitur lainnya. 

Mungkin untuk Sobat MEA yang sudah aktif di Facebook sudah tidak asing dengan apa itu Fanpage Facebook. Namun kami akan memberikan penjelasan singkat dan sederhana untuk Sobat MEA yang baru memulai bisnis di platform ini. Pada dasarnya, Fanpage Facebook adalah akun bisnis yang bisa Sobat MEA gunakan untuk menampilkan profil bisnis dan produk sekaligus.

Pentingnya Memiliki Fanpage Facebook

Ngiklan di Facebook boncos mulu
Tenang aja, ada tim advertiser kami yang siap membantu mengelola iklan biar makin cuan. Klik di sini!

Setelah mengetahui apa itu Fanpage Facebook, mungkin Sobat MEA menganggap bahwa akun bisnis ini tidak jauh berbeda dengan akun personal. Eits, salah banget. Akun personal hanya menampilkan profil Sobat MEA sebagai pengguna saja. Sedangkan pada Fanpage Facebook, Sobat MEA bisa menampilkan informasi bisnis secara lebih lengkap dan detail. Selain itu, Fanpage Facebook ini bisa dilihat dan diakses oleh seluruh pengguna Facebook. Sehingga bisnis Sobat MEA akan lebih mudah untuk dikenali oleh pengguna Facebook lainnya.

Untuk lebih jelas dalam memahami apa itu Fanpage Facebook, berikut adalah beberapa manfaat yang akan Sobat MEA dapatkan dengan membuat akun bisnis di Facebook:

1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Sebagai penjual, tentunya Sobat MEA ingin agar bisnis yang dijalankan diketahui dan dikenali oleh semakin banyak orang, bukan? Nah membuat Fanpage Facebook adalah salah satu cara yang efektif. Hal ini karena halaman bisnis Sobat MEA bisa dilihat oleh semua pengguna Facebok dan fiturnya membuat Sobat MEA bisa menjangkau calon konsumen potensial.

2. Interaksi dengan Pelanggan

apa itu fanpage facebook

Salah satu keuntungan dari melakukan pemasaran online seperti di Fanpage Facebook adalah Sobat MEA bisa berinteraksi dengan para pelanggan kapan saja dan di mana saja. Hal ini karena pelanggan bisa meninggalkan komentar dan pertanyaan seputar produk yang bisa Sobat MEA respon secara langsung.

3. Bangun Relasi Bisnis

Tutorial Cara Membuat Fanpage Facebook

apa itu fanpage facebook

Setelah mengetahui apa itu Fanpage Facebook dan apa saja keuntungannya untuk bisnis, sekarang saatnya kami membagikan 7 langkah mudah dalam membuat Fanpage di Facebook. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Facebook dan pastikan Sobat MEA sudah memiliki akun Facebook yang akan digunakan untuk membuat Fanpage Facebook.
  2. Klik ikon “+” di sebelah kanan atas, lalu pilih Halaman.
  3. Selanjutnya akan muncul kolom formulir yang perlu Sobat MEA isikan sesuai dengan informasi bisnis. Ada 3 bagian yang perlu Sobat MEA isi, yaitu Nama Halaman, Kategori, dan Keterangan. Pastikan Sobat MEA mengisikan semua kolom sesuai dengan bisnis yang dijalankan dengan lengkap dan tepat.
  4. Di kolom Kategori sendiri, Sobat MEA harus memasukkan salah satu jenis bisnis, oerganisasi, atau topik yang mewakilili halaman yang ingin dibuat.
  5. Jika semua kolom formulir sudah diisi, lanjutkan dengan klik Buat Halaman.
  6. Selanjutnya akan muncul pop up bahwa Fanpage Facebook sudah selesai dibuat. Sobat MEA busa melanjutkan dengan memasang foto profil dan foto sampulnya. Pastikan untuk menggunakan foto yang relevan dan sesuai dengan bsinis yang dijalankan. Kemudian klik Simpan.
  7. Jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi lengkap mengenai bsinis Sobat MEA seperti kontak, alamat, dan detail lainnya yang berkaitan dengan bisnis untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengunjung terhadap bisnis Sobat MEA.

Sekian pembahasan tentang apa itu Fanpage Facebook, manfaat, serta bagaimana cara membuatnya. Sangat sederhana dan mudah sekali, bukan? Tunggu apa lagi? Ikuti cara di atas dan buat Fanpage Facebook untuk bisnis sendiri sekarang juga. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment