Apa itu Google Colab? Ini Penjelasannya. Pemula Wajib Tahu!

by Fanny
apa itu google colab

Apa itu Google Colab?  Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggunakan Google Colab ini. Pertama-tama, perlu diakui bahwa, Google Colab mungkin akan terdengar asing untuk orang awam. 

Pasalnya, Google Colab ini umum digunakan oleh orang yang membutuhkan coding environment, seperti developer atau programmer. Namun Sobat MEA yang penasaran dan ingin mencoba tools ini juga bisa banget, kok!

Pas banget nih dalam artikel ini, kami akan membagikan secara lengkap mengenai apa itu Google Colab dan cara menggunakannya yang bisa Sobat MEA coba. Simak artikel ini sampai habis ya!

Table of Contents

Apa itu Google Colab?

Mau upgrade skill kamu secara mandiri dan otididak?
Yuk gabung ke komunitas upgrade skill sekarang yang dipandu oleh coach berpengalaman. Gratis!

Agar bisa mendapatkan manfaatnya, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Colab. Singkatnya, Google Colab atau Google Colaboratory ini adalah salah satu produk dari Google yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk menulis, mengedit, dan membagikan program yang Sobat MEA buat.

Kelebihan dari Google Colab ini adalah Sobat MEA bisa menjalankan kode Python tanpa harus menginstal text editor dan melakukan setup lainnya terlebih dahulu. Cara kerjanya serupa dengan Jupyter Notebook yang dijalankan pada browser. Inilah mengapa Google Colab ini sangat cocok untuk Sobat MEA yang ingin mempelajari Python. 

Tidak hanya itu, Google Colab ini memudahkan Sobat MEA untuk berkolaborasi dengan rekan tim karena semua orang bisa mengedit program yang sedang dibuat. Sistemnya hampir sama dengan akses dan pengeditan pada Google Documents atau Google Sheets.

Cara Menggunakan Google Colab

apa itu google colab

1. Buat Folder

Langkah pertama pada cara menggunakan Google Colab adalah Sobat MEA harus membuat folder pada Google Drive Terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar semua proses pembuatan program dapat tersimpan secara rapi di folder ini. Berikut adalah caranya:

  • Buka browser pada komputer lalu klik titik sembilan di sebelah kanan atas, kemudian pilih menu Drive.
  • Buat folder baru dengan klik + New yang ada di sebelah kiri atas, lalu pilih New folder.
  • Buat nama folder sesuai dengan program yang ingin dibuat, lalu klik Create.
  • Folder sudah berhasil dibuat.

2. Buat Notebook Google Colab

apa itu google colab

Selanjutnya, Sobat MEA bisa masuk ke folder yang baru saja dibuat tersebut untuk membuat notebook pada Google Colab. Caranya adalah dengan klik + New, lalu klik More, kemudian pilih Google Colaboratory.

3. Menuliskan Kode Program

apa itu google colab

Selanjutnya akan muncul halaman seperti ini. Sobat MEA bisa memberikan judul atau nama program yang ada di bagian kiri atas. Lanjutkan dengan menuliskan kode program yang ingin dibuat.

4. Jalankan Program

apa itu google colab

Jika kode program sudah berhasil dibuat semua, maka Sobat MEA bisa langsung menjalankan program dengan mengklik Runtime kemudian pilih Run all.

apa itu google colab

Jika kode yang Sobat MEA buat tidak ditemukan kesalahan, maka tidak akan muncul error dan dan output akan langsung muncul di bawahnya. Tidak ada itu, akan ada tanda ceklis hijau di sebelah kanan atas jika porgram sudah berhasil dijalankan.

5. Tersimpan di Google Drive

apa itu google colab

5 Kelebihan Menggunakan Google Colab

Mau bikin landing page jualan tanpa harus ribet ngoding dan desain?
Pakai Gowebin aja! Tersedia ribuan template landing page untuk berbagai jenis produk!

Tidak cukup mengetahui apa itu Google Colab dan cara memakainya saja, Sobat MEA juga akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan tools ini, loh. Apalagi jika Sobat MEA adalah orang yang tertarik pada dunia IT. Berikut adalah manfaat yang akan Sobat MEA dapatkan dari menggunakan Google Colab:

  1. Fitur bawaan yang lengkap dan mudah untuk dioperasikan.
  2. Berbasis cloud, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.
  3. Data pada Google Colab dapat disimpan dan diedit kapan saja dengan mudah.
  4. Menunjang kolaborasi tim dengan lebih mudah.
  5. Dilengkapi fitur GPU dan TPU yang bisa dipakai secara gratis.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu Google Colab, cara menggunakan, hingga manfaat yang akan Sobat MEA dapatkan. Semoga ulasan ini membantu, ya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment