Apa itu Jastip? Ini Penjelasan dan 3 Tips Memulainya. Simak!

by Fanny
apa itu jastip

Ada banyak cara untuk melakukan pembelian barang. Mulai dari platform marketplace online, import, hingga melalui jasa jastip. Salah satu metode pembelian barang yang banyak diminati oleh konsumen adalah dengan melalui jastip mengingat tidak semua barang dapat dibeli melalui marketplace atau melakukan import sendiri. Lalu, apa itu jastip?

Jastip sendiri memang sudah menjadi istilah umum dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Nah dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai apa itu jastip, cara kerja serta tips menjalankan bisnis jastip untuk para pemula. Daripada berbasa-basi lagi, yuk langsung simak aja penjelasannya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Jastip?

Mau rintis bisnis online tapi bingung mulai dari mana?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar dari ahlinya langsung di sini. Gratis!

Apa itu jastip menjadi pertanyaan banyak orang yang masih awam mengenai metode pembelian ini. Jastip sendiri merupakan akronim dari jasa titip. Cara kerjanya adalah Sobat MEA akan menerima titipan untuk membeli suatu barang yang hanya bisa didapatkan di daerah tertentu.

Jastip ini biasanya diterapkan pada barang-barang langka atau yang hanya terdapat di luar negeri seperti pakaian, album dan merchandise KPOP, makanan, dan barang lainnya. Jastip ini juga lebih menguntungkan bagi konsumen dan pemilik bisnis karena tidak akan dikenakan biaya pabean, sehingga Sobat MEA akan mendapatkan banyak keuntungan tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Cara Kerja Jastip

Butuh bantuan mengelola bisnis online?
Serahkan kepada tim berpengalaman kami dengan menggunakan Jasa Kelola dan Optimasi Bisnis di sini!

Setelah mengetahui apa itu jastip, sekarang kita akan membagikan bagaimana cara kerjanya. Tentu bisnis ini tidak akan serumit bisnis online lainnya mengingat Sobat MEA hanya membelikan barang titipan kepada para konsumen. Namun, jika bisnis ini tidak dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan Sobat MEA akan mengalami kerugian.

Contohnya Sobat MEA ingin berlibur ke Thailand, lalu Sobat MEA menerima jastip dan menawarkannya kepada orang lain. Anggap saja berikut perhitungan biaya yang perlu Sobat MEA keluarkan untuk akomodasi pergi-pulang dari Thailand:

  • Tiket pesawat pergi-pulang: Rp3.000.000,-
  • Bagasi pergi-pulang: Rp750.000,-

Modal awal Sobat MEA Rp3 juta 750 ribu. Anggap saja ini adalah modal minimal untuk menuju dan kembali dari Thailand. Kemudian Sobat MEA menerima pesanan sebanyak 50 barang yang sama dengan harga 200 baht atau sekitar 90 ribu rupiah. Tentu Sobat MEA tidak bisa menjualnya kembali dengan harga yang sama jika ingin mendapatkan keuntungan, bukan?

apa itu jastip

Jadi, Sobat MEA bisa mempertimbangkan setidaknya barang jastip tadi bisa menutup biaya yang dikeluarkan untuk biaya bagasi. Seperti misalnya saja Sobat MEA mengambil keuntungan sebesar Rp. 30.000 untuk satu barang, maka keuntungan yang akan Sobat MEA dapatkan adalah:

50 pesanan x Rp30.000,- = Rp1.500.000,-

Keuntungan yang fantastis, bukan? Angka ini terhitung kecil mengingat Sobat MEA juga mengambil keuntungan yang sedikit. Harga yang dikenakan kepada konsumen pun termasuk murah, yaitu hanya sekitar 120 ribu rupiah saja mengingat mereka tidak perlu repot-repot pergi ke Thailand untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan. Tentu Sobat MEA bisa menentukan tarif tambahan atau harga yang lebih mahal lagi tergantung dari kesulitan barang.

Artikel Terkait  5 Rekomendasi HP Untuk Live Streaming Harga 2 Jutaan. Kualitasnya Baik!

3 Tips Menjalankan Bisnis Jastip

apa itu jastip

Setelah memahami apa itu jastip dan cara kerjanya, mungkin Sobat MEA menganggap bahwa bisnis ini mudah untuk dilakukan. Meskipun terlihat sederhana, namun Sobat MEA tetap perlu melakukan hal-hal di bawah ini agar bisnis berjalan dengan baik dan dipercaya oleh konsumen sebelum mulai membuka bisnis jastip:

1. Riset Target Pasar

Jika sudah memahami apa itu jastip, maka langkah berikutnya adalah Sobat MEA perlu memahami apa yang produk yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia dan tidak bisa ditemukan di dalam negeri. Dengan begitu, Sobat MEA akan lebih mudah untuk memilih produk apa saja yang ingin dibeli saat pergi ke luar negeri atau daerah lain.

Seperti misalnya, Thailand terkenal dengan produk perawatan kulit, makanan, dan pakaiannya yang serba murah. Nah Sobat MEA bisa menyeleksi jenis produk apa saja yang akan diterima sebagai titipan mengingat tidak semua produk bisa Sobat MEA temukan dengan mudah dan di satu tempat yang sama. Dengan cara inilah Sobat MEA juga akan memudahkan diri sendiri ketika berbelanja di tempat lain.

2. Tetapkan Tarif yang Masuk Akal

apa itu jastip

Tentu Sobat MEA perlu mengambil keuntungan dari bisnis jastip ini sendiri. Begitu juga dengan konsumen yang mengetahui apa itu jastip dan memanfaatkan jasa ini tidak mau mengalami kerugian. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu menetapkan tarif yang masuk akal agar konsumen tidak merasa rugi telah menggunakan jasa ke Sobat MEA.

3. Jaga Kualitas dan Ekspektasi

Ketika melakukan promosi saat membuka bisnis jastip, Sobat MEA perlu menampilkan foto produk apa saja yang akan disediakan. Nah, pastikan Sobat MEA membeli produk yang sama dengan yang diunggah pada saat promosi. Hal ini akan membuat konsumen mendapatkan produk sesuai ekspektasi mereka.

Jangan sampai Sobat MEA membelikan barang yang serupa namun dari brand yang berbeda. Hal ini akan menurunkan kepercayaan pelanggan dan membuat bisnis Sobat MEA menjadi tidak kredibel.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu jastip, cara kerja, hingga tips memulai bisnisnya. Semoga ulasan ini membantu untuk Sobat MEA yang ingin memulai bisnis jastip, ya!

You may also like

Leave a Comment