Apa itu Kode Referral? Ini Fungsi, dan Cara Kerjanya!

by Fanny
apa itu kode referral

Pernah, nggak, memasukkan suatu kode referral untuk mendapatkan diskon sebelum melakukan pembelian suatu produk? Dengan adanya kode referral ini, Sobat MEA bisa membeli produk yang diinginkan dan berhemat sekaligus dengan melakukan langkah yang mudah. Pertanyaannya kemudian adalah  apa itu kode referral?

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih mendalam mengenai apa itu kode referral, fungsi, dan cara kerjanya. Apalagi, kode referral ini menjadi hal yang esensial dalam affiliate marketing. Daripada menebak-nebak, yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Kode Referral?

Yuk belajar bisnis langsung dari ahlinya
Dengan gabung ke komunitas gratis yang bisa kamu akses kapan aja dan di mana aja dengan klik di sini!

Banyak orang yang memanfaatkan kode referral namun tidak mengetahui apa itu kode referral secara lebih mendalam. Jadi, kode referral adalah kombinasi angka dan huruf yang bertujuan untuk menarik konsumen agar melakukan pembelian produk. Dengan menggunakan kode referral ini, biasanya Sobat MEA akan mendapatkan penawaran menarik seperti diskon, free gift, voucher, cashback, atau promosi lainnya.

Kode referral sendiri dibagikan oleh seseorang yang berperan sebagai pengajak (referrer) untuk mengajak orang lain memasukkan kode tersebut ke aplikasi atau website. Nah kode inilah yang akan mendeteksi dari mana para pengguna baru ini masuk ke suatu aplikasi atau website. Tentu referer dan orang yang diajak sama-sama akan mendapatkan keuntungan.

Masih bingung dengan penjelasan apa itu kode referral di atas? Sini kami jelaskan dengan menggunakan contoh:

Misalnya saja MiMe memberikan kode referral bagi Sobat MEA yang sudah bergabung ke salah satu kelas. Dari kode referral ini, kami menawarkan komisi 10% untuk Sobat MEA yang bisa mengajak pelanggan baru untuk bergabung dalam kelas. Nah, orang yang masuk ke Kelas MEA dengan menggunakan kode referral dari Sobat MEA ini juga akan mendapatkan diskon sebesar 20%. 

Artikel Terkait  Tambah Cuan dengan Cara Jual Foto di Getty Images. Gini Caranya!

Lalu Sobat MEA membagikan kode referral ini ke berbagai platform sosial media agar bisa mengajak sebanyak mungkin teman untuk bergabung ke dalam kelas untuk mendapatkan komisi yang semakin banyak. Kemudian Sobat MEA bisa menarik misalnya saja 10 orang sekaligus, nih. 

Nah Sobat MEA bisa mendapatkan komisi dari MiMe, kemudian teman-teman Sobat MEA juga bisa bergabung ke Kelas MEA dengan harga yang lebih murah, lalu MEA sendiri mendapatkan 10 teman baru yang bergabung dalam kelas. Jadi semuanya mendapatkan keuntungan, bukan?

3 Manfaat Kode Referral

Butuh bantuan untuk mengatur bisnis online?
Tenang aja. Ada tim MEA yang berpengalaman dalam mengelola berbagai macam bisnis online yang bisa didapatkan dengan klik di sini!

Setelah memahami apa itu kode referral, sekarang kita akan membahas secara mendalam apa saja sih manfaat dari pembuatan kode referral untuk bisnis online yang Sobat MEA jalankan. Nah berikut adalah 3 manfaatnya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Menggunakan kode referral ini efektif untuk meningkatkan brand awareness terutama jika Sobat MEA baru mulai bisnis online. Contohnya saja saat ini ada banyak sekali coffee shop yang menyediakan berbagai menu untuk minuman kopi maupun non-kopi. 

Hal ini terkadang membuat pelanggan ragu untuk mencoba tempat ngopi baru karena sudah berlangganan pada suatu tempat atau merasa bahwa toko Sobat MEA tidak ada bedanya dengan tempat ngopi lainnya.

apa itu kode referral

Sebagai contoh, Tomoro Coffee yang memberikan kode referral kepada Sobat MEA yang baru mengunduh aplikasi akan mendapatkan kopi dengan harga 9 ribu saja. Tentunya ini akan menarik banyak audiens mengingat mereka bisa mencoba kopi baru dengan harga yang terjangkau, bukan? 

Artikel Terkait  Ini Ide Nama Brand Hijab yang Bisa Ditiru. Contek Yuk!

Untuk itu, Sobat MEA juga harus bisa memastikan agar produk yang dijual dibuat dari bahan yang berkualitas agar bisa membuat orang-orang yang awalnya penasaran ini menjadi pelanggan tetap.

2. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Sebagai pebisnis online, Sobat MEA bisa membagikan kode referral ke konsumen secara langsung. Atau Sobat MEA juga bisa membuat kampanyenya di dalam website atau aplikasi, kemudian meminta pelanggan untuk menyebarkan kode referral tersebut tentunya dengan memberikan imbalan berupa potongan harga, free gift, atau hadiah lainnya.

Metode ini dapat meningkatkan hubungan antara Sobat MEA sebagai penjual dengan para pelanggan karena adanya hubungan timbal balik yang terjadi. Selain itu, konsumen baru juga biasanya akan lebih loyal jika bergabung melalui kode referral.

3. Hemat Waktu dan Biaya

Dengan memanfaatkan kode referral, Sobat MEA bisa menyebarkan produk dan mendapatkan pelanggan baru sekaligus dengan lebih hemat! Hal ini karena Sobat MEA tidak perlu melakukan pemasaran yang masif, namun cukup buat pelanggan tertarik untuk menyebarkan kode saja dan berikan mereka imbalan yang sesuai. Jadi Sobat MEA akan memangkah banyak waktu dan biaya untuk melakukan promosi produk.

Cara Kerja Kode Referral

apa itu kode referral

Setelah mengetahui apa itu kode referral dan manfaatnya bagi bisnis, sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara kerja kode referral ini dari awal hingga akhir. Berikut tahapannya:

Dapatkan Kode Referral

Menyebarkan Kode Referral

Agar bisa mendapatkan imbalan yang sudah dijanjikan, Sobat MEA bisa menyebarkan kode referral ke berbagai platform sosial media agar bisa menjangkau sebanyak mungkin audiens. Jelaskan juga keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan jika mendaftar dengan menggunakan kode referral yang Sobat MEA bagikan.

Klaim Imbalan

Setelah semua data diverifikasi dan dihitung oleh perusahaan, Sobat MEA bisa mengklaim imbalan yang dijanjikan di aplikasi atau halaman website perusahaan. Imbalan ini pun bermacam-macam tergantung dari perusahaan.

Sekian pembahasan lengkap mengenai apa itu kode referral, manfaat, dan cara kerjanya. Semoga ulasan ini membantu!

You may also like

Leave a Comment