Apa itu Lelang Shopee Live? Ini Penjelasan Hingga Manfaatnya

by Viki
apa itu lelang shopee live

Sebagai e-commerce terbesar di asia tenggara, Shopee terus menghadirkan inovasi baru yang menarik yang semakin menguntungkan penggunanya. Salah satunya yaitu Lelang Shopee Live. Memangnya apa itu Lelang Shopee Live? Mari kita pelajari lebih lanjut tentang fitur baru yang menarik ini!

Sederhananya, Lelang Shopee Live adalah sebuah fitur yang menggabungkan konsep lelang dengan siaran langsung. Lelang Shopee Live telah menarik perhatian karena kita dapat menawarkan cara berbelanja yang interaktif, menghibur, dan menguntungkan. Sayangnya, banyak yang belum mengenalnya. 

Untuk itu, artikel ini akan mengupas tuntas apa itu Lelang Shopee Live, bagaimana cara kerjanya, serta manfaat yang bisa didapatkan oleh pengguna Shopee itu sendiri. Simak sampai habis ya!

Table of Contents

Apa itu Lelang Shopee Live?

Tingkatkan penjualan produk bareng partner MCN MEA!
Di sini, kamu bisa bikin Live Shopee lebih maksimal oleh partner handal hingga produkmu habis terjual~

Melansir laman Shopee Seller Center, Lelang Shopee Live adalah fitur baru dari Shopee yang memungkinkan penjual untuk melelang produk mereka secara langsung melalui live streaming.

Dalam sesi live ini, penjual dapat berinteraksi secara real-time dengan pembeli, menunjukkan produk secara lebih detail, menawarkan harga yang terbaik, serta menjawab pertanyaan secara langsung. Kartu Lelang akan muncul di layar penonton yang menunjukkan jenisnya dan  penghitung waktu mundur yang telah ditentukan batas akhirnya untuk melakukan penawaran.

Kemudian penonton yang tertarik dapat memberikan tawaran (bid) pada produk yang dilelang. Jika menang, penonton tersebut dapat pembeli produk tersebut dengan tawaran tertinggi pada akhir sesi. 

Cara Kerja Lelang Shopee Live

Ingin optimalkan lelang di Shopee yang menguntungkan?
Yuk kupas tuntas strategi jitu ala seller, affiliator, hingga mentor berpengalaman di komunitas bisnis MEA!

Pada intinya, Lelang Shopee Live adalah suatu upaya penjual untuk menawakan harga terbaik pada produk yang dijual dengan tujuan meningkatkan konversi penjualan terhadap produk tersebut. 

Tapi penggunaan fitur Lelang Shopee Live mungkin masih membingungkan. Untuk itu, MiMe juga akan membagikan cara kerja Lelang Shopee Live. Apa saja yang akan dilakukan?

1. Persiapan Produk dan Siaran

Penjual mempersiapkan produk yang akan dilelang dan menjadwalkan sesi lelang di aplikasi Shopee. Mereka juga dapat mempromosikan sesi lelang ini kepada pengikut mereka untuk meningkatkan jumlah penonton.

2. Memulai Siaran Langsung

Pada waktu yang dijadwalkan, penjual dapat memulai siaran langsung di Shopee Live. Mereka dapat menggunakan berbagai alat seperti kamera HP atau kamera profesional untuk meningkatkan kualitas siaran.

3. Tampilkan dan Jelaskan Produk

Selama siaran, penjual menunjukkan produk yang dilelang, menjelaskan fitur-fitur dan manfaatnya, serta memberikan demonstrasi jika diperlukan. Interaksi dengan penonton sangat penting untuk menjawab pertanyaan dan memberikan informasi yang jelas.

4. Tawarkan Lelang

Penjual menentukan harga awal untuk produk dan membuka sesi lelang. Pembeli dapat mulai memberikan tawaran melalui fitur yang disediakan di aplikasi. Tawaran-tawaran ini ditampilkan secara real-time sehingga semua peserta lelang dapat melihatnya.

5. Tutup Lelang dan Tentukan Pemenang

Pada akhir sesi lelang, penjual menutup lelang dan pemenangnya adalah pembeli dengan tawaran tertinggi. Pemenang kemudian dapat menyelesaikan pembelian melalui platform Shopee.

Manfaat Lelang Shopee Live

1. Bagi Penjual

  • Interaksi Langsung dengan Pembeli: Penjual dapat berinteraksi langsung dengan pembeli, menjawab pertanyaan mereka, dan membangun hubungan yang lebih personal. Tentunya berguna untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

  • Peningkatan Visibilitas Toko: Tokomu mendapatkan visibilitas yang lebih tinggi. Ini membantu penjual dalam mempromosikan produk mereka kepada audiens yang lebih luas.

  • Penjualan Lebih Cepat: Lelang menciptakan rasa urgensi di kalangan pembeli. Produk bisa terjual lebih cepat karena pembeli berlomba-lomba untuk memberikan tawaran tertinggi.

  • Meningkatkan Nilai Produk: Dalam beberapa kasus, persaingan antar pembeli dalam lelang dapat meningkatkan harga jual produk melebihi harga pasar rata-rata.

2. Bagi Pembeli

  • Berbelanja Lebih Interaktif: Pembeli bisa berinteraksi langsung dengan penjual, melihat produk secara lebih detail, dan mendapatkan informasi langsung dari penjual.
  • Mendapatkan Produk dengan Harga Terbaik: Melalui lelang, pembeli berkesempatan untuk mendapatkan produk dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga pasar, tergantung pada persaingan dalam lelang.
  • Transparansi dan Kepercayaan: Pembeli dapat melihat kondisi produk secara real-time, yang membantu meningkatkan kepercayaan terhadap penjual dan produk yang dijual.
  • Hiburan: Proses lelang yang interaktif dan kompetitif memberikan hiburan tersendiri bagi pembeli. Ini menjadikan proses berbelanja tidak hanya sebagai aktivitas transaksi, tetapi juga sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Bagaimana? Setelah memahami apa itu Lelang Shopee Live, ertarik untuk menggunakannya? Tentunya ini merupakan peluang yang menarik bagi Sobat MEA untuk tingkatkan penjualan serta visibilitas toko di Shopee dengan mudah. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment