Apa itu Niche Market? Ini Penjelasan, Manfaat dan Tutorialnya!

by Viki
apa itu niche market

Sebagai pebisnis, Sobat MEA tentu menyetujui bahwa seorang pebisnis perlu menerapkan strategi pemasaran yang jitu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Salah satu strategi yang wajib dilakukan adalah menentukan niche market. Tapi pertanyaannya, apa itu niche market?

Ya, niche sangatlah penting untuk menjalankan industri apa pun dalam dunia bisnis. Karena hal ini yang dapat membantu pelaku bisnis lebih fokus menjalankan beragam strategi pemasaran. Para pebisnis pun akan lebih mengenali target market yang dituju. Tentunya ini juga sangat penting mengingat persaingan yang semakin ketat. 

Pertanyaanya kemudian adalah, apa itu niche market, manfaat, cara menentukan, hingga contohnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Apa itu Niche Market?

Ingin Tahu Cara Jualan Online yang Baik dan Benar?
Yuk diskusi bareng seller berpengalaman di Komunitas Seller online sekarang juga!

Melansir laman The Balance SMBniche market adalah bagian dari sebuah bisnis dalam mendapatkan target pasar dan konsumen yang lebih spesifik. Dengan niche market, pebisnis lebih memahami bagaimana cara melakukan penjualan produk atau jasa. 

Ini sangatlah perlu untuk dipertimbangkan dalam bisnis terutama saat saat ingin membangun bisnis di era sekarang dimana persaingan semakin ketat. 

Menentukan target pasar yang lebih spesifik dapat membantumu meraih keuntungan yang lebih besar dibandingkan harus terjun ke dalam target pasar yang luas. Biar bagaimanapun Sobat MEA tidak bisa menjual produk ke semua orang karena tidak semua orang membutuhkan atau menyukai produk atau jasa tersebut. 

3 Manfaat Niche Market Untuk Bisnis

Mau jualan online tanpa khawatir biaya admin?
Ya pakai Gowebin!

Dari penjelasan mengenai apa itu niche market di atas, tentunya niche market memiliki manfaat yang penting bagi bisnis. Berikut uraian mengenai manfaat apa saja dari niche market:

1. Memenangkan Persaingan Lebih Mudah

Perlu diketahui, menentukan niche narket dapat membuat persaingan  berkurang. Hal ini dikarenakan tidak banya pebisnis yang memilih target pasar yang sama seperti target pasar yang Sobat MEA pilih. 

Tapi hal ini tidak akan bertahan dalam waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, akan selalu ada pebisnis yang juga menentukan target pasar yang sama seperti target yang Sobat MEA pilih.

2. Lebih Fokus dalam Saat Berjualan

Dengan menentukan niche market yang tepat, Sobat MEA akan lebih fokus dalam melakukan promosi penjualan. Tentunya karena target pasar yang dituju sudah jelas. 

Di sisi lain, Sobat MEA hanya perlu mengembangkan kembali produk-produk yang akan dijual serta bagaimana untuk  memenuhi kebutuhan konsumen dengan maksimal.

3. Mudah Dikenali Audiens

Jika Sobat MEA memilih target market tertentu, bisnis akan lebih mudah dikenal orang karena kompetitor yang sedikit. Lain halnya jika kompetitor berjumlah banyak. 

Dengan demikian, orang-orang akan mengenali produk Sobat MEA dengan mudah, bahkan mereka juga akan merekomendasikan bisnismu kepada orang-orang di sekitar mereka. Sehingga nama bisnismu akan menjangkau publik melalui rekomendasi secara tidak langsung. 

4 Cara Menentukan Niche Market

apa itu ni

Lantas bagaimana untuk menentukan niche market untuk dapat merasakan manfaat-manfaatnya? Berikut langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti:

1. Ketahui Minat

2. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

Selanjutnya, pastikan Sobat MEA juga mengenali kebutuhan pelanggan serta permasalahannya untuk dapat menentukan niche dengan baik. Caranya mudah kok, bisa Sobat MEA mulai dengan riset pasar terlebih dahulu, 

Langkah berikutnya adalah identifikasi setiap permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Dengan begitu, Sobat MEA juga dapat membuat produk atau layanan menjadi sebuah solusi yang dapat menjawab keresahan dari pelanggan. 

3. Riset Kompetitor

Setelah mengetahui target pasar dan minat dengan baik, jangan lupa untuk melakukan riset kompetitor yang menjual produk serupa serta bagaimana keadaan persaingannya. Caranya, Sobat MEA tinggal mencari kata kunci dari produk atau layanan melalui beberapa tools, seperti Google Trends, Google Keyword Planner, SEMRush atau Ahrefs.

Cari tahu bagaimana peluang untuk masuk ke dalamnya. Apakah ada kompetitor lain yang berbisnis dengan target pasar yang serupa? Jika ada, cari tahu kelebihan dan kelemahannya. Ini penting untuk dijadikan pengembangan produk yang lebih baik lagi.

4. Tes Pasar

Terakhir, pastikan Sobat MEA melakukan tes pasar terhadap niche market yang telah ditentukan. Pastikan Sobat MEA mengetahui apakah pasarnya akan mengalami perkembangan atau tidak.

Teruslah berinovasi jika niche market yang dipilih tidak mengalami perkembangan. Lagi pula, banyak ide bisnis lainnya yang bisa Sobat MEA terapkan dengan niche market yang tepat. 

Contoh Niche Market yang Tepat

Atau contoh lainnya, Sobat MEA hobi bermain dan live streaming game. Maka Sobat MEA bisa menyasar para gamers untuk dijadikan niche market untuk bisnis yang akan dijalani. 

Sekian informasi mengenai apa itu niche market, manfaat, cara menentukan, hingga contohnya. Pada hakikatnya, niche market penting untuk dapat mengetahui target pasar tertentu yang bermanfaat dalam bisnis. Akhir kata semoga saja artikel ini bermanfaat dan salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment