Apa itu Omnichannel Marketing? Ini Penjelasan dan Manfaatnya Untuk Bisnis!

by Fanny
apa itu omnichannel marketing

Sebagai pebisnis online, Sobat MEA harus bisa memanfaatkan berbagai macam platform untuk melakukan pemasaran produk. Strategi ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan penjualan. Namun tentunya Sobat MEA akan merasa kerepotan jika harus mengelola berbagai jenis platform dengan ketentuan yang berbeda. Itulah mengapa sangat penting bagi pebisnis online untuk memahami apa itu omnichannel marketing.

Untuk Sobat MEA yang masih asing dengan istilah omnichannel marketing tidak perlu khawatir, karena dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu omnichannel marketing dan manfaatnya untuk bisnis.

Table of Contents

Apa itu Omnichannel Marketing?

Makin jago jualan online
Dengan gabung ke Komunitas MEA dan belajar langsung dari ahlinya di sini. Gratis!

Omnichannel berasal dari kata omnis yang artinya universal, dan channel yang berarti saluran. Dalam bahasa pemasaran, Omnichannel marketing adalah strategi pemasaran produk ke berbagai macam saluran dalam satu dashboard. Sehingga hal ini akan memudahkan Sobat MEA untuk memantau segala jenis channel pemasaran dan komunikasi dalam satu tempat.

apa itu omnichannel marketing

Mungkin ada yang kebingungan dengan apa itu omnichannel marketing dan apa perbedaannya dengan multichannel marketing. Dari ilustrasi di atas, Sobat MEA dapat melihat bahwa pada multichannel marketing, semua proses pemasaran dilakukan secara terpisah. Sobat MEA tetap bisa memantau performa konten yang diunggah namun harus mengeceknya di dashboard pada masing-masing platform.

Sedangkan pada ombinichannel sendiri, semua informasi dan proses pemasaran dapat Sobat MEA lakukan dan lihat hasilnya pada satu dashboard. Sehingga Sobat MEA akan lebih mudah untuk menentukan strategi pemasarannya.

Cara Kerja Omnichannel Marketing

Punya toko online tapi belum teroptimasi sama sekali?
Saatnya gunakan jasa optimasi toko online dari MEA Digital Marketing. Dijamin omzet meningkat pesat!

Sebagaimana personal selling, multichannel marketing mau pun marketing konvensional, tentu saja ada cara kerja tersendiri di dalam metode omnichannel ini. Setelah mengetahui apa itu omnichannel marketing, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara kerja strategi ini dan apa keuntungannya untuk Sobat MEA sebagai pebisnis dan untuk pelanggan.

Sekarang, bayangkan dan coba posisikan diri Sobat MEA sebagai pelanggan yang melihat iklan sepatu di Instagram. Lalu ketika membuka akun Instagramnya, Sobat MEA tidak mendapatkan banyak informasi mengenai produk tersebut. Namun karena penasaran, Sobat MEA menemukan link website yang tertera pada bio akun Instagram.

Selanjutnya, Sobat MEA mengunjungi website yang berisi informasi lengkap mengenai sepatu tadi. Bahkan Sobat MEA menemukan sepatu lain yang lebih cocok. Kemudian Sobat MEA menggunakan fitur chat yang ada di website untuk menanyakan ukuran sepatu. Dan langsung dibalas. Tentu Sobat MEA sebagai pembeli merasa senang karena mendapatkan respon yang cepat, dong?:

apa itu omnichannel marketing

Setelah itu, Sobat MEA dipandu untuk melakukan pembelian dan menyelesaikan pesanan. Lalu Sobat MEA hanya perlu menunggu produk untuk dikirimkan. Mudah dan cepat sekali, bukan?

Jadi omnichannel marketing ini menguntungkan bagi konsumen karena mereka bisa membuka berbagai platform dan membeli produk secara langsung. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan balasan yang cepat yang akan meningkatkan keinginan untuk membeli. Hal ini karena jika penjual membutuhkan waktu lebih lama untuk membalas, maka konsumen akan memilih untuk mencari produk serupa di toko lain.

4 Manfaat Omnichannel Marketing

apa itu omnichannel marketing

Tidak hanya memberikan tentang penjelasan mengenai apa itu omnichannel marketing dan bagaimana cara kerjanya, sekarang kita akan membagikan apa saja manfaat yang akan Sobat MEA dapatkan jika menerapkan omnichannel pada perusahaan. Berikut ini adalah 4 manfaat utama menggunakan omnichannel marketing:

1. Jangkauan Lebih Luas

Dengan menerapkan omnichannel marketing, Sobat MEA bisa melakukan sinkronisasi semua platform dalam satu tempat. Dengan begitu, proses pemasaran akan lebih mudah dan dapat menjangkau seluas mungkin audiens dari berbagai macam platform yang berbeda.

Semakin banyak audiens yang melihat produk Sobat MEA, maka akan semaking meningkat pula brand awareness. Dengan begitu, lambat laun penjualan juga akan semakin meningkat.

2. Mengintegrasi Berbagai Channel

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, fungsi dari omnichannel marketing adalah Sobat MEA bisa mensinkronkan semua informasi dari berbagai platform, baik pada toko online maupun offline. Tentunya hal ini memudahkan Sobat MEA untuk mengontrol stok barang, mengetahui total penjualan, dan menganalisis perilaku konsumen dengan mudah. Dengan begitu Sobat MEA tidak perlu mengecek pada masing-masing platform.

3. Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Konsumen

program jadi jawara

Salah satu hal yang membuat Sobat MEA bisa melakukan closing penjualan adalah dengan menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen. Salah satu caranya adalah dengan membalas pesan secara cepat dan informatif.

4. Meningkatkan Traffic dan Penjualan

Berdasarkan hasil penelitian, penerapan omnichannel marketing terbukti mampu meningkatkan penjualan hingga 15-30%. Hal ini karena konsumen dapat melihat platform lain dengan sekali klik untuk mendapatkan informasi mengenai produk.

You may also like

Leave a Comment